Kepo Itu Baik, Asal…

Kepo Itu Baik, Asal... 1

Sudah sifat manusia yang dari dulu suka penasaran tentang banyak hal. Mulai dari yang enggak penting sampai yang benar-benar enggak puenting banget sekalipun. Wkwkwk, segitunya ya?

pixabay.com
pixabay.com

Ya lah, buktinya sekarang kita bisa menjumpai hal tersebut di manapun kita berada. Apalagi di media sosial. Sampai-sampai kepo dengan kehidupan pribadi orang lain, ish ini mah nggak bener ya namanya. Eh tapi sifat kepo atau penasaran pun juga memiliki efek positif lho. Bukan, bukan kepo dengan kehidupan dan maslaah pribadi orang ya, tapi kepo dengan hal-hal baik semisal pada ilmu pengetahuan. Nah ajib ga tuh?

Kepo terhadap informasi dan pengetahuan bisa membuat kita jeli terhadap sesuatu lho. Beberapa hal berikut akan dipaparkan tentang apa saja sih manfaat dari sifat “kepo” manusia.

Yap, seperti yang sudah dilansir dari idntimes.com, kepo memiliki manfaat yakni dapat meluaskan cakrawala pengetahuan lho. Wew, betul syekali. Dengan rasa kepo atau penasaran yang dipunya, manusia akan cenderung terus bertanya dan ingin tahu jawaban dari segala macam persoalan yang ada dam tentunya terus bermunculan dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kita akan semakin giat mencari jawaban berupa wacana dari berbagai sumber. Semakin banyak membaca, mendengar, melihat, maka semakin encer ga tuh otak kita hehehe. Mantap. Selanjutnya, bisa untuk membantu orang lain juga. Yap, dengan informasi yang kamu dapatkan kamu bisa membantu orang lain untuk menambah wawasannya. Nah apa udah ga kayak kamus berjalan aja nih ? Tidak hanya bermanfaat untuk dirimu sendiri, kamu juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Selain dua hal tersebut, kepo juga bisa membuat kita miliki skill terampil dalam memilah dan memilih informasi. Kan sekarang banyak tuh berita hoax, nah dengan sifat kepo yang tinggi kamu tersebut, kamu bisa terhindar dari jerat-jerat berita hoax. Alhasil aman deh.

pixabay.com
pixabay.com

Oh ya, manfaat dari sifat kepo atau penasaran lainnya bisa membuat kamu semakin kreatif. Khususnya bagi kalian yang ga cuma penasaran akan suatu informasi, membacanya saja, tapi juga tidak segan meluangkan waktu untuk mempraktekkannya. Contoh nih, kalian hobi atau gemar memasak. Kalian kepo dengan resep terbaru dari koki idola kalian, maka kalian bisa deh coba cari-cari resepnya di internet. Setelah sekian waktu melihat-lihat kalian juga ingin ikutan nyobain. Eh jadi dan rasanya enak. Plus kalau kalian mau buka peluang usaha, bisa tuh.. Ehey.

Penasaran juga bisa membantu para ilmuwan untuk terus mengembangkan teori serta ilmu pengetahuan yang ada lho. Meskipun sebagai masyarakat biasa yang tidak ikut terjun dan melakukan penelitian, namun dampak yang kita rasakan adalah kita bisa upgrade wawasan kita juga karena hal tersebut ya nggak? Iya dong. Dan dari rasa penasaran, kita juga bisa menjadi ilmuwan itu sendiri. Contohnya saja almarhum Eyang Habibie yang pernah menceritakan masa kecilnya dengan segudang pertanyaan yang dilontarkan kepada ayahandanya. Ya tidak lain tidak bukan dikarenakan rasa keponya yang tinggi sejak usia anak-anak. Hingga akhirnya kita semua tahu, bahwa mantan presiden Indonesia yang dikenal jenius itu mampu membuktikannya dengan berbagai hasil yang luar biasa. Sebut saja pesawat terbang hasil ciptaannya dan teori keretakan pesawat beliau. Keren abiz..

Nah kalau sobat Digstraksi di sini, masih penasaran pada banyak hal nggak? Atau tentang sesuatu? Boleh kok, asal jangan penasaran dengan hal-hal negatif ya.

Referensi :

  • https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/aisah/jadi-orang-kepo-itu-bagus-lho-ini-alasannya-kenapa-kepo-itu-juga-bikin-hidupmu-asyik

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore