BeautyKesehatan

5 Cara Untuk Melancarkan Haid

Sebagai wanita dewasa, haid adalah hal normal. Sayangnya siklus dari haid sendiri sangat susah diprediksi, kadang lebih cepat, kadang lebih lambat, dan sebagainya. Pada umumnya, siklus haid sendiri berlangsung selama 2 – 7 hari. Tapi kadang ada juga yang melebihi durasi tersebut, dan haid sendiri terjadi paling tidak sekali dalam 1 bulan.

Datangnya haid yang tidak menentu ini tentu saja dapat membuat mood kita menjadi tidak nyaman. Terutama ketika kita lagi beraktifitas, atau yang lebih parah saat kita sedang liburan. Tentu saja haid itu tidak dapat dihindari (kecuali hamil), namun tahukah kamu bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan secara rutin agar kamu dapat melancarkan siklus haid sehingga cepat selesai? Berikut askglow.com akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melancarkan siklus haidmu.

1. Jangan menggunakan Tampon

Berbeda dengan pembalut yang hanya ditempelkan ke sisi bagian dalam celana, tampon harus dimasukan, dan ada kemungkinan saat menggunakan tampon dan memasukkannya anda akan menggesek bagian dalam vagina anda sehingga memperparah haid anda dan secara tidak langsung memperparah siklus haid anda.

 

 

2. Minum Banyak Vitamin C

Hormon progesterone adalah hormone yang berpengaruh dalam siklus haid . Dengan mengkonsumsi lebih banyak vitamin C, hormone progesterone dapat dikurangi sehingga proses pelepasan dinding uterus terjadi lebih cepat, sehingga mempercepat siklus haidmu. Namun konsumsi Vitamin C secukupnya. Jika terlalu banyak, maka kamu akan mengalami efek samping seperti sakit perut, diare, dan insomnia.

 

 

3. Olahraga Kardio

Kardio tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita, tetapi juga dapat digunakan untuk memudahkan serta melancarkan siklus haid kamu. Olahraga seperti jogging, jalan kaki bersepeda, dan olahraga kardio sebagainya dapat memperlancar aliran darah, sehingga haid pun dapat menjadi lancer dan teratur.

 

Baca juga  5 Manfaat Daun Binahong Yang Sehat Bagi Tubuh

4. Rajin minum air putih

Dengan rajin dan teratur meminum air putih ataupun air mineral dapat membantu dan memperlancar haid yang terlambat. Air mineral penting dan berguna untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolism dalam tubuh, maka haid akan menjadi lancer juga.

 

5. Mengurangi Stress

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa stress adalah salah satu penyebab tidak lancarnya haid. Namun mengelola stres terkadang sangat sulit dilakukan. Apalagi kalau memang sedang ada banyak pekerjaan, kesibukan, dan tekanan yang sulit untuk dicegah, kita sulit untuk mencegah pikiran dari stres. Saat stres ini, kondisi tubuh bisa ikut terpengaruh, termasuk siklus haid. Pada umumnya gejala Haid akan lebih parah saat kondisi stress. Kamu dapat mengurangi pekerjaan mu, tidur lebih cepat, meditasi dan sebagainya untuk meredakan stress serta pikiranmu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih telah membaca.

Related posts
KesehatanLifestyle

Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS