Ketahui Penyebab Batu Ginjal Agar Terhindar dari Rasa Sakit yang Luar Biasa!


Ketahui Penyebab Batu Ginjal Agar Terhindar dari Rasa Sakit yang Luar Biasa! 1

Mengetahui penyebab batu ginjal adalah langkah pertama untuk mencegah serangan penyakit batu ginjal (Nephrolithiasis) yang dapat membuat penderita merasakan sakit luar biasa, bahkan banyak yang mengatakan bahwa sakitnya melebihi orang melahirkan.

Rasa sakit tersebut tidak hanya datang sekali, tapi setiap kali kencing, sebelum batu yang menyumbat saluran urine tersebut dikeluarkan melalui proses pembedahan.

Penyebab Batu Ginjal Secara Umum

Penyebab rasa sakit yang dialami penderita batu ginjal secara umum terjadi dari cairan mineral atau komponen urine serta asam yang kondisinya mengalami ketidakseimbangan. Kondisi itulah yang mengakibatkan terjadinya pembentukan yang menyerupai kristal oleh cairan mineral seperti oxalate, uric acid, kalsium, serta mineral lainnya.

Kristal-kristal tersebut semakin lama akan semakin menumpuk dan mengalami penggumpalan utamanya di dalam calyces atau peklvis, hingga pada akhirnya akan membentuk semacam batu yang menyumbat saluran urine. Batu tersebut pada umumnya terdapat pada pasu ginjal atau renal pelvis dan calyx renalis.

Ketahui Penyebab Batu Ginjal Agar Terhindar dari Rasa Sakit yang Luar Biasa! 3

Penyebab terjadinya batu ginjalcukup beragam, bisa karena faktor keturunan atau genetik dimana keluarganya juga  ada yang terserang batu ginjal, kurangnya asupan air putih yang membuat ginjal tidak dapat berfungsi maksimal dalam melarutkan sisa-sisa metabolism utamanya yang berbentuk mineral, obesitas atau faktor kegemukan, tingginya asupan makanan yang mengandung sodium dan gula, serta kondisi medis seperti renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism, serta infeksi yang menyerang saluran urine tertentu.

Penyebab Batu Ginjal Berdasarkan Jenis Kelamin

Kasus-kasus seputar penyakit batu ginjal lebih sering menyerang kaum pria dibanding wanita, yang menurut hasil penelitian terdapat 1 penderita batu ginjal diantara 1000 orang dan mayoritas penderitanya adalah kaum pria dengan rentang usia 30 – 60 tahun.

Penyebab batu ginjal pada pria umumnya terjadinya karena infeksi pada saluran kemih, mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang berisiko terhadap serangan batu ginjal, gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga dan kurang meminum air putih, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium oksalat berlebihan, termasuk factor genetika.

Kaum wanita meskipun memiliki prosentase terserang batu ginjal lebih rendah tetap saja berisiko, dan harus mengantisipasinya denganmengetahui gejala-gejala yang muncul serta mengetahui penyebabnya.

Penyebab batu ginjal pada wanita sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kaum pria. Hanya saja, pada kaum wanita penyebabnya lebih sering dikarenakan terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi namun  dengan kadar protein, mineral, dan vitamin yang rendah.

Ketahui Penyebab Batu Ginjal Agar Terhindar dari Rasa Sakit yang Luar Biasa! 4

Disamping itu terdapat sejumlah makanan yang berpotensi meningkatkan risiko serangan batu ginjal, seperti: kafein pada kopi yang memiliki kadar kalsium dalam urine cukup tinggi, pemanis buatan, daging yang menghasilkan limbah protein yang sulit dibuang, sarden yang memiliki kadar purin cukup tinggi, minuman berkarbonasi, juga produk susu yang meski baik untuk tulang karena mengandung kalsium yang tinggi, namun juga berisiko terhadap batu ginjal.

Setelah mengetahui penyebab batu ginjal, langkah selanjutnya tentu saja melakukan tindakan pengobatan. Penyebab batu ginjal dan pengobatannya dilakukan dengan terlebih dahulu melihat kondisi batu ginjal yang telah terbentuk.

Jika diameter batu ginjal berukuran kurang dari 5 mm, biasanya cukup dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak dan mengurangi berbagai jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko serangan batu ginjal.

Pengobatan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan obat-obatan herbal yang tidak memiliki risiko terhadap kesehatan, serta menggunakan obat pengurang rasa sakit. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, dalam kurun waktu sekitar 2 minggu, batu ginjal akan keluar dengan sendirinya.

Namun, jika diameter batu ginjal berukuran lebih dari 5 mm atau terlalu besar untuk dikeluarkan dengan cara alami, tindakan operasi terpaksa harus dilakukan. Dapat pula dengan memanipulasi batu dengan kateter dan menggunakan sistokopi untuk mengeluarkannya melalui uretra, jika posisi batu berada di ureter. Tapi jika batu ginjal berada di posisi yang lain, jalan satu-satunya adalah melalui tindakan pembedahan.

Itulah penyebab batu ginjal yang perlu diketahui guna mencegah serangan penyakit batu ginjal. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap