Kesehatan

6 Makanan Untuk Meredakan Pilek & Flu

Jika tenggorokanmu terasa gatal, dan hidungmu mulai berair  itu tandanya Anda sedang terkena flu. Pilek, batuk dan flu memang penyakit yang tak pernah absen saat musim hujan datang. Memperbanyak minum air putih mungkin menjadi salah satu cara untuk meredakan gejala flu.

Namun, selain itu Anda perlu melakukan reaksi cepat untuk melakukan pencegahan agar flu tidak berdampak parah bagi tubuhmu. Mulailah dengan menyanyap makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal tersebut bisa membantu Anda menyembuhkan penyakit pilek dan flu yang menyerang tubuh Anda.

Berikut ini, adalah makanan jitu yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk melawang pilek dan flu.

1. Sup ayam

Sup ayam, memang menggiurkan untuk disantap saat flu menyerang tubuh Anda, apalagi bila disantap saat masih hangat. Meski terdengar klise, namun sup ayam dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala flu dan pilek. Menurut penelitian medis, sup ayam dapat mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada dada, tenggorokan dan hidung akan berkurang.

Untuk mendapatkan sup ayam yang kaya akan nutrisi, Anda bisa menambahkan mi dan sayuran. Mi yang juga mengandung karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran dapat meningkatkan vitamin pada sup, sehingga dapay meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

2. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini, merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan antivirus, sehingga dapat mencegah pilek dan flu. Senyawa minyak allicin yang merupakan senyawa yang memberikan bau khas bawang putih, dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu. Anda bisa mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih setiap harinya untuk meredakan pilek dan flu.

Jika tidak sukan dengan bau bawang putih mentah, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen bawang putih, seperti minyak, serbuk atau ekstrak bawang putih, karena memiliki kemampuan penyembuh yang sama.

 

Baca juga  Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial

3. Madu

Madu memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tak heran jika madu juga menjadi salah satu alternatif untuk meredakan pilek dan flu ataupun batuk yang menyerang tubuh Anda. Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. Madu, dipercaya efektif menyembuhkan batuk, dibandingkan obat batuk.

 

4. Teh hijau

Teh hijau, merupakan salah satu antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ramuan dari negeri yirai bambu ini sudah dipercaya selama ratusan tahun sebagai penangkal sakit. Sehingga teh hijau bisa menurunkan risiko terkena pilek dan flu.

Minumlah secangkir teh hijau, agar mendapat manfaat untuk tubuhmu. Anda juga bisa memberikannya kepada anak Anda. Namun ingat teh hijau juga mengandung kafein.

 

5. Stroberi, jeruk dan tomat

Benerapa studi menyebutkan vitamin c dapat mencegah pilek dan flu. Oleh sebab itu konsusmsilah buah atau makanan lainnya yang mengandung vitamin c. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti storberi, jeruk ataupun tomat yang ,engandung vitamin c, untuk meredakan flu dan pilek.

Jika diperlukan konsumsilan buah-buahan ini sebelum pilek dan flu menyerang tubuh Anda. Selain enak untuk dinikmati buah-buahan yang kaya vitamin c, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh mu.

 

6. Daging tanpa lemak

Zat besi merupakan salah satu komponen yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Daging tanpa lemak , menjadi makanan yang efisien untuk mempertahankan tingkat zat besi yang baik. Daging tanpa lemak juga mengandung zinc, mineral yang baik untuk mencegah infeksi.

Maka dari itu, jika pilek atau flu menyerang tubuh Anda, bisa mengonsumsi sepotong daging merah tanpa lemak yang dapat membantu Anda melawan kuman penyebab penyakit.

Nah, 6 makanan tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda saat terserang pilek dan flu. Apalagi saat musim hujan, menjaga kesehatan tubuh, harus dilakukan untuk mencegah terserang penyakit. (AF)

Related posts
KesehatanLifestyle

Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa

Kesehatan

Cermati 7 Gejala Alergi yang Mungkin Tidak Kamu Sadari