Ketahui Tentang Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly


Ketahui Tentang Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly

Suasana duka masih terasa semenjak beberapa hari yang lalu, Glenn Fredly menghembuskan nafas terakhirnya. Berdasarkan berita yang ogut dapetin, Glenn Fredly meninggal karena meningitis. Apa sebenarnya meningitis itu? Dan kenapa penyakit ini bisa sampai merenggut nyawa seseorang?

Kalau ogut nggak salah, Almarhum Olga Syahputra juga menjadi salah satu korban meningitis.

Apa itu Meningitis dan Gejalanya

Meningitis ini adalah sebuah penyakit yang membuat lapisan sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Baik anak-anak, remaja, atau usia muda punya resiko yang cukup besar terkena penyakit ini. Apalagi kalau kondisi tubuh sedang tidak fit. Meningitis ini juga disebut sebagai radang selaput otak.

Meningitis muncul karena infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Karena virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini, maka meningitis bisa menyebar dan berpindah melalui kontak langsung atau bersin dan batuk. Meningitis yang paling umum terjadi adalah meningitis karena virus. Sementara meningitis karena bakteri cukup jarang terjadi tapi resikonya lebih serius. Kalau tidak segera ditangani, bisa membuat kerusakan otak atau bahkan kematian.

Gejala meningitis antara lain adalah leher yang kaku, nyeri pada leher yang makin memburuk dan terasa sampai dagu dan dada, terasa demam, muntah-muntah, sakit kepala, rasa mengantuk yang teramat sangat, dan kejang-kejang. Sementara pada bayi, meningitis muncul dengan gejala si bayi menangis tidak berhenti, gampang terkena penyakit, kehilangan selera makan, batuk dan sulit bernafas.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Cara paling mudah tentu membawanya segera ke dokter. Jadi setelah kalian merasakan gejala-gejala yang udah oguut sebutin di atas, segeralah ke dokter. Karena dokter lebih tahu bagaimana cara menghadapi penyakit ini. Jangan sampai telat ya!

Tapi, kalau sekedar informasi, meningitis yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya diobati dengan antibiotik dan obat steroid yang juga disebut deksametason. Kalau sudah meningitis karena bakteri, wajib dibawa ke rumah sakit sob!

Sementara itu, jika meningitis disebabkan oleh virus, kita bisa mengobatinya tanpa ke rumah sakit. Caranya dengan minum obat yang meredakan nyeri dan menurunkan panas. Disarankan juga untuk meminum banyak air agar tubuh bisa membuat virus dengan cepat.

Cara Mencegah Meningitis

Lebih baik mencegah kan dari pada mengobati? Nah, cara mencegah meningitis adalah dengan memastikan kalau semua anak mendapatkan vaksin yang lengkap dan sesuai dengan usia mereka. Vaksin membantu membuat anak terhindar dari meningitis. Selain itu pastikan kalian selalu menjaga kebersihan dan menjaga imun tubuh. Semakin kuat imun kalian, penyakit akan makin sulit masuk.

Itu tadi beberapa informasi tentang meningitis. Semoga bermanfaat teman-teman! Jaga kesehatan ya!