Kritik Atas Bahasa Asing Dalam Dialog Menggunakan Bahasa Indonesia


Kritik Atas Bahasa Asing Dalam Dialog Menggunakan Bahasa Indonesia 1

Era modern merupakan era yang sangat mempengaruhi kemajuan suatu negra. Pengaruh yang sangat besar dapat dilihat dari berkembangnya teknologi, informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang berusaha untuk mencapai kemajuan dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi sebagai bentuk tercapainya modernisasi masyarakat dalam pengolahan bidang-bidang itu. Memodernisasi masyarakat dalam pengolahan teknologi, informasi dan komunikasi di era modern ini tidak lagi untuk tidak dilakukan sebab perkembangan bidang-bidang itu sudah mengglobal sehingga negara Indonesia harus turut berpartisipasi dalam memodernisasi masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara. Perkembangan teknologi,informasi dan komunikasi di era modern ini menuntut keterbukaan untuk saling bekerja sama antar negara-negara di dunia dalam memodernisasikan masyarakat.

Keterbukaan negara Indonesia untuk bekerja sama dengan negara-negara lain untuk kemajuan dalam bidang teknologi,informasi dan komunikasi di era modern ini membuat bangsa Indonesia dituntut untuk mepelajari bahasa asing sebagai bentuk komunikasi dengan masyarakat luar negeri. Prihal ini dapat dilihat dari pendidikan bahasa asing yang diterapkan oleh negara Indonesia di sekolah-sekolah,baik di tingkat dasar hingga perguruan tinggi antara lain bahasa Inggris dan Jerman.

Penggunaan bahasa asing memanglah sangat penting di era modern ini. Namun yang menjadi suatu persoalan adalah penggunaan bahasa asing yang berlebihan sehingga melupakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan sebagai salah satu bentuk identitas negara yang paling mencolok bagi negara Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pencampur- adukkan bahasa Indonesia dan bahasa asing yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam dialog baik saat berbicara formal maupun non formal menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan memberi dampak yang sangat buruk bagi keberlangsungan bahasa Indonesia yang baik dan benar dari generasi ke generasi jika tidak diperhatikan. Ini menjadi PR yang harus dikerjakan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk persoalan ini.

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa dan negara Indonesia yang mampu mempersatukan sekian banyak bahasa yang ada di Indonesia yang disebut sebagai negara yang multikultural. Apa jadinya jika bahasa pemersatu itu perlahan kian memudar akibat penggunaan bahasa asing yang berlebihan? Inikah identitas bangsa yang perlahan memudar? Ataukah para pemuda sudah lupa akan sumpah pemuda? Pertanyaan ini sebenarnya sangat memalukan bagi orang-orang yang menganggap diri sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia.

Bahasa asing yang dipakai saat berdialog menggunakan bahasa Indonesia seharusnya tidak boleh dilakukan. Hal ini bisa mengurangi semangat nasionalis untuk mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa yang dikenal sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia yang sangat mencolok. Jika dilakukan terus-menerus,maka kesalahan besar akan terjadi yakni mulai hilang kata-kata asli bahasa Indonesia dari generasi ke generasi.

Pemerintah seharusnya mengambil perhatian khusus dalam penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat. Pendidikan bahasa Indonesia yang tepat harus diperketat sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh bahasa asing. Selain itu masyarakat juga harus sadar untuk mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa sendiri karena bahasa Indonesia mampu mempersatukan sekian banyak bahasa yang ada di negara Indonesia tercinta ini. Inilah yang dinamakan partisipasi masyarakat dalam semangat nasionalis dalam tantangan era modern yang mengharuskan masyarakat untuk mempelajari bahasa asiang sebagai bentuk pemodernisasian masyarakat.

Berada di era modern bukan berarti identitas bangsa harus diabaikan. Setidaknya sebagai warga negara yang mencintai negaranya, masyarakat harus berpartisipasi untuk terus memperjuangkan keaslian dirinya sendiri dan mampu menyeleksi apa yang masuk dan mempengaruhi identitasnya dari luar sehingga modernisasi dapat berjalan sesuai dengan identitas bangsa.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

chelvin sosa

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap