Kepulauan Banda, Cantiknya Luar Biasa!

kepulauan banda

Gugusan pulau yang membentang di tepi jurang bawah laut yang terdalam di Indonesia, yakni Lautan Banda tersebut bernama . Kepulauan ini terdiri atas 10 pulau, tujuh pulau berukuran kecil dan tiga pulau berukuran besar, dua diantaranya yang cukup dikenal adalah Banda Besar dan Banda Naira, dan satu lagi adalah gunung bereapi aktif yang menyembul dari bawah laut.

Kepulauan yang sejak abad pertama masehi dikenal sebagai produsen utama rempah-rempah, seperti fuli dan lada, serta banyak dikunjungi kapal-kapal dagang besar dari Arab, India, dan China ini, tidak hanya  memiliki potensi yang luar biasa pada wilayah daratannya, tapi juga sangat kaya dengan keanekaragaman hayati di wilayah perairannya.

Banda yang terletak sekitar 132 km di sebelah Tenggara Ambon, banyak yang menyejajarkannya dengan Raja Ampat di Papua karena keindahan panorama bawah lautnya. Tempat ini layaknya surga bagi para penyelam dari seluruh penjuru dunia, karena tempatnya yang terpencil membuat terumbu-terumbu karang yang ada di dasar lautnya dapat terjaga keasliannya.

Kepulauan Banda, Cantiknya Luar Biasa!

Diantara terumbu-terumbu karang itulah berpadu dengan harmonis beraneka macam ikan dan habitat laut lainnya, yang tidak bisa dijumpai di perairan lain, seperti Ikan Kerapu Raksasa, Cepluk Redtooth, Kura-Kura Besar, Ikan Napolleon Wrase, Sinar Mobula, Lumba-lumba Pemintal, Lobster Besar, berbagai macam spesies Paus, Hiu, Tuna, juga ikan karang dan ikan endemik Lepu Ambon yang jinak dan bisa diajak bermain di dasar lautan.

Keindahan alam benar-benar kompleks, baik yang ada di daratannya maupun di bawah lautnya. Itu sebabnya, tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan utama wisata bahari di Indonesia, utamanya bagi para penyelam.

Tidak butuh keahlian menyelam yang mumpuni untuk dapat menikmati sorga bawah laut perairan Banda, karena para penyelam dapat melakukan aktifitasnya mulai dari laguna yang dangkal yang berada di perairan antara Bandaneira dengan Gunung Api, sampai dengan perairan yang dalam yang berada di sekitar dinding vertikal di Pulau Hatta.

Kepulauan Banda, Cantiknya Luar Biasa!

Salah satu acara rutin yang digelar di Kepulauan ini adalah Sail Banda, yang diikuti ratusan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Para pelaut yang memiliki keberanian lebih biasanya tidak melewatkan acara ini, karena adrenalin mereka akan tertantang untuk menaklukkan kondisi alam yang ekstrim dengan hembusan angin yang kencang.

Tidak hanya panorama bawah laut, pemandangan yang ada di daratan pun juga sangat menakjubkan, dengan melihat-lihat benteng Belfica Fort yang dibangun pada abad ke-17, mengunjungi desa tradisional, menikmati suasana hutan pala yang sudah berumur empat abad, atau mendaki puncak gunung api dan menyaksikan lanskap Kepulauan ini dari atas puncaknya.

Untuk menuju ke surga wisata ini, sudah barang tentu harus diawali dari Bandara Ambon dilanjutkan dengan mencarter pesawat kecil atau dengan kapal fery menuju ke Banda Neira.

Pesawat dari Ambon ke Bandaneira ini hanya beroperasi seminggu sekali, bahkan hingga dua minggu sekali. Itu sebabnya senantiasa terlihat sunyi dan keindahannya benar-benar masih alami. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan