Ketahuilah 15 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuhmu


Ketahuilah 15 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuhmu 1

Seperti yang kita tahu, Pisang adalah buah yang sangat digemari bahkan di setiap bahan makanan buah pisang selalu bisa dipakai untuk memenuhi cita rasa yang sangat lezat. Selain biasa digunakan untuk membuat jus, dan smoothie yang menyegarkan, menambah cita rasa lezat sebagai topping di beberapa makanan dan minuman juga  bisa. Atau jika tidak ingin ribet bisa dimakan langsung begitu saja.

Ketahuilah 15 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuhmu 3

Buah Pisang dengan cita rasa yang manis dan harga yang terjangkau memiliki  kandungan  yang sangat bermanfaat. Jika kamu sangat memperhatikan asupan gizi untuk tubuh kamu, buah pisang adalah salah satu jawaban yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga serta menyehatkan tubuhmu. Bahkan kebanyakan atlet tenis dunia sangat menyukai buah pisang sebagai makanan pelengkap untuk tubuh mereka. Buah Pisang mampu dengan mudah diserap tubuh dan mengembalikan energi secara cepat. Lalu apa saja manfaat buah pisang ? Yuk simak berikut ini, 15 manfaat buah pisang yang wajib kamu ketahui untuk kesehatan tubuhmu.

1. Buah Pisang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dalam beberapa Studi menunjukkan bahwa jika makan tiga buah pisang dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah kamu secara perlahan – lahan. Buah pisang yang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg kalium dan terbebas dari kandungan sodium. Buah pisang juga dapat membantu kamu menetralkan efek tekanan darah yang  meningkatkan natrium dalam makanan.

2. Buah Pisang Dapat Melancarkan Pencernaan

Buah pisang juga mengandung serat baik yang larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi paling penting dalam tubuh karena dapat membantu melancarkan pencernaan. Pisang juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit. Karena itu biasanya pisang sering menjadi buah yang cocok untuk sarapan pagi.

3. Buah Pisang Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat, sangat baik khasiatnya untuk jantung.Menurut laporan bahwa melakukan diet yang tinggi akan serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Dengan asupan diet sehat dan seimbang akan memberikan asupan vitamin, mineral dan antioksidan yang diperlukan tubuh, dengan mengkonsumsi satu atau dua pisang sehari sangat membantu menambahkan 4 gram serat buah pisang.

4. Buah Pisang Mengembalikan Sel – Sel Tubuh Yang Hilang

Buah pisang kaya akan vitamin B6, yang mengandung 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan nutrisi pada orang dewasa. Selain itu, Vitamin B6 juga dapat membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial asam yang diperlukan untuk membuat sel-sel tubuh yang hilang menjadi kembali dan lebih sehat. Pisangjuga dapat membantu kamu memperkuat antibodi untuk melawan infeksi.

5. Buah Pisang Memperlancar Saluran Pencernaan

Selain buah pisang yang sangat mudah dicerna, ternyata dianggap non-iritasi untuk sistem pencernaan, atau saluran pencernaan. Dan tidak hanya mengurangi masalah pencernaan, tetapi juga memperlancar saluran pencernaan dan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah diare. Karena itu, buah pisang sangat dini dikenalkan oleh seorang bayi karena bagus untuk sistem perncernaan tubuh.

6. Buah Pisang Kaya Akan Vitamin C

Ketika ingin mengkonsumsi vitamin C, buah jeruk adalah mungkin yang terlintas di pikiran kita. Namun, tahukah kamu bahwa buah pisang ternyata memiliki 15 persen lebih besar dari kebutuhan harian untuk Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan penting yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan atom bermuatan molekul atau ion yang secara terus – menerus dapat menghancurkan sel-sel dalam tubuh.

7. Buah Pisang Dapat Meningkatkan Masa Otot

Biasanya banyak atlet sangat menyukai buah pisang, kenapa ? karena buah pisang dapat meningkatkan otot dan memberikan antioksidan serta nutrisi secara alami. Menurut beberapa sebuah studi di Appalachian State University, mengkonsumsi buah pisang setiap 15 menit selama melakukan bersepeda sama efektifnya dengan minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Karena itu,  Yohan Blake, Jamaika Olimpiade sprinter, dikatakan memakan 16 buah pisang dalam sehari.

8. Buah Pisang Dapat Melawan Anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah, serta membantu melawan anemia. Anemia adalah penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah yang dapat menyebabkan cepat merasa kelelahan, pucat dan sesak napas. Selain itu, buah pisang mengandung Vitamin B6 yang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah, serta dapat membantu tubuh melawan penderita anemia.

9. Buah Pisang Dapat Menahan Rasa Lapar

Selain mengandung vitamin dan banyak nutrisi, aroma pisang ternyata dapat menekan dan menahan nafsu makan saat merasa kelaparan. Menurut penelitian oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang saat sedang lapar dapat mengelabui otak dan berpikir bahwa perut kamu sudah benar-benar terisi penuh dan sudah makan. Selain itu, buah pisang juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan, cocok untuk asupan makanan diet.

10. Buah Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

Buah pisang juga sangat disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi harus diingat bahwa jangan terlalu berlebihan karena satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

11. Buah Pisang Dapat Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Didalam buah pisang juga terdapat kandungan potasium yang sangat penting untuk asupan nutrisi dalam tubuh. Potasium juga berperan sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal dalam tubuh. Menurut sebuah studi, Makan pisang dalam beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen.

12. Buah Pisang Dapat Mengatasi Penuaan Dini

Tidak hanya manfaat kesehatan untuk tubuh, ternyata buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Seperti yang kita tahu, bahwa buah pisang mengandung vitamin B, vitamin C dan asam amino yang bisa mengatasi penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan di wajah.

13. Buah Pisang Dapat Mengatasi Mata Bengkak

Mengkonsumsi buah pisang juga bisa mengatasi mata yang bengkak dan kantung mata. Dengan kandungan potasium yang ada dalam buah pisang mampu melawan garam di dalam tubuh yang mengakibatkan retensi cairan di beberapa area seperti kantung mata.

14. Buah Pisang Mengandung Antioksidan

Selain mengandung nutrisi dan beberapa vitamin, buah pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan seperti dopamin dan catechins. Antioksidan ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit turunan.

15. Buah Pisang Sangat Bagus Untuk Menu Diet

Buah pisang ini sangat cocok untuk menut diet karena kalorinya yang hanya sekitar 100 kalori dan sangat bernutrisi dan mengenyangkan untuk tubuh saat dikonsumsi. Selain itu, kandungan pati resistan di pisang yang belum matang juga bisa mengurangi nafsu makan dan membuat tubuhmu menolak untuk makan dan merasa lebih cepat kenyang.

Itulah ke – 15 manfaat buah pisang yang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Tunggu apa lagi ? yuk mulai sekarang mulai konsumsi buah pisang dan tetap selalu sayangi dan menjaga kesehatan tubuhmu ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments