Konon, Amalan Shalawat Nabi Ini Bisa Mendatangkan Banyak Rezeki 

Konon, Amalan Shalawat Nabi Ini Bisa Mendatangkan Banyak Rezeki  1

Setiap orang mukmin dianjurkan untuk selalu mengimani dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Banyak metode bagi umatnya agar senantiasa bisa mengagungkan Rasulullah, salah satunya dengan cara mengamalkan shalawat kepada-Nya.

Konon, dengan cara mengamalkan shalawat kepada-Nya banyak keistimewaan atau manfaat yang akan didapatkan bagi umatnya. Seperti kisah Mami Qoriah, pedagang bakso keliling asal Kecamatan Toro, Kabupaten Grogotan, Jawa Tengah. 

Qoriah bercerita, awalnya ia tidak terlalu percaya dengan cara mengamalkan shalawat akan melapangkan rezeki hingga kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) bisa terisi dengan sendirinya. Mulanya, ilmu tentang faidah baca shalawat itu ia dapatkan dari dakwah Ustadz Muchlis Marshal, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang disiarkan langsung melalui akun channel YouTube-nya. 

Kala itu, diwaktu sepertiga malam Qoriah melaksanakan shalat tahajjud. Setelah itu, ia mencoba niatkan diri untuk mengamalkan shalawat dan berdo’a kepada-Nya. Ia berkata semoga melalui pelantara membaca shalawat Nabi ini dapat melancarkan usaha yang ditekuninya. 

“Setelah beberapa hari membaca shalawat dan setiap saat tidak pernah putus (bershalawat). Alhamdulillah, dagangan saya laris terus, bakso dagangan 10 kilogram (Kg) per harinya itu habis terus, nggak pernah tersisa,” cerita Qoriah dikutip dari Channel YouTube Muchlis Marshal, Jum’at, 27 November 2020. 

Bahkan, Qoriah menceritakan, ada orang yang menyangka bahwa dirinya bermain dukun, sebab ada keheranan lantaran jualan bakso miliknya selalu laris (habis). Namun perkataan yang dianggap (miring) itu ia hiraukan. 

“Saya abaikan mau orang ngomong apa yang penting saya tetap berdoa kepada Allah SWT. Dan yang saya rasakan wasilah membaca sholawat ini (dagangan) laris terus,” ucap Qoriah yang kental dengan nada Jawa-nya itu. 

 

Konon, Amalan Shalawat Nabi Ini Bisa Mendatangkan Banyak Rezeki  3

Selain itu, Qoriah juga sempat bimbang dengan kondisi ekonominya, di mana pada bulan Agustus lalu dirinya sempat kehabisan uang, bahkan ia hampir putus asa karena untuk membeli bensin (bahan bakar minyak) pun tidak ada.  

“Bulan Agustus itu saya nggak ada uang sama sekali. Niat saya ke ATM itu mau cek tabungan saya, ATM punya saya nggak pernah saya isi, nggak pernah dapat transferan. Begitu saya cek kok ATM ada isinya Rp1.380 ribu lebih, saya juga sempat kaget, sampai saya nangis segala pokoknya di situ (lokasi mesin ATM),” katanya.

Dilansir dari laman nu.or.id, bahwa ulama bersepakat atas banyak manfaat shalawat Nabi Muhammad SAW. Banyak dalil menunjukkan manfaat dan keutamaan membaca shalawat nabi. Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya menyebutkan faidah membaca shalawat.

“Ketahuilah, (pembacaan) shalawat Nabi Muhammad SAW mengandung banyak manfaat,” (Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya halaman 117). 

Sayyid Bakri Ad-Dimyathi kemudian menyebutkan secara rinci, sedikitnya ada 10 manfaat dan faidah pemcabaan shalawat nabi bagi umatnya yang bershalawat: 

  1. Mereka yang bershalawat memiliki kesamaan aktivitas dengan Allah SWT, yaitu bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW meski shalawat Allah dan shalawat umatnya memiliki makna yang berbeda.
  2. Mereka yang bershalawat memiliki kesamaan aktivitas dengan malaikat, yaitu bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. 
  3. Allah SWT secara mutlak bershalawat untuk umat Islam yang bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 
  4. Allah SWT membalas 10 kali shalawat kepada mereka yang bershalawat atas sekali pembacaan lafal shalawat Nabi Muhammad SAW. 
  5. Rasulullah SAW bershalawat untuk mereka yang bershalawat kepadanya.
  6. Mereka yang bershalawat mendapatkan 10 catatan amal kebaikan.
  7. Shalawat itu menutupi kesalahan dan kekhilafan mereka. 
  8. Shalawat itu mengangkat derajat mereka di sisi Allah.
  9. Shalawat itu menjadi sebab yang dapat mencukupi kepentingan duniawi dan ukhrawi mereka.
  10. Shalawat itu menjadi sebab atas pengampunan dosa mereka.

Sementara anjuran untuk membaca shalawat terdapat pada Surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Keutamaan membaca shalawat disebutkan dalam banyak riwayat. Hadits riwayat Imam Muslim menunjukkan keuntungan pahala bagi mereka yang bershalawat. Artinya, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

Banyak lagi dalil yang menunjukkan keutamaan shalawat nabi. Ini hanya sebagian riwayat hadits yang menunjukkan keistimewaan pembacaan shalawat tersebut. Wallahu A’lam.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Narasi Lebakpari