Kesehatan

6 Manfaat Buah Naga Yang Harus Kamu Tahu, Dari Merawat Kulit Hingga Mencegah Kanker

buah naga

Baru-baru ini viral video petani buah naga yang membuang buah naga ke sungai karena, harga buah naga yang murah. Namun, saat ini harga buah naga kembali merangkak naik. Bahkan buah berwarna merah ini, kini semakin populer di kalangan masyarakat.

Bagaimana tidak, buah yang kulitnya mirip dengan sisik naga ini, memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Kulit buah yang unik dan memiliki rasa yang enak menjadi salah satu daya tarik orang untuk mengonsumsinya.

Buah naga memiliki kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3. Serta mineral, seperti zat besi, kalsium dan fosfor. Buah naga tumbuh subur didaerah tropis dan sub tropis. Selain kadungan yang telah disebutkan, menurut para ahli, buah naga masih menyimpan kandungan lainnya yang belum terpetakan. Tak heran jika buah naga memiliki julukan buah yang sehat, yang sangat mudah ditemukan di indonesia.

Lalu, apa saja manfaat dari buah naga?

1. Menyehatkan dan merawat kulit

Bagi kamu, yang mendambakan kulit yang tampak segar, bisa dengan mengonsumsi buah naga. Buah ini kaya akan vitamin C, B3 dan kadar air yang tinggi, mencapai 90 persen,  sehingga sangat bermanfaat bagi kulitmu.

Warna merah pada buah naga juga mengandung fitokimia, yang berperan sebagai antioksidan. Dengan kandungan dalam buah naga ini, dapat merawat kulit baik dari dalam maupun dari luar. Dari dalam karena kandungan vitaminnya sementara dari luar antioksidannya dapat menangkal radikan bebas. Kulit akan tampak kencang dan segar.

 

2. Mencegah kanker

Buah naga, juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan fungsi ini dapat membantu mencegah resiko kanker. Selain itu, buah naga juga mengandung karoten yang dapat mengurangi jumlah tumor. Ditambah lagi dengan likopen pada buah naga merah yang terbukti menurunkan risiko kanker prostat.

 

Baca juga  5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikanmu

3. Menyehatkan jantung

Selain mencegah kanker, buah naga juga dapat menjaga kesehatan jantung lho!. Hal ini karena, buah naga mampu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan jantung yang sehat, maka aktifitaspun lancar.

 

4. Mencegah diabetes

Takut gula darah naik? Takut terkena diabetes? Konsumsi buah naga dapat menghindarkan dari penyakit gula darah tinggi tersebut. Hal ini, karena buah naga mengandung banyak serat yang dapat menghambat peningkatan gula darah, dengan makan makanan yang mengandung glikemik tinggi.

 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang telah disebutkan manfat buah naga salah satunya adalah memerangi radikal bebas dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, bisa mencegah risiko penyakit seperti flu dan demam yang terjadi akibat faktor infeksi.

 

6. Membantu menurunkan berat badan

Hayo, siapa yang sedang program menurunkan berat badan?

Buah naga wajib ada dalam menu diet kamu. Mengapa?

Karena buah naga adalah buah yang kaya akan serat dan rendah kalori. Jadi dengan mengonsumsi buah naga kamu akan keyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan kamu. Selain itu, juga dapat memperlancar metabolisme tubuh.

Related posts
Food

Selain Salak, 5 Buah ini Memiliki Kulit Yang Sulit Untuk di Kupas

Beauty

5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikanmu

FoodKesehatan

6 Makanan & Minuman Yang Ga Boleh Dimakan Bareng Durian

Kesehatan

5 Sumber Karbohidrat Yang Tak Bikin Gemuk