Kesehatan

6 Hal – Hal yang dapat terjadi karena Insomnia

Pernakah kalian merasa kantuk di pagi hari dan siang hari saat beraktifitas, namun di malam hari kalian merasa terjaga? Mungkin kalian mengidap Insomnia. Insomnia adalah penyakit dimana orang kesulitan tidur, dan kesulitan untuk bangun. Penyakit tersebut biasanya diderita oleh orang milenial saat ini. Nah, jika kalian adalah salah satu dari beberapa orang yang mengidap insomnia maka berhati – hatilah kalian karena berikut adalah beberapa hal yang dapat terjadi karena Insomnia.


1. Kecelakaan

Kekurangan tidur karena Insomnia adalah salah satu penyebab kecelakaan dari tahun 1979 hingga saat ini. Kecelakaan yang terjadi pada umumnya disebabkan saat mengendarai kendaraan. Sebuah studi menunjukan bahwa kekurangan tidur akan mengurangi tingkat fokus dan konsentrasi, sehingga potensi kecelakaan pada saat berkendara akan sangat besar.


2. Insomnia dapat merusak kesehatanmu

Berdasarkan sebuah studi di US, 90% orang yang mengidap insomnia akan lebih mudah terkena beberapa penyakit kronis seperti stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung lainnya.


3. Berat Badan Meningkat dan Menurun Drastis

Kita membutuhkan energi yang biasanya didapatkan dari tidur, oleh karena itu tubuh menggunakan cara lain untuk mendapatkan energi tersebut yaitu dari makanan. Oleh karena itulah otak mengontrol salah satu hormon ghrelin dan leptiin yang biasanya membuat mu lapar maupun kenyang sehingga kalian akan merasa lapar. Ada juga yang mengalami masalah pencernaan sehingga menurunkan berat badanmu secara drastis.


4. Emosional yang tidak stabil

Menurut Profesor Throne, seorang pakar insomnia di luar sana kekurangan tidur dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir secara rasional. Penelitian menunjukan bahwa orang yang mengidap penyakit insomnia akan lebih sensitif terhadap perasaan orang dan gangguan yang terjadi. Sehingga mereka akan lebih mudah marah, emosi, dan sedih tanpa alasan yang jelas. Kondisi tersebut terjadi karena kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagian otak yang terkait dengan emosi yaitu Amigdala.

Baca juga  Bersihkan Detoksfikasi Hatimu Dengan 5 Minuman Ini

5. Jerawat dan masalah kulit lainnya!

Teen girl with problem skin look at pimple with magnifying glass. Woman skin care concept

Tidur adalah salah satu cara untuk memperbaiki sel. Hal ini termasuk dengan bagaimana tubuh dapat memperbaiki sel – sel kulit. Jika kalian tidak tidur, kalian tidak dapat mengaktifkan fungsi tubuh tersebut, mengakibatkan banyaknya masalah pada kulit termasuk dengan jerawat dan penuaan dini.


6. Paranoia dan Gangguan Kejiwaan lainnya

Salah satu sebab dan akibat dari Insomnia adalah Paranoia. Dimana adanya pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul di kepala kalian saat ingin tidur, sehingga menyebabkan munculnya Insomnia yang pada akhirnya aakan memperparah Paranoia yang kalian miliki. Studi telah membuktikan bahwa fokus dan konsentrasi tubuh akan menurun sehingga ccara berpikir akan menjadi berantakan. Jika benar begitu, cobalah untuk meminum obat tidur agar kalian dapat tertidur lelap, dan lepas dari lingkaran setan tersebut


Itulah beberapa hal yang dapat terjadi karena Insomnia. Jika kalian mengidap penyakit Insomnia, ada baiknya kalian membaca beberapa hal yang bisa membuatmu tidur. Semoga kalian dapat tertidur dengan nyenyak, oh ya bila kalian tertarik, baca lagi artikel lain mengenai Kesehatan dan artikel dari penulis kita Jason Yong.

Related posts
FoodKesehatan

5 Makanan Sehat Pencegah Penyakit Jantung Yang Wajib Kamu Ketahui

KesehatanParenting

5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

Kesehatan

Urine Kamu Berwarna Gelap ? Mungkin ini 5 Penyebabnya !

Kesehatan

5 Manfaat Jika Mengonsumsi Mentimun Secara Rutin