Kulit Telur Ternyata Ampuh untuk Membasmi Tikus & Kecoa !


tikus & kecoak

Membasmi tikus dan kecoa dengan menggunakan pestisida atau bahan-bahan kimia lain memang bisa dilakukan, karena berbagai jenis obat pembasmi serangga dapat dengan mudah ditemui di toko-toko dan dengan harga yang relatif murah.

Persoalannya, sekecil apapun obat pembasmi tikus dan kecoa yang menggunakan bahan-bahan kimia, termasuk pestisida, akan memberi dampak yang tidak baik bagi kesehatan, bahkan cenderung membahayakan.

Ada salah satu cara yang praktis, efektif, bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali dalam membasmi tikus dan kecoa, juga berbagai jenis serangga yang lain, yakni dengan memanfaatkan kulit atau cangkang telor.

Kulit Telur Ternyata Ampuh untuk Membasmi Tikus & Kecoa ! 1

Berikut cara membasmi tikus dan kecoak dengan menggunakan kulit telur yang dapat dipraktikkan:

Langkah pertama adalah dengan mengumpulkan kulit telur, kemudian menyimpan kulit telur tersebut hingga kering, atau jika ingin cepat kering, dapat dijemur di bawah terik matahari.

Kulit telur yang telah kering tersebut, selanjutnya digiling sampai halus atau sampai berbentuk serbuk atau bubuk. Letakkan serbuk kulit telur tersebut pada tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus dan kecoak, atau jenis serangga lain yang tidak kita kehendaki kehadirannya.

Dengan adanya taburan serbuk kulit telur, tikus, kecoak dan serangga-serangga tersebut dengan sendirinya akan menjauh.

Bisa juga serbuk tersebut akan dimakan. Jika hal tersebut yang terjadi, biasanya serangga-serangga tersebut akan menggeliat, kemudian bergerak kesana-kemari secara acak dan tidak terkendali, sebelum akhirnya mati.

Kulit Telur Ternyata Ampuh untuk Membasmi Tikus & Kecoa ! 2

Khasiat kulit telur dalam membasmi tikus, kecoa dan berbagai macam jenis serangga tersebut disebabkan karena kulit atau cangkang telur mengandung kalsium yang merupakan musuh utama serangga. Itu sebabnya, kulit telur juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan alternatif untuk menggantikan pestisida yang dipakai dalam pertanian.

Caranya hampir sama, yakni dengan menggiling kulit telur hingga menjadi bubuk, dan menaburkan bubuk tersebut di sekitar daun atau bagian tanaman lainnya yang dimakan ulat atau diserang oleh hama-hama pertanian lainnya, seperti siput, keong, semut, molusca, kutu, kumbang, dan sebagainya.

Bisa juga bubuk kulit telur ditaburkan di atas permukaan tanah yang menjadi tempat tumbuh tanaman. Dengan cara tersebut, hama tanaman akan terbasmi dengan tanpa menimbulkan risiko, baik pada tanaman maupun pada diri petani. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments