Kesehatan

5 Cara Agar Demam Cepat Turun

Demam sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan reaksi sistem imun terhadap infeksi, penyakit atau kondisi lain yang mendasarinya. Jika demam tergolong ringan, Anda bisa melakukan hal-hal-hal berikut ini agar cepat pulih dari demam. Selain membuat badanmu kembali fit, Anda juga tak perlu untuk meminum obat penurun panas.

Simak cara untuk menjinakan kobaran api di tubuh, yang mudah kamu lakukan.

1. Kompres air hangat

Mengompres menggunakan air, sudah dilakukan sejak zaman nenek monyang dahulu untuk menurunkan panas demam. Namun kebanyakan orang mengompres demam dengan air dingin. Padahal kompres dengan air dingin tidak benar-benar menyembuhkan demam. Kompres menggunakan air dingin justru akan diterjemahkan oleh tubuh sebagai ancaman, yang dapat meningkatkan suhu tubuh, dan membuat tubuh menjadi semakin parah.

Gunakanlah air hangat untuk kompres. Metode ini cukup efektif untuk menurunkan demam. Pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah mengeluarkan panas dari tubuh, sehingga demam akan semakin mudah untuk turun.

 

2. Mandi air hangat

Suhu tubuh tinggi karena demam kadangan membuat Anda tak enak dan kegerahan. Mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi untuk menurunkan demam secara bertahap. Mirip dengan kompres air hangat. Mandi air hangat juga bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga mudah mengeluarkan panas dari tubuh.

Namun jika Anda mandi menggunakan air dingin saat demam, justru dapat membuat tubuh menggigil.

 

3. Gunakan kaos kaki basah

Trik menggunakan kaos kaki basah, menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan demam. Caranya, sebelum Anda tidur, rendam kaos kaki katun kedalam air, kemudian peras airnya dan tempelkan pada telapak kaki. Gunakan kaos kaki katun atau kaos kaki wol yang kering untuk melapisi kaos kaki yang basah.

Selama tidur, tubuh Anda akan melepaskan dan mengedarkan cairan getah bening serta aliran darah yang lebih kencang ke ujung-ujung kaki, untuk merangsang aktifitas sistem imun yang di anggap sebagai ancaman. Anda bisa melakukan trik ini selama di butuhkan.

 

Baca juga  Keseringan Bermain Dengan Smartphone Dapat Membuat Tengkorak Kepala Benjol

4. Perbanyak minum cairan

Saat demam, obat paling ampuh untuk menurunkan demam adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan. Anda bisa konsumsi air putih yng banyak saat demam, atau cairn lainnya. Seperti, teh tawar jika perlu tambahkan madu untuk pemnis atau jahe untuk menghangatkan tubuh. Anda juga bisa konsumsi jus buah segar atau minum kuah sup kaldu ayam untuk menurunkan demam.

Minumlah 1 sampai 2  angkir minuman dan satu jam. Dan dapat di ulangi sesuai kebutuhan. Uap dari makanan panas dapat mengencerkan lendir yang menyumbat hidung serta memicu keringat.  

5. Perbanyak makan buah

Selain cairan, saat demam Anda juga bisa memperbanyak makan buah-buahan. Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi sehingga mempercepat penyembuhan.

Pilihlah buah segar, seperti keluarga jeruk, jambu biji, pepaya, stroberry, ataupun mangga dan buah lainnya yang kaya akan vitamin C bisa membantu mempercepat demam turun.

Tips di atas bisa membantu Anda menurunkan demam, namun, tidak benar-benar  menyembuhkan demam, karena harus di obati dari akar penyakitnya. Segera konsultasikan dengan dokter jika demam semakin parah.

Related posts
Kesehatan

Cermati 7 Gejala Alergi yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Kesehatan

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan