Kesehatan

5 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan, Mulai Kesehatan Jantung Hingga Merawat Kulit

manfaat cokelat

Siapa yang tak suka cokelat. Makanan yang satu ini memiliki rasa manis yang bisa bikin mood kamu menyenangkan. Gak melulu cokelat itu bikin gemuk lho ya!

Cokelat merupakan salah satu simbol kasing sayang. Banyak orang yang memilih cokelat untuk diberikan pada orang yang dicintai. Namun, selain tanda kasih sayang. Cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh! Salah satunya bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan? Simak ulasan berikut ini

 

1. Kesehatan jantung

Cokelat mengandung nutrisi yang disebut flavanoid. Nutrisi ini berasal dari biji kakao, yang merupakan bahan membuat cokelat. Di antara beragam jenis cokelat, cokelat hitam atau dark coklat yang paling besar mengandung flavanoid.

Flavanoid inilah yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung, karena mengandung antioksidan. Selain itu mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga dapat mengurangi atrial fibrillation, yaitu kondisi detak jantung yang tidak teratur. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung dan komplikasi jantung lainnya.

 

2. Memperbaiki otot lebih cepat

Dikutip dari kompas.com, sebuah studindari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan, mengalami pemulihan lebih cepat.

Nah, ini adalah salah satu tips bagi kamu yang suka olahraga. Setelah olahraga usahakan minum atau makan cokelat. Karena dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot.

 

3. Meningkatkan kemampuan otak

Sebuah studi mengatakan orang dewasa yang mengonsumsi kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan, memorinya tampil lebih baik saat di tes, di bandingkan peserta lainnya yang mengonsumsi kakao rendah flavanoid.

Nah, agar memori otak mampu mengingat dengan tajam. Bisa loh mengonsumsi kakao tinggi flavanoid.

 

Baca juga  Memiliki Ukuran Dada Wanita Yang Kecil Ternyata Sulit Untuk Terkena Penyakit Diabetes

4. Mengurangi nafsu makan

Cokelat hitam bisa menjadi solusi bagi kamu yang banyak makan. Mengunyah cokelat hitam dalam jumlah banyak bisa mengatur nafsu makan kamu.

Cokelat memiliki kandungan flavanoid yang dapat menghambat pemecahan lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Artinya jumlah karbohidrat dan lemak yang terserap dalam pencernaan lebih sedikit. Dengan begitu tidak banyak timbunan lemak dalam tubuh.

Itulah kenapa, dengan mengunyah cokelat 20 menit sebelum dan 5 menit setelah makan siang dan makan malam dapat menurunkan nafsu makan hingga 50 persen.

 

5. Membersihkan kulit

Tidak semua cokelat bisa membersihkan kulit yah! Pilih cokelat rendah gula untuk membantu kulit tampak bersih. Karena jika kebanyakan gula justru menimbulkan masalah kulit lainnya, seperti meningkatkan risiko jerawat.

Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya.