FoodKesehatan

6 Manfaat Dari Bawang Merah Yang Perlu Kamu Ketahui

Selama ini, bawang merah dikenal sebagai bumbu masakan. Meski jika mengiris bawang merah, mata bisa sampai perih, namun gurihnya bawang merah membuat bumbu satu ini tak ketinggalan di setiap masakan.

Terkadang orang juga tidak menyukai bawang merah karena dapat menyebabkan bau mulut. Namun, taukah Anda bawang merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sudah di ketahui banyak orang jika kandungan bawang merah juga bisa menyerap virus, sehingga dapat meredakan suatu penularan penyakit, salah satunya adalah penyakit flu.

1. Meningkatkan sistem imun

Bawang merah dapat meningkatkan sistem imun, karena bawang merah dapat mengandung vitamin C dan fitokimia. Fitokimia berfungsi untuk meningkatkan efektivitas vitamin c dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi bawang bisa menyehatkan tubuh.

 

2. Mencegah diabetes

Kandungan biotin dalam bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah memerangi gejala diabetes. Menurut penelitian biotin  dan krimium dpat mengatur gula darh dalam tubuh. Keduanya juga dapat mwngurqngi resistensi insulin.

Sebuah bawang merah bisa memenuhi kebutuhan biotin harian sebanyak 27 persen.

 

3. Mencegah kanker

Senyawa quercitin yang terkandung dalam bawang merah memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Radikal bebas sendiri merupakan senyawan kimia yang dapat merusak membran sel. Bahkan dapat menyebabkan kematian sel-sel tubuh.

 

4. Melawan peradangan

Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri sendi. Hal ini karena bawang merah memiliki kandungan betalain. Betalain sendiri tak hanya bermanfaat bagi penderita nyeri sendi saja, namun juga dapat penyembuhkan penyakit yang disebabkan karena peradangan kronis.

 

5. Meredakan stress

Anda sedang di landa strees? Konsumsilah bawang merah. Mengapa demikian? Sebab, kandungan quercitin dalam bawang merah bisa melindungi pertumbuhan hormon kortisol atau hormon stress.  

Kortisol tidak hanya menimbulkan hormon stress, namun juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan pemecahan protein dalam tubuh. Dalam keadaan inilan quercitin berperan untuk menekan enzin-enzim yang memicu pertumbuhan kortisol.

 

Baca juga  6 Tips Atasi Wajah Bruntusan

6. Bermanfaat untuk kulit

Kandungan biotin dalam bawang merah memiliki manfaat banyak untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kulit yang sehat. Sehingga jika Anda ingin kukit sehat salah satunya bisa mengkonsumsi bawang merah.

Selain itu, biotin juga bisa bermanfaat untuk mengobati kuku yang rapuh, dan mencegah rambut rontok.