Kohler, Area Rural Berusia 100 Tahun Lebih yang Didirikan oleh Sponsor Manchester United

Kohler, Area Rural Berusia 100 Tahun Lebih yang Didirikan oleh Sponsor Manchester United

Kohler, merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang bergerak di bidang manufaktur yang didirikan pada tahun 1873.

Pada Juli 2018, perusahaan ini menjalin kerjasama dengan salah satu klub sepakbola terbesar, Manchester United.

Berdasarkan kesepakatan, logo Kohler akan terpampang di bagian lengan jersey Manchester United mulai dari musim 2018/19.

Cristiano Ronaldo, Paul Pogba, dan Bruno Fernandes mengenakan jersey Manchester United dengan logo Kohler di bagian lengan kiri. Sumber gambar: kohlerasiapacific.com
Cristiano Ronaldo, Paul Pogba, dan Bruno Fernandes mengenakan jersey Manchester United dengan logo Kohler di bagian lengan kiri. Sumber gambar: kohlerasiapacific.com

Produk-produk yang dihasilkan perusahaan Kohler atau Kohler Company antara lain adalah pipa leding, furnitur, lemari, ubin, mesin motor, dan generator.

Berdasarkan data pada tahun 2019, Kohler mempekerjakan sekitar 40.000 pegawai di seluruh dunia.

Perusahaan ini memiliki banyak pabrik di seluruh dunia, dan salah satunya berada di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Bekasi.

Cover buku tentang sejarah area rural Kohler dari tahun 1912-2012. Sumber gambar: twitter @ResearchCenter2
Cover buku tentang sejarah area rural Kohler dari tahun 1912-2012. Sumber gambar: twitter @ResearchCenter2

Sementara, markas pusat Kohler berada di area rural bernama Kohler, negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat.

Perusahaan yang bermarkas di tempat yang bernama sama dengan nama perusahaan itu sendiri? Tidak mengherankan, karena Kohler sendiri didirikan oleh perusahaan Kohler.

Kohler disebut sebagai salah satu “village”, yang berada di County Sheboygan, Wisconsin, di sepanjang sungai Sheboygan.

Oleh saya sebagai penulis ulasan ini, istilah “village” ini saya terjemahkan sebagai “area rural”.

“Village” dalam Pembagian Wilayah Administratif Negara Bagian Wisconsin, Amerika Serikat

Dalam negara bagian Wisconsin, terdapat beberapa macam wilayah administratif. Wilayah tersebut adalah “county”, “city”, “town”, dan “village”.

Wilayah administratif tersebut tidak berdasar pada populasi penduduk atau area, namun lebih berdasar pada pemerintahan yang dipilih oleh penduduk setempat dan disahkan oleh Wisconsin State Legislature.

Letak negara bagian Wisconsin (berwarna merah) di negara Amerika Serikat. Sumber gambar: wikimedia.org
Letak negara bagian Wisconsin (berwarna merah) di negara Amerika Serikat. Sumber gambar: wikimedia.org

Di Wisconcin, sebuah “village” atau “area rural” adalah sebuah area otonomi yang berada di satu atau lebih county.

Area rural menyediakan berbagai macam pelayanan, dan mempunyai hak tertentu atas “home rule” dan yurisdiksi perpajakan. “Home rule” sendiri adalah istilah untuk pemerintah dari penduduk sendiri dari suatu koloni, tergantung pada negara, atau wilayah mereka.

Baca juga  6 Pemain Kunci Di Balik Kesuksesan Liverpool Menjadi Juara EPL 2019-2020

Di Wisconsin, untuk pendirian suatu area rural, sebuah komunitas harus memiliki setidaknya 150 warga jika komunitas tersebut berada di daerah pedesaan, atau setidaknya 2500 warga jika komunitas berada di daerah perkotaan.

Otoritas “home rule” yang diberikan kepada area rural membuat area rural dapat membuat keputuasan sendiri atas urusan-urusan mereka, administrasi, dan banyak kebijakan publik.

Namun tentu saja, keputusan itu harus selaras dengan hukum negara.

Area rural dipimpin oleh seorang “Village President” atau Presiden dan sebuah “Board of Trustess” atau Dewan Pengawas.

Para perangkat area rural adalah presiden, sekretaris, bendahara, dan penilai. Area rural juga dapat memilih untuk mengangkat “village manager” untuk mengawasi operasi sehari-hari pemerintahan alih-alih memberi mandat ke presiden desa.

Pada tahun 2015, 9 area rural memilih opsi ini, dan 77 area rural mengangkat “village administrator”. Pada tahun 2015, total ada 407 area rural di Wisconsin.

Geografis dan Sejarah Area Rural Wisconsin

Berdasarakan koordinat geografis, area rural Kohler terletak di koordinat 43°44′18″N 87°46′52″W (43.738244, -87.781109). Seperti yang telah ditulis di atas, Kohler berada di County Sheboygan, Wisconsin, di sepanjang sungai Sheboygan.

Berdasarkan data United States Census Bureau, Kohler mempunyai total area sebesar 5,63 mil persehi atau 14.58 km2.

Dari area tersebut, 5.41 mil persegi atau 14.01 km2 merupakan daratan dan 0.22 mil persegi atau 0.57 km2 merupakan area perairan.

Berdasar sensus tahun 2010, populasi di Kohler mencapai 2120 penduduk. Data sensus tersebut dimasukkan ke data penduduk di Sheboygan, Wisconsin Metropolitan Statistical Area.

Lokasi area rural Kohler di negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat. Sumber gambar: wikimedia.org
Lokasi area rural Kohler di negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat. Sumber gambar: wikimedia.org

Pada mulanya, Kohler disebut sebagain Riverside yang berada di wilayah rural Town of Sheboygan, Wisconsin. Area rural Kohler didirikan pada tahun 1900 sebagai “planned community” atau “kota terencana”, ketika perusahaan Kohler mendirikan pabrik di lokasi tersebut.

Baca juga  Berapa Gaji Mezut Ozil Jika Benar ke Rans Cilegon

Area rural Kohler sendiri baru dibentuk dan ditetapkan dua tahun kemudian, atau pada tahun 1902.

Impian pengembangan Desa Kohler sebagai komunitas industri yang asri digagas oleh Walter J. Kohler. Walter kemudian bekerja dengan firma desain lansekap terkemuka Olmsted Bros.

untuk mengembangkan salah satu komunitas terencana pertama dan terbaik di Amerika Serikat. Arsitek lanskap terkenal, Frederick Law Olmsted, merupakan perancang Central Park New York dan pekarangan Biltmore Estate di Asheville, North Carolina.

Kantor pusat perusahaan Kohler, yang beralamat di 444 Highland Drive, area rural Kohler. Sumber gambar: wikimedia.org
Kantor pusat perusahaan Kohler, yang beralamat di 444 Highland Drive, area rural Kohler. Sumber gambar: wikimedia.org

Rumah-rumah asli di Kohler, mayoritas dibangun antara tahun 1917 hingga 1931, dan sekitar 95% dari rumah-rumah tersebut ditinggali oleh pemiliknya.

Perusahaan Kohler memiliki otoritas untuk menentukan desain akhir dalam pembangunan rumah dan gedung bisnis, juga pagar dan bangunan luar seperti gudang atau garasi di desa, untuk menjamin gedung-gedung tersebut dibangun dengan standar estetika tertentu.

Salah satu gedung bisnis yang dibangun misalnya adalah The American Club Resort and Hotel, yang pada tahun 1918 dibangun sebagai untuk asrama pekerja laki-laki perusahaan Kohler yang masih single¸ dan diubah menjadi hotel dan resort bintang lima pada tahun 1981.

Sebagai kota perusahaan, perusahaan Kohler merupakan perusahaan terbesar yang ada di area rural tersebut. Divisi perhotelan Kohler, yang terdiri dari The American Club dan resor golfnya, terdiri dari Blackwolf Run di Kohler dan Whistling Straits di lokasi di dekatnya bernama Haven.

Haven sendiri merupakan “unincorporated community” sehingga masih memakai alamat pos Kohler).

Divisi perhotelan tersebut, ditambah dengan real estat perumahan dan ritel senjata Kohler merupakan pemberi kerja di bidang barang dan jasa terbesar bagi area rural Kohler.

Baca juga  Ben Brereton, Pemain Berdarah Inggris Yang Membela Timnas Chili
Gerbang masuk The American Club yang beralamat di 419 Highland Drive, di area rural Kohler. Sumber gambar: wikimedia.org
Gerbang masuk The American Club yang beralamat di 419 Highland Drive, di area rural Kohler. Sumber gambar: wikimedia.org

Kohler memiliki dua area perbelanjaan utama, dengan pertokoan di Woodlake, Kohler di utara pusat area rural, dan Deer Trace di bagian sisi tenggara desa yang ekstrem di sepanjang jalur Wisconsin Highway 28.

Pada awal 2020-an, Aurora Health Care membuka rumah sakit pengganti untuk Aurora Sheboygan Memorial Medical Center di Union Avenue di sebelah timur I-43 di area rural Kohler, di utara kampus Acuity Insurance.

Pemogokan Pekerja

Pada tahun 1934, 1954 hingga 1965, 1983, dan 2015, United Auto Workers (UAW) dan serikat pekerja lainnya melakukan pemogokan terhadap Perusahaan Kohler.

Tiap kali pemogokan tersebut terjadi, terjadi gangguan besar dengan terbatasnya operasi area rural Kohler.

United Auto Workers (UAW) sendiri adalah serikat pekerja Amerika yang mewakili pekerja di Amerika Serikat (termasuk Puerto Rico) dan Kanada yang dibentuk pada tahun 1935.

UAW mulanya didirikan sebagai bagian dari Kongres Organisasi Industri (CIO) pada 1930-an, dan kemudian berkembang pesat dari 1936 hingga 1950-an.

Tokoh-Tokoh Penghuni Kohler yang Terkenal

Sepanjang sejarah Kohler, telah ada beberapa tokoh terkenal yang menghuni area rural tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jake Dickert, pelatih American Football
  • Walter Irlandia, anggota Majelis Negara Bagian Wisconsin dan pengusaha
  • David Kohler, presiden dan chief executive officer perusahaan Kohler
  • Herbert Kohler, Jr., industrialis
  • John Michael Kohler, Pendiri Perusahaan Kohler, industrialis, visionaris, filantropis
  • Walter J. Kohler, Sr., Politisi dan industrialis, Gubernur Wisconsin ke-26
  • Walter J. Kohler, Jr., Politisi dan industrialis, Gubernur Wisconsin ke-33
  • David Leitch, stuntman Hollywood dan sutradara film
  • Joe Wolf, pensiunan pemain NBA

Sumber-sumber Referensi & Gambar

  • amazon.com
  • destinationkohler.com
  • kohler.co.id
  • kohlercompany.com
  • kohlervillage.org
  • twitter @ResearchCenter2
  • visitsheboygancounty.com/kohler/
  • Wikipedia bahasa Inggris
  • wikimedia.org

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RK Awan

   

Tertarik bekerja sama membuat konten dengan saya? Bisa kirim DM ke akun twitter @RKAwan_47 atau kirim email ke kreasi.rk.awan@gmail.com.