Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 1

BABAK Kualifikasi Piala Dunia 2022 di wialayah zona Asia berlangsung menarik dengan beberapa tim meraih raihan bagus sementara ada tim yang juga mengalami nasib tak baik.

Babak kualifikasi berlangsung hingga pertandingan kelima ini, dengan empat tim dari dua tim peringkat teratas di masing-masing grup, yang terbagi kedalam dua grup, Grup A dan grup B akan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sementara peringkat ketiga dari masing-masing grup harus melakoni babak play off agar bisa lolos ke putaran final.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 3

Sampai dengan pertandingan kelima, sejumlah tim mengalami nasib berbeda beda, ada yang semakin kokoh di puncak klasemen, namun ada juga yang semakin memperoleh hasil tidak baik.

Grup A

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 4

Sementara persaingan di Grup A  kualifikasi zona Asia sendiri, posisi pertama masih kokoh ditempati oleh wakil timur tengah, Iran yang tetap konsisten meraih hasil baik, dengan raihan 13 angka dari total lima pertandingan yang sudah dijalani.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 5

Hasil dari empat kali kemenangan dan satu kali hasil imbang, namun Iran masih tetap belum terkejar oleh peringkat kedua Korea Selatan yang mengemas 11 poin selisih dua poin dari Iran.

Korea Selatan sukses meraih hasil positif di pertandingan kelima, menang dengan skor tipis atas Uni Emirat Arab (UEA), dan skor 1-0 membuat Korsel menjaga peringkat kedua setelah tak mungkin terkejar oleh Lebanon yang berada di urutan ketiga klasemen.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 6

Sementara tim lain di Grup A, seperti Lebanon sudah sulit untuk mengejar urutan ke dua Korsel, setelah baru baru saja mereka hanya mengemas 5 poin dari total lima pertandingan yang mereka jalani.

Tim lain Iraq menyusul di urutan ke empat dengan raihan empat poin, dan masih berkesempatan meraih posisi ketiga. Di posisi kelima ada Uni Emirates Arab, hasil kekalahan atas Korsel 1-0 membuatnya kian memburuk harus menempatkan mereka di peringkat kelima dengan raihan 3 poin, kemudian nasib tak baik dialami oleh Suriah yang harus terbenam di dasar klasemen setelah hanya mengemas dua poin dari hasil lima pertandingan yang mereka jalani.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 7

Grup A bisa dibilang tak begitu seimbang, pasalnya dua tim jagoan masih tertinggal jauh secara kualitas dari empat tim secara notabenenya berada jauh menurut peringkat FIFA.

Grup B

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 8

Sementara di grup B, merupakan grup berat karena mayoritas diisi oleh tim besar, Arab Saudi, Australia, dan Jepang yang merupakan tiga tim langganan langganan Piala Dunia, ketiganya harus berjibaku demi mendapat peringkat terbaik di klasemen, dan pastinya meraih tiket lolos ke putara final.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 9

Arab Saudi masih merajai di zona Asia di grup B, setelah dipertandingan kelima mereka makin kokoh di peringkat pertama dengan raihan 13 angka. Di urutan kedua ditempati oleh Australia yang memperoleh 10 angka selisih tiga angka dari pemuncak.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Makin Kokoh, Vietnam Bagaimana 10

Sementara langganan Piala Dunia lainnya Jepang justru berada di urutan ketiga dengan raihan 9 poin, diperingkat keempat ada Oman dengan raihana 7 poin, diperingkat kelima ada China PR yang memperoleh 4 poin, dan satu satunya wakil Asia Tenggara, Vietnam harus menelan hasil yang tak baik, dan belum memperoleh poin selama lima pertandingan yang mereka jalani dan membuatnya berada di dasar klasemen.

Vietnam merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, meski saat ini berada di zona kurang baik.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Endri Setyawan