Kompetisi Sepakbola Singapura Yang Memperbolehkan Klub Asing Bermain di Liga Utama Singapura


Kompetisi Sepakbola Singapura Yang Memperbolehkan Klub Asing Bermain di Liga Utama Singapura 1

Singapura sebuah negara yang berdekatan dengan negara tercinta Indonesia memiliki sejarah yang panjang khususnya di dunia olahraga sepakbola. inga[ia sendiri memiliki kompetisi sepakbola profesional yang tak kalah menarik dengan kompetisi Indonesia. Sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara, Singapura memiliki beberapa klub atau tim sepakbola yang bermain untuk Liga Primer Singapura, dan juga ikut andil dalam kompetisi di Asia, seperti Liga Champios Asia, maupun Piala AFC Champions Asia.

Yang menariknya lagi, di kompetisi sepakbola Singapura memperbolehkan klub asing dliluar wilayah singapura bermain di kompetisi sepakbola singapura, mengapa demikian? Bahwa sejak tahun 2003, kompetisi sepakbola Singapura memang melegalkan klub atau tim diluar Singapura untuk bermain di kompetisi sepakbola mereka.

Klub Peserta Liga Primer Singapura
Klub Peserta Liga Primer Singapura

Federasi sepakbola FAS, yang merupakan federasi sepakbola Singapura, ia mengungkapkan bahwa memang kehadiran klub luar singapura memang memberikan warna tersendiri di dunia sepakbola singapura, paling utama memberikan kualitas kompetisi yang lebih menarik dan kompetitif, dan bisa meningkatkan kompetisi secara baik, sejak sepakbola Singapura dimulai tahun 1995. memang sebelumnya sepakbola di Singapura masih bermain untuk kompetisi di Malaysia, dan piala Malaysia.

Albirex Niigata

Albirex Niigata
Albirex Niigata

Klub yang saat ini merajai kompetisi Liga Primer Singapura, yaitu Albirex Niigata, klub asal negeri samurai Jepang, dan telah beberapa tahun menguasai liga utama singapura. Selama tiga musim di Liga Singapura, Albirex Niigata telah mendapatkan 13 piala sejak tahun 2015 sampai tahun 2018, mereka diisi oleh klub dengan segudang pemain asal jepang, meskipun dua tim pribumi yang turut sukses meramaikan kompetisi Liga Singapura seperti Tampinens Rovers dan Warriors FC.

Sebagai sebuah klub asing terlama yang singgah bermain untuk Liga Singapura, sejak tahun 2005 merka tampil bagus berhasil menyaingin klub-klub lokal singapura, mkipun baru sukses di tahun 2015, kemampuan mereka tak terkalahkan oleh klub-klub singapura lainnya. Dua pemain singapura yang masuk skuad klub ini pun ikut andil di dalamnya, salah satunya pemain punggawa tim nasional Singapura.

Klub peserta Liga Primer Singapura
Klub peserta Liga Primer Singapura

Selain Albirex Niigata, klub asing lainnya yang berasal dari negara seperti Afrika, seta klub Perancis seperti Etoile pun ikut andil didalamnya, ada juga klub asing dari China, Malaysia, Korea Selatan maupun dari negara tetangga Brunei Darusalam. Meskipun klub asing ini menjuarai Liga Primer Singapura, namun mereka tak boleh bermain untuk kompetisi Liga Champions Asia, namun juara kedua lah seperti klub lokal yang akan ikut berpartisipasi di Liga Champiosn sia maupun kompetisi Regional lainnya di Asia maupun dunia.

Kompetisi Liga Singapura

Stadion Utama Singapura
Stadion Utama Singapura

Klub-klub asing akan selalu menghiasi kompetisi sepakbola singapura dalam beberapa waktu kedepan, tentunya dengan tujuan mendongkrak parsipasi penonton untuk tertarik melihat kompetisi sepakbola, yang merupakan olahraga terbesar di dunia, dengan mendatangkan klub-klub asing agar mereka lebih tertarik datang ke stadion, selain daripada mendatangkan pemain-pemain asing terkenala yang didatangkan meski dengan harga mahal, agar sepakbola singapura lebih semarak.

Video cuplikan pertandingan Liga Primer Singapura

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap