Kiamatnya para dewa Nordik, Ragnarok!

Kiamatnya para dewa Nordik, Ragnarok! 1

Banyak karya seperti novel, film, anime, manga, atau video games yang diinspirasi oleh sebuah peristiwa besar dalam mitologi Nordik. Ya, Ragnarok adalah sebuah kisah peperangan besar antara para Aesir alias dewa dengan Jotun para raksasa dan monster.

Sebut saja film produksi Marvel berjudul The Avenger yang memunculkan tokoh Thor, Odin, Hela dan Loki. Bahkan, baru-baru ini sebuah film serial berjudul Ragnarok karya Adam Price dengan latar tanah Skandinavia dimana mitos itu ada tayang di Netflix sebanyak dua musim.

Kisah tentang Ragnarok ini sebenarnya konon pertama kali muncul dalam Voluspa dan Prosa Edda. Dalam dua cerita itu, para Aesir akan diserang oleh raksasa dan monster dari segala penjuru, dan matahari akan terbenam, bintang-bintang akan memudar, dan dunia akan tenggelam dalam lautan.

Ilustrasi peristiwa Ragnarok (Sumber: World History, 2017)
Ilustrasi peristiwa Ragnarok (Sumber: World History, 2017)

Dalam Voluspa, Ragnarok diceritakan memiliki beberapa pertanda berupa perubahan cuaca dan kemunculan tiga ekor ayam. Fimbulvetr, musim dingin yang sangat dingin sepanjang tahun dengan hujan salju terus-menerus, adalah tanda pertama.

Musim dingin ini membuat banyak orang kelaparan, dan mati. Bahkan mereka saling membunuh satu sama lain karena marah dengan kondisi yang dialaminya juga untuk bertahan hidup. Banyak bangunan yang hancur dan mereka yang bertahan hidup malah berperilaku seperti hewan buas.

Dikisahkan dua ekor serigala muncul memakan matahari dan bulan hingga manusia berada dalam kegelapan yang luar biasa. Setelah itu, gempa bumi terjadi berulang dengan kekuatan hebat sampai memutuskan ikatan yang mengekang Loki dan Fenrir. 

Setelah itu Fjalar, seekor ayam jago merah, akan memperingatkan para Raksasa bahwa Ragnarok telah dimulai. Ayam jantan kedua akan memberitahu Ragnarok telah dimulai. Saat itu terjadi pada raksasa dan monster akan terbangun dari tidurnya. Loki berada di pihak para raksasa dan monster yang datang bersama Hel, putri ketiganya, di atas sebuah kapal.

Ketika rombongan Loki ini melintas jembatan pelangi Asgard, Heimdall meniupkan Gjallarhorn sebagai peringatan bagi para dewa. Jembatan pelangi itu perlahan runtuh di belakang para monster dan raksasa. Sementara itu Fenrir dan Jormungadr, dua anak loki, ini berada di dunia manusia. 

Terakhir, ada Gullinkambi, ayam jago merah ketiga Ayang tinggal di Valhalla, aula besar Asgard, akan memperingatkan semua dewa tentang kiamat yang akan datang. Odin mengumpulkan 800 ksatria Valhalla, Einherjar, untuk menyerang Loki dan pasukannya.

Odin, Thor dan banyak Aesir lainnya tewas dalam peperangan ini. Tapi, ada beberapa Aesir selamat yaitu Vali dan Vidar juga keturunan Thor dan Hoenir, akan melakukan perjalanan ke Idavoll, yang akan terhindar dari kehancuran di Ragnarok. Baldr dan Hoder akan dibangkitkan, mengantarkan era baru dan muncul ras baru.

Lalu, segalanya akan dimulai dari awal, dan dunia baru akan muncul dari kedalaman air. Bersamaan dengan itu, muncul juga dua manusia pertama yang mengisi kembali Bumi. Konon kedua manusia itu adalah pasangan yaitu seorang perempuan bernama Lifthrasir dan Lif, seorang lelaki yang menjadi pasangannya.

Dengan kata lain, kehidupan di dunia dimulai lagi dari nol dimana hanya ada kedamaian. Nah, peristiwa kiamatnya pada dewa Nordik ini akhirnya tidak pernah berhenti memikat penikmat kisah-kisah mitos. Tak heran juga begitu banyak karya yang terinspirasi darinya. Jadi versi ragnarok kesukaanmu yang mana?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nenden Rikma