Keterampilan yang Membuat Kamu Sukses dalam Karier

Keterampilan yang Membuat Kamu Sukses dalam Karier 1

Pada zaman modern saat ini, setiap pengejar karier cemerlang dituntut agar memilki keterampilan yang memadai untuk bersaing dengan kandidat lainnya. Dengan memilki keterampilan yang dapat dipersaingkan akan membuat kamu memilki daya guna yang berbeda dari kandidat lainnya. Maka tak bisa dipungkiri bahwa jika kamu memilki keterampilan tertentu akan membuat kamu sukses dalam karier.

Bingung tentang keterampilan apa yang dapat membuat kamu sukses dalam karier? Yuk langsung check it out!

Analisis

Keterampilan analisi mengcakup kemampuan seseorang dalam memahami dan menganalisis masalah atau situasi, lalu membuat keputusan tentang tindakan apa yang harus diambil dalam langkah selanjutnya. Maka tak heran, jika orang yang hebat dalam menyelidiki suatu masalah dan menemukan solusi yang sempurna dengan cara yang efiseien dan tepat waktu adalah seseorang yang sangat dibutuhkan dalam lingkup pekerjaan saat ini. Karena dengan berbekal keterampilan analisis, suatu perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Penguasaan berbagai bahasa

Pada era globalisasi saat ini, setiap Negara mengembangkan produk atau membuat konten untuk pasar global. Dengan penguasaan berbagai bahasa, maka kamu bisa saja membuat konten untuk target pasar global atau bahkan kamu bisa bergabung dengan perusahan internasional. Namun hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah kamu harus fasih dalam bahasa yang akan kamu terjemahkan sekaligus fasih dalam bahasa terjemahannya. Ada banyak cara untuk mempercepat keterampilan penguasaan bahasa kamu, seperti; belajar otodidak, menonton atau mendengar lagu dari bahasa yang akan kamu geluti, intinya carilah hal-hal yang berkaitan dengan bahasa tersebut.

Kolaborasi

Bisa kita lihat dari zaman dulu hingga zaman sekarang, banyak pekerjaan yang melibatkan beberapa orang sehingga membentuk suatu tim, maka  tak bisa dipungkiri bahwa keterampilan kolaborasi juga menjadi hal yang sangat penting, karena kamu harus dituntut bekerja dengan orang lain dalam menciptakan atau menghasilkan sesuatu. Adapun kolaborasi yang berhasil memerlukan semangat kooperatif dan rasa saling menghormati satu sama lain. 

Seseorang yang memilki keterampilan kolaborasi mampu membangun kerjasama serta kepercayaan bagi setiap timnya, berwawasan luas dengan mampu melihat seta memahami berbagai macam sudut padang yang berbeda, mampu mengedepankan kepentingan tim dibanding kepetingannya sendiri. Dengan begitu, seseorang yang memiliki keterampilan kolaborasi dapat memenuhi harapan untuk setiap anggota tim.

Adaptasi

Adaptasi berarti mampu berubah dalam segala situasi untuk mencapai suatu kesuksesan. Keterampilan beradaptasi menjadi hal yang dibutuhkan oleh setiap pekerjaan seiring dengan kemajuan teknologi saat ini. Banyak pekerjaan yang menggunakan teknologi modern yang menutut setiap orang mampu beradaptasi dengan teknologi modern tersebut.

Tak hanya pada lingkup teknologi, namun kamu juga harus memilki keterampilan beradaptasi dengan lingkungan tempat kamu bekerja, akan banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan harapa kamu, maka dari itu cepatlah beradaptasi dengan hal tersebut.  Namun jika kamu adalah orang yang cepat dalam belajar serta cepat dalam membaca kondisi keberadaan kamu, berarti kamu sudah tahu cara beradaptasi dengan tepat. Asahlah keterampilan adaptasi kamu dengan mencoba memecahkan masalah dalam berbagai keadaan, serta mencoba hal-hal yang baru.

Manajemen waktu

Seseorang yang memilki keterampilan dalam manajemen waktu, mengetahui apa yang akan dia kerjakan pada waktu yang telah dia tentukan. Dengan memilki keterampilan tersebut, seseorang akan mampu bekerja secara efisien, mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin, karena menganggap bahwa time is money, mampu menjadwalkan setiap kegiatan yang akan dia lakukan, produktif dalam kesehariannya, serta mampu menyelesaikan setiap pekerjaan tepat pada waktunya. Keterampilan tersebut akan membuat seseorang akan lebih mengharagai waktu, serta fokus pada pekerjaan yang memerlukan sedikit waktu dalam penyelesaian dan berhenti membuang-buang waktu.

Persuasi

Keterampilan persuasi berarti Keterampilan yang mampu meyakinkan, membujuk orang lain agar dapat menyetujui sesuatu  hal yang disampaikan. Orang yang memilki keterampilan persuasi ini sangat diperlukan untuk membujuk klien pada lingkup perusahaan.  Namun tak hanya pada lingkup perusahan, karena pada zaman digital marketing saat ini, seseorang yang memilki keterampilan persuasi akan mendapatkan kesempatan karir yang lebih cemerlang, dengan cara meyakinkan seseorang akan layanan atau jasa yang disediakan.

Nah itulah keterampilan yang harus kamu kuasai jika ingin sukses dalam karier. Tak apa jika kamu masih pemula, asahlah setiap saat jika ingin menjadi orang yang hebat suatu saat nanti. Tetap semangat!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

azadehtri