Kesehatan

5 Alasan Kenapa Lemak Di Perutmu Tidak Menghilang

Menghilangkan lemak di perut sangat penting tidak hanya untuk penampilan saja. Kelebihan lemak di perut dalam jangka panjang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung koroner, gejala diabetes tipe 2, tidur mendengkur, kolestrol, dan sebagainya. Apabilla kamu sudah melakukan diet, dan telah berolahraga namun lemak di perutmu tidak berkurang, mungkin ada penyebab lain. Berikut adalah beberapa alasan kenapa lemak di perutmu tidak berkurang.

1. Usia

Seiring berjalannya waktu, tubuh kamu mengalami penurunan metabolisme tubuh, atau simple nya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara normal. Dengan porsi makanan yang kamu makan sehari – hari tetap sama, dan porsi kalori yang terbakar semakin menurun. Tentu saja sisa kalori yang tidak terbuang akan menjadi lemak.

2. Salah berolahraga

Jogging dan treadmil sangat bagus untuk jantungmu, namun olahraga kardio seperti itu tidak akan memberikan manfaat yang besar dalam membakar lemak yang ada di perutmu. Kamu membutuhkan kombinasi dari mengangkat beban dan olahraga kardio untuk dapat mengecilkan lemak di perutmu. Mengangkat beban dapat membakar lebih banyak lemak, selain itu juga dapat meningkatkan masa otot di tubuhmu.

3. Sering Stress

Pekerjaan, kurangnya istirahat — apapun yang menjadi sumber penyebab stress dapat membuatmu kesuitan menghilangkan lemak, terutama lemak di perutmu.Ini dikarenakan stress dapat memicu pembentukan hormon kortisol. Menurut penelitian, hormon kortisol dapat mempengaruhi peningkatan berat badan sekaligus mempengaruhi tempat penyimpanan lemak dalam tubuh. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa lemak dari asupan makanan berlebih tersebut akan banyak disimpan di perut dibandingkan pinggang atau bagian tubuh lainnya. Selain itu, kebiasaan mengemil juga sering terlihat saat orang sedang stress

Baca juga  Ketahuilah 15 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuhmu

4. Kurang tidur

Jika kamu salah satu dari 30% orang yang tidur kurang dari 6 jam semalam, maka ketahuilah bahwa penelitian selama 16 tahun kepada 70rb orang wanita menemukan bahwa orang yang tidur 5 jam atau kurang setiap malamnya biasanya akan mengalami peningkatan berat badan dari pada orang yang tidur selama 7 jam. Selain itu tidur cukup juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu, membuat mu lebih sehat dan ber-energi untuk melakukan aktifitas.

5. Terlalu banyak makan – makanan instant

Roti, Krakers, dan keripik, camilan secara keseluruhan adalah salah satu alasan kenapa berat badanmu tidak turun. Selain itu, makanan instant pada umumnya telah diberi bumbu dan zat kimia yang susah diurai oleh tubuh. Makan makanan  seperti buah – buahan dan sayuran yang penuh dengan anti oxidant dan serat dapat membantumu untuk menghilangkan lemak di perutmu.


Jika kalian kesulitan mengurangi berat badan, mungkin itulah beberapa alasannya. Baca lagi artikel kesehatan lainnya di Digstraksi dan artikel dari penulis kita Jason Yong.

Related posts
FoodKesehatan

5 Makanan Sehat Pencegah Penyakit Jantung Yang Wajib Kamu Ketahui

KesehatanParenting

5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

Kesehatan

Urine Kamu Berwarna Gelap ? Mungkin ini 5 Penyebabnya !

Kesehatan

5 Manfaat Jika Mengonsumsi Mentimun Secara Rutin