Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Dengan letak geografis di pusat segitiga karang dunia, membuat mendapatjulukan “Amazon Lautan Dunia”. Kepulauan yang masuk ke dalam teritorial ini merupakan surga bagi para penyelam karena perairannya menjadi tempat hidup bagi 75% dari species ikan yang ada di dunia, atau sekitar 1500 species ikan.

Jumlah yang luar biasa banyaknya itu masih ditambah dengan699 species hewan tak bertulangbelakang.

Bukan sesuatu yang aneh jika perairan ini memiliki begitu banyak jenis ikan dan habitat laut lainnya, karena jenis terumbu karang di perairan juga paling lengkap di dunia.

Sebanyak 537 jenis terumbu karang yang ada di seluruh dunia, 75%nya berada di wilayah perairan ini. Terumbu karang itulah yang menjadi sumber bagi ribuan jenis ikan dan berbagai macam satwa laut lainnya, sehingga membentuk ekosistem yang natural, sempurna, serta mempesona.

Baca juga  7 Masakan Lokal Papua yang Ekstrem, Berani Nyobain?

Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Karena itu tidak berlebihan jika banyak orang mengatakan bahwa keindahan alam bawah laut adalah yang terindah yang dimiliki Indonesia. Konon hanya perairan Pulau Weh di Sabang, Aceh saja yang mampu menandingi keindahannya.

Sehingga wilayah Indonesia boleh dibilang diapit oleh surga bawah laut, yakni Pulau Weh di bagian Barat, dan di bagian paling timur Indonesia.

 

Aktifitas Seru di

Bukan hanya alam bawah laut saja yang memukau dari , artinya bukan hanya aktifitas diving dan snorkeling saja yang bisa dinikmati oleh para wisatawan di tempat ini.

Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Hutan yang lebat dengan aneka macam flora dan fauna yang langka juga memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan warna-warni gugusan batu kapur, sarang-sarang penyu di pinggiran pantai, hembusan angin yang kencang dan menantang untuk dipakai berselancar, serta lanskap gugusan pulau yang terdiri dari 610 pulau dengan hanya 35 pulau saja yang sudah berpenghuni.

Baca juga  Jalan Musyawarah Sebagai Solusi Konflik Papua

Sedikitnya populasi manusia dengan lokasi yang terpencil itulah yang membuat yang memiliki luas daratan sekitar 6.000 km2 dengan luas lautan sekitar 40.000 km2 tersebut benar-benar masih asli, alami, dan belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Di luar wisata bahari yang bisa dilakukan di , wisatawan juga bisa menikmati pertunjukan Suling Tambur yakni permainan suling bambu tradisional di bagian Barat dan Utara Waigeo. Di sini juga bisa dilihat goa yang dibangun oleh Jepang dan Belanda untuk dijadikan bunker pada masa Perang Dunia II.

Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Sementara di Tomolol, dapat ditemui jejak-jejak zaman prasejarah, berupa goa yang di dalamnya  terdapat lukisan besar berbentuk tangan manusia dan hewan. Sedang di Waigeo Selatan bisa dijumpai pulau-pulau dengan pasirnya yang unik yang menjadi tempat hidup vegetasi lokal yang juga unik, seperti cacing laut yang yang menjadi buruan kaum ibu dan anak-anak untuk dijadikan santapan tradisional.

Baca juga  4 Keistimewaan Pulau Waigeo, Raja Ampat

Meski lokasinya boleh dibilang cukup terpencil, untuk bisa sampai di surga bahari ini tidaklah terlalu sulit. Dengan menggunakan pesawat, penerbangan dapat dilakukan dari Jakarta menuju Sorong yang memakan waktu kurang lebih 6 jam, karena pesawat biasanya akan transit terlebih dahulu di kota Makassar dan Manado.

Setelah sampai di Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal menuju Kota Wasai yang berada di . Di tempat inilah petualangan menelusiriKepulauan sudah dapat dimulai. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan