12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer


kerajaan islam di indonesia

Ada banyak kerajaan Islam di Indonesia, seperti dari kerajaan Demak hingga kerajaan Cirebon. Kerajaan yang bercorak Islam ini artinya raja beserta mayoritas penduduknya beragama Islam. Ini dia list kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia, diantaranya :

Kerajaan Demak

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 1

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam terbesar dan pertama di Jawa. Kerajaan Demak, berdasarkan adat Jawa sendiri adalah turunan Kerajaan Majapahit. Berdirinya Kerajaan Demak tepat di tahun 1475 kemudian runtuh tahun 1554.

Meskipun rentan waktu didirikannya kerajaan Demak tergolong singkat, tapi kerajaan Demak mampu memberikan dampak sangat besar di masanya, seperti dalam hal penyebaran Islam yang ada di Pulau Jawa.

 

Kerajaan Banten

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 2

Kerajaan Banten adalah kerajaan Islam yang ada di Pasundan, Banten dan didirikan dari tahun 1526. Kerajaan ini dipimpin pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanudin, sedangkan pimpinan terakhir Kesultanan Banten ialah Sultan Maulana Muhammad Syafiudin. Kerajaan Banten berakhir tahun 1813.

 

Kerajaan Cirebon

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 3

Kerajaan Cirebon bisa dikatakan sebagai kerajaan Islam cukup besar yang ada di Jawa Barat sekitar abad ke 15-16 Masehi. Didirikan pertama kali tahun 1430 dengan Sultan pertama pangeran Walangsungsang. Lalu di tahun 1479 Pangeran Walangsungsang atau Sultan Cirebon 1 akhirnya menyerahkan kekuasaannya ke Sultan Gunung Jati dengan sebutan Sultan Cirebon II.

 

Kerajaan Aceh

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 4

Kerajaan Islam di Indonesia lainnya ialah kerajaan Aceh yang dulu beribu kota Banda Aceh. Pertama kali didirikan taun 1496 sesudah Sultan Ali Mughayat Syah dijadikan sebagai sultan pertama. Kerajaan ini berdasarkan sejarah panjangnya telah mengalami pergantian pemimpin beberapa kali. Kesultanan Aceh Darussalam harus berakhir tahun 1903 karena terpaksa harus menyerahkan diri ke penjajah Belanda.

 

Kerajaan Perlak / Peurulak

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 5

Kerajaan Peureulak adalah kerajaan yang berdiri dari tahun 840 sampai 1292. Dengan sultan pertama sekaligus pendiri kesultanannya ialah Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah, beliau berjuang mendirikan kerajaan Peureulak pada tahun 840. Sementara sultan terakhir ialah Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan dari 1267 – 1292 hingga akhirnya digabungkan bersama kerajaan Samudra Pasai.

 

Kerajaan Banjar

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 6

Kerajaan atau kesultanan ini didirikan pada tahun 1520, kemudian berakhir pada tahun 1905. Pemimpin pertama kerajaan Banjar ialah Sultan Suriansyah. Namun akhirnya tahun 1860 kerajaan ini berakhir karena Belanda membubarkan Kesultanan Banjar.

 

Kerajaan Mataram Islam

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 7

Kesultanan Mataram Islam adalah kerajaan Islam yang ada di Jawa. Kerajaan ini pertama kali dipimpin oleh Sutawijaya yang juga bergelar sebagai Panembahan Senopati. Sedangkan pemimpin paling terkenal di kerajaan Mataram Islam ialah Sultan Agung.

 

Kerajaan Pajang

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 8

Kerajaan ini berpusat di wilayah Jawa Tengah. Raja pertama kesultanan Pajang ialah Hadiwijaya yang dijuluki sebagai Joko Tingkir. Pertama kali didirikan sejak tahun 1548. Kerajaan ini tercatat mampu bertahan dari tahun 1548 sampai 1586.

 

Kerajaan Samudera Pasai

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 9

Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan islam di pesisir pulau Sumatera. Pendiri  kesultanan ini ialah Marah Silu dan didirikan pertama kali sejak tahun 1267 yang akhirnya naik gelar sebagai Sultan Malik as-saleh. Kesultanan yang juga disebut sebagai Samudera Darussalam ini runtuh pada tahun 1521. Penyebab keruntuhannya diakibatkan oleh terjadinya perang saudara yang memperebutkan kekuasaan dan datangnya Portugis waktu itu ke Nusantara.

 

Kerajaan Malaka

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 10

Kesultanan Malaka adalah kerajaan Islam yang didirikan di tanah Malaka. Pertama kali didirikan di tahun 1405 oleh Parameswara. Kerajaan ini menurut sejarahnya berhubungan baik dengan negeri China. Kerajaan Malaka sendiri terkenal sebagai salah satu penguasa jalur perdagangan dan pelayaran di selat malaka pada abad 15. Akan tetapi harus runtuh akibat invasi Portugis yang terjadi tahun 1511 silam.

 

Kerajaan Ternate

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 11

Kesultanan Ternate adalah kerajaan Islam  yang terbesar di tanah Maluku. Pertama kali didirikan sejak tahun 1257, dengan pendirinya Baab Mashur Malamo. Dari awal berdirinya kesultanan ini sudah memiliki pengaruh besar di wilayah timur Nusantara. Ada beberapa nama yang sudah memimpin kerajaan Maluku, diantaranya Baab Mashur Malamo, Sultan Mudaffar Syah II dan Sultan Iskandar Muhammad Jabir Syah.

 

Kerajaan Gowa

12 Kerajaan islam di Indonesia yang Paling Populer 12

Kerajaan islam di Indonesia terakhir adalah kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa didirikan dari tahun 1300 lalu berakhir pada tahun 1946. Sultan atau raja pertama yang menduduki tahta kerajaan ini ialah Tumanurung, sedangkan raja yang paling populer ialah Sultan Hasanudin. Sedangkan sultan terakhir menurut sejarah kerajaan ialah Sultan Muhammad Abdul Kadir Aiduddin.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap