Ketahuilah Jarak Yang Baik Saat Menonton TV

Ketahuilah Jarak Yang Baik Saat Menonton TV

Pada umumnya orang tua sering mengingatkan secara berulang kali kepada anak untuk tidak terlalu dekat karena bisa merusak mata.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi ketakutan tersebut ternyata sudah tidak lagi ditakutkan karena teknologi TV di jaman saat ini.

Dilansir dari Verywell Health bahwa pada masa yang lalu bahaya dengan jarak yang terlalu dekat bisa menyebabkan kerusakan mata karena radiasi x yang timbul dari TV tersebut.

Berjalannya waktu dan teknologi saat ini, LCD dan plasma yang diterapkan untuk TV sekarang ini sudah tidak lagi memiliki bahaya seperti radiasi yang sebelumnya adalah penyebab bahaya untuk kesehatan mata.

Baca juga  Apakah Masker Itu Penting dan Wajib Untuk Dipakai ? Inilah Imbauan Dari WHO dan Pemerintah

Ketahuilah Jarak Yang Baik Saat Menonton TV

Sebenarnya dengan jarak yang terlalu dekat bisa merusak mata adalah bukan hal yang tepat. Melainkan dengan jarak yang dekat lebih tepatnya bisa membuat mata lebih cepat lelah.

Lalu, seberapa jauh jarak yang tepat untuk ? Pada masa lalu menyebutkan bahwa jarak yang aman untuk adalah dua meter.

Jarak yang tepat untuk adalah antara 2,5 meter hingga 3 meter. Selain itu cara untuk menghitung jarak yang tepat adalah dengan mengkalikan dengan lima ukuran dari TV.

Baca juga  5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Misalnya TV kamu berukuran 32 inchi, maka jarak yang tepat adalah 32×5 yaitu 160 inchi atau 4 meter. Semakin besar ukuran TV maka semakin jauh juga jarak untuk menontonnya.

Namun ada beberapa yang berpendapat juga bahwa jarak yang tepat untuk adalah dengan seberapa nyaman kamu saat tersebut.

Saat kamu merasa nyaman dan dapat dengan jelas, maka itu adalah yang sudah tepat.

Baca juga  5 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat si Anak, Para Orang Tua Harus Perhatikan ya !

Terlepas dari jarak TV, posisi atau lokasi TV juga sangat mempengaruhi dan menentukan kenyamanan kamu saat menonton TV dan mencegah mata menjadi lelah.

Sebaiknya posisi TV tetap setara dengan mata atau bisa berada di bawah mata. Karena posisi tersebut bisa membuat kamu lebih nyaman dan tidak merasa cepat kelelahan saat menonton TV.

Memaksakan mata untuk menonton TV dengan posisi yang lebih tinggi akan membuat leher dan mata menjadi cepat lebih lelah dan tidak nyaman.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng