Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

dan adalah makhluk hidup yang tercipta dengan beragam jenis dan spesies. Selain itu, di dalam dan terdiri dari sel. Sel adalah komponen terkecil yang memiliki fungsi untuk mengatur jalannya segala aktivitas pada dan seperti perkembangan serta pertumbuhan. Meskipun memiliki fungsi dan tujuan yang sama, namun struktur dari sel antara maupun tentunya sangat berbeda. Berikut adalah 5 perbedaan sel dan sel  yang perlu untuk diketahui.

 

Dinding Sel

Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dinding sel berfungsi untuk melindung serta memberi kekuatan pada sel agar dapat bertahan. Dinding sel hanya terdapat di dalam saja yang memiliki hemiselulosa dan juga selulosa. Sedangkan, di dalam terdapat membrane plasma yang berguna untuk batas sel paling luar pada .

 

Vakuola

Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Vakuola adalah suatu ruang yang memiliki kandungan cairan yang dapat larut di beberapa zat-zat nutrisi seperti enzim, asam dan basa, lipid, alkaloid, dan garam mineral. Cairan yang terkandung di dalam Vakuola adalah air. Selain itu, di dalam Vakuola juga terdapat asam amino,gas, glukosa, dan cadangan makanan. Fungsi Vakuola terbagi menjadi dua jenis yaitu Vakuola Kontraktil dan Nonkontraktil. Fungsi dari Vakuola Kontraktil adalah untuk proses ekskresi atau tepatnya mengatur nilai osmotik. Proses ini dalam bahasa ilmiah dikenal dengan osmoregulator.

Sedangkan, Vakuola Nonkontraktil berfungsi untuk proses pencernaan makanan yang masuk dan menyebarkan nutrisi-nutrisi ke seluruh bagian pada dan . Vakuola juga terdapat di dalam dan . Di Dalam terdapat satu Vakuola yang memiliki ukuran lebih besar.

Pada , Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan pigmen seperti buah, buah, dan daun. Sedangkan, di dalam terdapat Vakuola dengan jumlah yang lebih banyak daripada , namun ukurannya sangatlah kecil. Pada hewan. Vakuola memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan atau zat-zat makanan. Selain itu, Vakuola pada hewan juga memiliki peran penting dalam proses membentuk fosfolipid.

 

Baca juga  Wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-Sen, Fotografer “Alien” Blackwater

Lisosom

Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan dan yang lain adalah adanya Lisosom  Pada tumbuhan akan jarang sekali menemukan Lisosom. Hal ini dikarenakan tumbuhan tidak memiliki Lisosom. Berbeda dengan tumbuhan, Lisosom pada hewan akan dapat ditemukan di dalam sitoplasma dan dalam jumlah yang banyak.

Lisosom sendiri memiliki arti yaitu  suatu organel berukuran kecil dan berbentuk sebuah kantong. Kantong tersebut terikat pada membran dengan ukuran diameter 0,25 hingga 0,5 um. Di dalam membran ini terdapat enzim hidrolitik yang memiliki fungsi untuk selalu mengatur dan mengontrol pencernaan pada tubuh hewan dalam berbagai keadaan apapun.

 

Baca juga  Apa Perbedaan Antara Jenis Kelamin dan Gender?

Plastida

Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Plastida merupakan organel yang terdapat di dalam . Pada tumbuhan, plastida memiliki peran yang sangat penting karena bentuknya adalah koloroplas. Koloroplas adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk proses fotosintesis. Oleh karena itu, plastida tidak terdapat di dalam hewan.

 

Baca juga  8 Game Bertema Biologi Terbaik untuk Tingkatkan Pengetahuanmu

Sentriol

Ketahuilah 5 Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Jika tumbuhan memiliki plastida, maka hewan memiliki Sentriol. Sentriol adalah organel yang memiliki struktur dengan bentuk silinder atau tabung. Di dalam struktur tersebut terdapat sel eukariota dan protein mikrotubulus. Berbeda dengan plastida, sentriol dapat berfungsi untuk pembelahan sel-sel pada hewan. Selain itu, sentriol juga memiliki peran penting dalam proses pembentukan silia dan flagela.

Itulah 5 perbedaan dan  yang wajib untuk diketahui. Tidak hanya itu saja, perbedaan antara keduanya juga dapat dilihat dari bentuk. Sel pada hewan memiliki bentuk yang sangat beragam. Selain itu, bentuk sel pada hewan juga dapat berubah setiap saat. Sedangkan, bentuk sel pada tumbuhan sangatlah kaku dan jarang mengalami perubahan pada bentuknya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Malik Ardo