Kesehatan

7 Gejala Yang Harus Kamu Ketahui, Saat Mengalami Stres Berat

Gejala stress berat, terkadang tidak disadari oleh sebagian orang. Karena rutinitas setiap harinya membuat kamu sibuk dengan pekerjaan tanpa menyadari kamu sedang mengalami stress berat.  Stres adalah gangguan mental yang muncul akibat adanya tekanan. Kenali gejala stres agar kamu cepat mendapatkan penanganan. Simak 7 gelaja kamu sedang stres berat berikut ini.

 

1. Terlalu lelah dan sering jatuh sakit

Jika pikiranmu tegang, hal ini akan mempengaruhi beberapa hormon yang terhubung dengan otot-otot tubuhmu. Sehingga tubuhmu akan merasakan sakit seperti sakit kepala, nyeri pada leher, pundak dan punggung.

Salah satu yang menyebabkan tubuhmu merasa sakit adalah stres. Kamu cenderung overthinking pada hal-hal yang menurutmu membutuhkan perhatian lebih. Jadi kendalikan pikiranmu agar tubuhmu tetap sehat.

 

2. Sulit bangun dan juga sulit tidur

Gejala kedua yang menandakan kamu stres adalah, kamu seringkali merasa lelah tapi kamu sulit untuk tidur. Bisa jadi penyebabnya adalah karena kamu terlalu resah dan terlalu memikirkan masalah dalam kehidupanmu.

Karena kamu tidak bisa tidur, hari-hari berikutnya kamu akan merasa kelelahan dan menyebabkan stres berkelanjutan. Kamu juga akan kesulitan untuk tidur karena merasa resah dengan masalahmu.

 

3. Tidur tak nyenyak dan sering mimpi buruk

Stres sangat berpengaruh terhadap pola tidurmu. Sekalinya bisa tidur, kamu akan merasa khawatir dengan masalahmu dan sering terbangun. Tidurmu sering terganggu dengan hadirnya mimpi buruk dan malah mengganggu pikiranmu.

Ini sudah bukan gejala stres biasa, kamu punya kecemasan berlebih atau depresi.

 

4. Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa

Perubahan suasana hati dapat mempengaruhi kemampuanmu untuk fokus pada hal yang penting atau yang sedang kamu lakukan. Fokusmu akan terganggu sehingga kamu sulit berkonsentrasi atau sulit mengingat-ingat hal-hal yang kecil.

Jika kamu sedang mengalami gejala stress ini, dan dituntut untuk tetap bekerja berhati-hatilah karena dapat membuatmu gila.

 

Baca juga  5 Cara Tubuh Memberikan Tanda Bahaya Disaat Kamu Merasa Tidak Bahagia

5. Sikap emosional dan rambut rontok

Jika saat terbangun dari tidurmu, kamu mendapati rambut rontok di bantulmu, berhati-hatilah. Karena sistem kekebalan tubuhmu sedang menyerang folikel rambut dan membuatnya semakin rapuh.

Ini bukan penyakit serius, namun, berkaitan dengan stress yang sedang kamu alami.

Selain itu, jika kamu merasa sikapmu sering emosional terhadap hal sepele, bisa jadi kamu sedang mengalami gejala stres berat. Kendalikan pikiranmu agar stres tidak berkepanjangan.

 

6. Memikirkan pekerjaan sepanjang waktu

Saat kamu sedang berlibur, menonton televisi, makan, tidur dan aktifitas lainnya di luar pekerjaan selalu terpikir deadline pekerjaan, bisa jadi kamu kurang beristirahat, sehingga dihantui rasa cemas berlebihan. Memikirkan pekerjaan secara terus menerus akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

 

7. Kehilangan berat badan atau malah justru bertambah

Salah satu gejala fisik yang terlihat jika kamu sedang mengalami stres berat adalah kehilangan berat badan atau malah sebaliknya secara drastis. Karena reaksi orang terhadap stres setiap orang berbeda.

Ada orang saat stres justru makan lebih banyak dari biasanya atau justru tidak selera makan sama sekali.

Nah, jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera kendalikan pikiranmu dan atasi permasalahnya. Mungkin travelling bisa jadi obat bagi kamu yang sedang stres berat.

Related posts
KesehatanLifestyle

Kebiasaaan Suka Ngomong Sendiri ? Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Kesehatan

Ini Dia Fakta Mengenai IMS Atau Gejala PMS Yang Dialami Pria

KesehatanLifestyle

5 Cara Tubuh Memberikan Tanda Bahaya Disaat Kamu Merasa Tidak Bahagia