Keseringan Bermain Dengan Smartphone Dapat Membuat Tengkorak Kepala Benjol


Keseringan Bermain Dengan Smartphone Dapat Membuat Tengkorak Kepala Benjol 1

Kebiasaan umum pada banyak orang adalah menghabiskan waktu berjam – jam selama seharian menatap dan bermain dengan smartphone. Keseringan menggunakan smartphone dapat menyebabkan mengembangnya tulang di bagian leher bawah tengkorak menjadi seperti benjolan.

Benjolan di tulang tengkorak ini juga biasa di kenal sebagai tonjolan osipital eksternalĀ  yang akan semakin membesar. Bisa kamu periksa dengan menggunakan jari di pangkal tengkorakmu.

Keseringan Bermain Dengan Smartphone Dapat Membuat Tengkorak Kepala Benjol 3

Seperti di lansir dari Live Science bahwa “Saya telah menjadi dokter selama 20 tahun, dan hanya dalam dekade terakhir saya menemukan bahwa pasien saya memiliki pertumbuhan ini (benjolan) di tengkorak”. ujar Dokter David Shahar dari University of Sunshine Coast, Australia.

Sampai saat ini masih belum diketahui hubungan dari pertumbuhan tulang tersebut. Tetapi, para ahli menduga bahwa benjolan tersebut bisa muncul karena seseorang secara terus – menerus melihat ke arah pada sudut pandang (smartphone) yang tidak nyaman untuk leher sehingga menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Kebanyakan waktu dihabiskan untuk melihat smartphone dapat membuat leher menjadi tegang. Dengan menekuk leher dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan pada titik otot leher yang menepel pada tengkorak. Hal itu akan membuat tubuh cenderung merespon tekanan tersebut dengan meletakkan tulang baru yang akan berfokus pada benjolan tersebut.

Menurut studi yang di publis dalam Journal of Anatomy, shahar dan koleganya telah menganalisis radiografi pada 218 pasien berusia 18 sampai 30 tahun. Dan hasilnya, 41 persen pasien memiliki benjolan yang cukup besar dengan ukuran 10 mm dan 10 persen lainnya memiliki benjolan dengan ukuran 20 mm.

Dari hasil tersebut, telah di simpulkan bahwa benjolan tersebut lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita.

Selain itu studi lain mengungkapkan pada 1200 yang telah di periksa berusia 18 sampai 36 tahun telah menyerang mereka pada usia muda. Benjolan itu terjadi sebesar 33 persen orang – orang yang telah diperiksa dan sebagian besar berusia 18 sampai 30 tahun.

Benjolan yang terjadi pada tengkorak akan terus berkembang secara perlahan. Namun begitu, benjolan yang disebabkan oleh smartphone ini jarang menyebabkan masalah medis yang serius.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap