Ketepatan Sistem Penggunaan Lahan Guna Meminimalisir Kerusakan Pada Tanah


Ketepatan Sistem Penggunaan Lahan Guna Meminimalisir Kerusakan Pada Tanah 1

Seiring berjalannya waktu, tentu bumi yang kita tempati ini akan semakin tua. Kondisi ini menyebabkan komponen yang ada di dalamnya akan rapuh dan lemah, salah satunya adalah tanah. Hal tersebut dapat terjadi jika tidak ada perlakuan khusus terhadap tanah misalnnya pengelolaan tanah yang baik. Pada saat ini bahkan sering terjadi eksploitasi dalam penggunaan lahan untuk suatu kepentingan individu atau kelompok.

Tindakan tersebut dapat menurunkan kualitas tanah sehingga akan berdampak terhadap produksi pangan. Produksi pangan tentu berpengaruh karena jika suatu daerah memiliki kualitas tanah yang buruk, maka akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman yang dibudidaya. Selain itu, tentu akan berdampak terhadap lingkungan yang mampu memberikan dampak buruk seperti bencana alam. Oleh karena itu, ketepatan dalam memilih sistem penggunaan lahan mampu memberikan pengaruh terhadap kerusakan tanah.

Dampak dari kerusakan pada tanah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu kelalaian dalam penggunaan pupuk yang dimana digunakan secara berlebihan tanpa melihat efek jangka panjangnya. Penggunaan pupuk seperti itu tentu berkaitan dengan sistem pertanian yang menggunakan bahan kimia secara berlebihan. Pemupukan memang dapat meningkatkan hasil pertanian yang dimana unsur-unsur esensial langsung tersedia di dalam pupuk tersebut.

Namun, perlu diperhatikan dosis yang harus sesuai dengan kebutuhan dari tanaman dan bukan untuk tanah. Cara penggunaan pupuk juga memungkinkan terjadinya kesalahan atau kelalaian yang tentunya itu harus diminimalisir. Jika tidak, hal tersebut memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan, bahkan orang yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu, sistem pertanian yang mengedepankan aspek lingkungan salah satunya penggunaan pupuk secara bijak harus ditingkatkan lebih lanjut.

Kondisi yang kurang baik pada tanah tentu memiliki dampak negatif yang merugikan banyak hal dalam bidang pertanian, lingkungan, dan kesehatan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang terdiri dari faktor internal dan juga eksternal. Faktor internal yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah ketidaktepatan dalam menggunakan pupuk dan penggunaan tidak sesuai aturan. Hal tersebut tentu dapat memberikan pengaruh penting terhadap kualitas tanah. Selain penyebab dari faktor internal, faktor eksternal juga memberikan penyebab yaitu pasar mendesak untuk menyediakan hasil pertanian.

Kejadian itu menyebabkan para petani menggunakan pupuk dalam jumlah yang sangat banyak supaya dapat memenuhi keinginan pasar. Hal tersebut tentu hanya menimbulkan permasalahan lain yang dimana para petani hanya terfokus kepada hasil panennya tanpa harus memperhatikan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, solusi yang dapat dilakukan yaitu pencegahan, dengan mengubah sistem pertanian yang kurang baik menjadi sistem yang lebih terstruktur dan mengedepankan aspek lingkungan sehingga mampu mewujudkan pertanian berkelanjutan.

Begitu banyak upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada tanah. Salah satu faktor yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada tanah yaitu sistem penggunaan lahan. Sistem penggunaan lahan merupakan perlakuan terhadap tanah dengan cara mengolah dengan baik seperti pemberian pupuk secara bijak. Hal tersebut tentu mengembalikan fungsi tanah sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian atau yang lain.

Namun, kaitannya dengan sistem penggunaan lahan juga merupakan salah satu penyebab yang berdampak terhadap kerusakan pada tanah. Sistem penggunaan lahan yang dimaksud yaitu sistem yang tidak memperhatikan aspek lingkungan. Sistem tersebut tentu akan memberikan dampak negatif yang dapat berpengaruh terhadap tanah dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ketepatan dalam memilih sistem penggunaan lahan menjadi sangat penting, sehingga dapat memperbaiki kualitas tanah dan tentu akan sebanding dengan peningkatan produksi pangan.

Ketepatan pemilihan sistem penggunaan lahan akan mempengaruhi kerusakan tanah. Sistem pertanian yang mengutamakan lingkungan harus lebih ditingkatkan, salah satunya dengan penggunaan pupuk yang bijak. Ketepatan pemilihan sistem penggunaan lahan sangat penting, sehingga dapat meningkatkan kualitas tanah, dan tentunya berbanding lurus dengan peningkatan produksi pangan. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah pencegahan. Pencegahan mengacu pada transformasi sistem pertanian yang kurang menguntungkan menjadi sistem yang lebih terstruktur dengan mengutamakan faktor lingkungan sehingga pertanian berkelanjutan dapat terwujud.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adityarda

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap