Kesehatan

5 Sumber Karbohidrat Yang Tak Bikin Gemuk

Kenaikan berat badan erat kaitannya dengan konsumsi karbohidrat. Karena karbohidrat dapat meningkatkan hormon insulin yang kemudian mengirim tambahan gula ke sel-sel lemak dalam tubuh.

Namun, disamping itu, karbohidrat sangat dibutuhkan untuk diolah menjadi sumber energi. Bagi seorang yang sedang menjalani diet, tidak hanya mencermati jumlah karbohidrat, namun juga sumber karbohidrat.

Nah, berikut ini 5 sumber karbohidrat yang tidak bikin berat badanmu naik. Sumber karbohidrat ini sangat recomended bagi kamu yang sedang menjalani diet.

 

1. Beras merah

Jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah bisa menjadi pilihan sebagai sumber karbohidrat yang aman. Meski konsumsi beras merah, berat badanmu bisa terjaga.

Sebab beras merah, memberi tubuh cukup serat dan mengandung magnesium serta vitamin B-6 sehingga baik untuk tubuh.

 

2. Roti Gandum

Dikutip dari kompas.com, sebuah penelitian menunjukan individu yang makan biji-bijian pada diet rendah kalori selama 12 minggu kehilangan lemak perut secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang makan biji-bijian olahan.

Roti gandum menjadi alternatif sumber karbohidrat bagi tubuh mu. Meski merupakan sumber karbohidrat, roti gandum tidak membuat berat badanmu naik.

 

3. Kacang

Kacang adalah salah satu sumber karbohidrat yang aman untuk berat badanmu. Sebagian besar jenis kacang adalah serat dan beban glikemik keseluruhan cukup rendah.

Kacang juga merupakan sumber zat besi, protein dan folat, serta mineral essential.

 

4. Ubi jalar

Ubi jalar, salah satu sumber energi yang sangat mudah ditemui. Olahannya pun sangat beragam. Ubi jalar bebas dari lemak. Selain itu memiliki kalori dan sodium lebih sedikit daripada kentang.

Ubi jalar mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, dan terbukti meningkatkan kadar hormon adiponektin yang membantu mengatur gula darah. Sehingga metabolisme bisa bekerja lebih baik dan efisien.

 

Baca juga  Selain Salak, 5 Buah ini Memiliki Kulit Yang Sulit Untuk di Kupas

5. Buah

Beberapa buah mungkin memiliki kadar buah yang relatif tinggi dibanding makanan lainnya. Namun buah kaya akan serat, yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa mengontrol jumlah konsumsi buah agar tidak membuat gemuk. Sebab fruktosa yang terkandung dalah buah relatif kecil sehingga tidak membuat seseorang gemuk.

 

Related posts
Food

Selain Salak, 5 Buah ini Memiliki Kulit Yang Sulit Untuk di Kupas

Beauty

5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikanmu

FoodKesehatan

5 Manfaat Berbuka Dengan Buah Kurma Saat Bulan Puasa

Food

Kenapa Harus Tempe ? Inilah Alasan Orang Lebih Sukai Tempe