Kenali Kode Etik Guru dalam Menjalankan Tugas Profesi

kode etik guru

merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang bertugas menyampaikan pembelajaran kepada dan mencerdaskan muridnya.

Sebagai sebuah pekerjaan profesi tentu saja pekerjaan ini tidak lepas dari yang harus dipatuhi oleh setiap .

Seperti halnya jenis pekerjaan profesi lainnya, dalam bekerja harus mematuhi profesi sesuai dengan risiko yang ada. 

 

Kenali Kode Etik Guru dalam Menjalankan Tugas Profesi

Ada beberapa yang harus dipatuhi dan dilaksanakan saat bekerja. tersebut diantaranya:

  1. merupakan jenis profesi yang memiliki tugas untuk membentuk di agar memiliki jiwa pancasila
  2. bertugas untuk menciptakan suasana yang baik agar tercapai keberhasilan proses mengajar. 
  3. harus memiliki dan melaksanakan proses pembelajaran dengan jujur dan profesional.
  4. harus berusaha untuk tetap memelihara hubungan baik antara orangtua serta masyarakat sekitar dengan tujuan membina peran serta dan rasa tanggung jawab untuk keberhasilan proses pembelajaran.
  5. Setiap baik secara pribadi maupun bersama – sama harus mengembangkan serta meningkatkan mutu untuk kemajuan profesinya. 
  6. Dalam hal profesi, guru harus memelihara hubungan profesi dengan baik diikuti semangat kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial. 
  7. Guru juga harus berusaha untuk mendapatkan informasi terkait didik dengan tujuan untuk melakukan proses bimbingan serta proses pembinaan dengan baik. 
  8. Para guru dengan organisasi profesi dalam hal ini PGRI secara bersama – sama memelihara serta bertujuan untuk meningkatkan mutu organisasi profesi untuk sarana serta sarana pengabdian. 
  9. Peran guru juga harus ikut serta dalam segala yang ditetapkan oleh pemerintah terutama dalam hal guna mendukung tujuan .

 

Baca juga  Cara Menghilangkan Rasa Malas Ketika Ingin Belajar

Bentuk Pelanggaran Guru

Kenali Kode Etik Guru dalam Menjalankan Tugas Profesi

Setelah anda tahu tentang 9 guru, apakah seorang guru bisa melakukan pelanggaran dan bagaimana sanksi yang diberikan oleh organisasi profesi jika seorang guru melanggar ?

Pelanggaran pertama, misalnya seorang guru bertindak sebagai penguasa sehingga membuat harus mengikuti aturan serta apabila seorang melanggar atau tidak mengikuti peraturan maka nantinya guru akan memberikan sanksi.

Hal ini merupakan jenis pelanggaran yang sering terjadi di lingkungan kependidikan hal ini sebenarnya bukan hal yang benar karena pada dasarnya proses mengajar merupakan salah satu untuk membentuk jati diri setiap bukan berarti untuk mengancam harus mengikuti segala perintah yang diberikan oleh gurunya.

Pelanggaran kedua, seorang guru memperlakukan dengan tidak tepat hingga akhirnya tersebut memiliki perilaku menyimpang.

Guru merupakan suri tauladan bagi setiap muridnya untuk itu setiap tingkah laku yang dilakukan oleh guru harus dipikirkan dengan baik dan matang.

Seorang apalagi yang masih dalam usia cenderung melakukan hal yang dilihatnya. Apabila seorang guru melakukan tindakan menyimpang, bukan hal yang aneh jika nantinya seorang akan mengikutinya.

Untuk itu dibutuhkan profesi guna menghindari pelanggaran yang memberi efek buruk kepada peserta didik. 

Pelanggaran ketiga, guru mencontohkan perilaku tidak jujur. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa guru artinya seorang pendidik yang setiap tindakannya akan diperhatikan dan ditiru oleh .

Apabila seorang guru melakukan hal yang kurang baik misalnya perilaku yang tidak jujur contohnya mencuri waktu mengajar, melakukan manipulasi nilai, hingga pilih kasih diantara siswanya maka akan sangat berpengaruh untuk nantinya. 

Pelanggaran keempat, seorang guru yang tidak memberikan ruang untuk kreativitas akan mematikan kreativitas seorang tersebut.

Padahal tujuan guru yakni mendidik sesuai dengan bakat yang dimiliki agar lebih mengenal dirinya sendiri.

Banyak didik yang takut untuk mengungkapkan pendapatnya karena sering dimarahi oleh guru. Dalam hal ini tujuan organisasi profesi yakni berusaha menertibkan hal – hal yang menyimpang dari organisasi profesi. 

 

Baca juga  Sistem Pendidikan di Indonesia. Bukannya Membantu Sukses Malah Membuat Stres. Benarkah?

Sanksi Pelanggaran

Kenali Kode Etik Guru dalam Menjalankan Tugas Profesi

Kode etik merupakan sebuah etika yang memiliki landasan hukum.

Apabila guru terbukti melakukan pelanggaran kode etik maka akan ada beberapa sanksi yang akan diberikan oleh organisasi profesi. Misalnya Guru bisa ditegur hingga bisa diberhentikan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan