FoodKesehatan

5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Kamu

Bagi kami para pecinta makanan pedas, pasti hidup terasa kurang nikmat jika tidak menikmati makanan pedas ataupun sambal saat makan ataupun menyanyap lauk pauk. Biar pun keringat mengalir di dahi, makana  pedas menjadi bagian pelengkap dalam hidupmu.

Tahukan kamu, jika penelitian menunjukan bahwa makaan pedas memiliki manfaat bagi kesehatan lho!. Meskipun, makanan pedas bisa bikin sakit bagi yang tidak terbiasa makan pedas.  

Cabai kaya akan capsaicin, yakni senyawa komponen bioaktif yang memiliki banyak manfaat bagi ketahanan tubuh terhadap infeksi. Mengkonsumsi cabai juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, sekaligus merangsang kerja ginjal dan paru dan jantung.

Berikut ini 5 manfaat makanan pedas yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Mengapa makanan pedas dapat menurunkan berat badan?. Penelitian menunjukan sensasi panas dari capsaicin mendorong stimulasi lemak coklat yang dapat mendorong kinerja metabolisme tubuh meningkat hingga 5 persen. Peningkatan metabolisme akan menghasilkan pembakaran lemak yang optimal yakni sebesar 16 persen.

Artinya dengan menyantap makanan pedas sudah cukup membakar kalori. Namun, penurunan berat badan tidak hanya dengan makan pedas, harus dibarengi dengan olahraga yang rutin.

 

2. Kesehatan jantung

Senyawa calsaicin yang terkandung dalam cabai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Ini alasan mengapa makanan pedas memiliki insiden lebih rendah terhadap serangan jantung dan stroke.

Kandungan vitamin A dan C dalam cabai dapat memperkuat dinding otot jantung. Dan sensasi hangat capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, capsaicin juga dapat mencegah pembekuan darah.

 

3. Mencegah kanker dan tumor

Setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Namun, sel kanker tersebut tumbuh atau tidak tergantung pada pola hidup. Kurkumin yang terkandung dalam cabai efektif untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

Penelitian menemukan, bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kurkumin dalam perperlambat pertumbuhan kanker payudara, kanker servik, kanker perut dan penyakit kanker lainnya. Sementara capsaicin dapat membunuh 80 persen sel kanker.

 

Baca juga  5 Kebiasaan Sederhana Bila Ingin Kesehatan Terjaga & Panjang Umur

4. Mengurangi resiko kematian dini  

Berdasarkan Study yang di lakukan oleh Chenes Academy of Medical sciences, dan Harvard School Of Public Health melihat kebiasaan makan 500.000 orang yang berusia 30-79 tahun di China selama lima tahun. Mereka menemukan orang-orang yang mengkonsumsi makanan pedas 6-7 kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko kematian dini.

Dari penelitian di atas, nyatanya makanan pedas dapat mengurangi risiko kematian dini karena makanan pedas dapat menurunkan risiko penyakit.

 

5. Meringankan sinusitis

Jika Anda menyantap makanan pedas, Anda pasti menyadari hidung yang tiba-tiba keluar air. Semakin pedas makanan makan semakin meler hidung Anda. Hal tersebut karen senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan dalam obat dekongestan.

Jika Anda sedang pilek, Anda bisa menambahkan sejupuk cabai kering lalu masukan dalam teh hangat. Minum perlahan teh, dan hirup uap panas dari teh. Uap dari teh yang telah di campur cabai akan membantu membran mukus menguras lendir dari hidung sehingga Anda bisa bernafas lebih baik.

Selain itu, capsaicin juga mengandung vitamin A yang dapat memperkuat membran mukus. Membran mukus adalah pelindung dari bakteri yang masuk dalam hidung.

Related posts
Food

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan