Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu!

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 1

Kulit sensitif merupakan kulit yang sangat reaktif dibandingkan jenis kulit lainnya. Pemilik kulit wajah sensitif sangat paham bagaimana sulitnya merawat kulit, hal ini dikarenakan banyak sekali aturan yang harus dilakukan agar terhindar dari iritasi seperti kulit memerah, gatal, terbakar, dan kering.

Untuk itu, silahkan lakukan 5 hal berikut ini untuk menambah pengetahuan kamu dalam menjaga dan merawat kulit sensitif agar kesehatan kulit wajah selalu terjaga.

1. Perlakukan Wajah Dengan Lembut

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 3

Pada lapisan terluar kulit atau biasanya disebut dengan epidermis, terdapat skin barrier yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai zat berbahaya serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Bagi pemilik kulit sensitif, penting untuk menjaga skin barrier yang diibaratkan sebagai tameng kulit.

Pakailah produk kecantikan kesayanganmu dengan lembut dan hindari menggosok wajah, sebab apabila kamu memperlakukan kulitmu dengan kasar, skin barrier dapat rusak. Ketika skin barrier kita rusak, kulit akan mudah sekali terkena iritasi, sering berjerawat, kering, dan lain sebagainya.

2. Cermat Dalam Mengatur Pola Makan

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 4

Merawat kulit sensitif tidak hanya dari produk luar yang kita gunakan, tetapi juga apa yang tubuh kita konsumsi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa gorengan, makanan manis, dan makanan berlemak sangatlah menggoda. Tapi bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, hal ini dapat menimbulkan masalah bagi kulit kamu karena makanan-makanan tadi membuat kulit rentan mengalami peradangan. Banyaklah makan sayur dan buah-buahan karena mereka mengandung nutrisi yang baik bagi kulit. Selain itu, agar kulitmu terhidrasi dengan baik, minumlah air yang banyak.

3. Carilah Produk Dengan Label Hypoallergenic

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 5

Kulit sensitif sangat reaktif terhadap bahan kimia, pewarna, dan wewangian sehingga Kamu perlu mempertimbangkan berbagai kandungan yang terdapat pada produk perawatan kulit. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang berlabel hypoallergenic untuk mencegah reaksi buruk pada kulitmu. Hypoallergenic merupakan label dalam sebuah produk yang menyatakan bahwa kandungan yang ada pada produk tersebut tidak mudah menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. 

4. Perkuat Basic Skincare

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 6

Penting bagi kita untuk memiliki basic skincare seperti face wash, moisturizer, dan sunscreen yang dikhususkan untuk kulit wajah sensitif. Gunakanlah produk seminimalis mungkin, jangan terlalu banyak layering skincare karena hal ini justru dapat menimbulkan iritasi apabila terdapat kedua kandungan produk yang tidak dapat dipakai bersamaan. 

Perlu diketahui bahwa mencari skincare yang cocok membutuhkan trial and error, jika kamu memakai produk yang menyebabkan iritasi, segera hentikan penggunaan atau kunjungi dokter kulit agar iritasi tidak semakin memburuk.

5. Jangan Menyentuh Wajah, Apalagi Dengan Tangan Kotor!

Kulit Wajah Kamu Sensitive? Simak Perawatan Kulit yang Tepat Untukmu! 7

Menyentuh wajah dengan tanganmu sama dengan memindahkan kotoran dan bakteri dari ke wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, hal ini sangat memicu munculnya jerawat. Gak mau kan muncul jerawat hanya karena kamu malas mencuci tangan dan tidak memperhatikan kebersihan wajah? Oleh karena itu, jagalah tanganmu agar tidak usil menyentuh wajah. Jika kamu diharuskan menyentuh wajah, pastikan tangan kamu sudah bersih, ya!

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.