Kunci Sukses dengan Berbudaya Adaptif


Kunci Sukses dengan Berbudaya Adaptif 1

Dunia semakin maju dan berkembang seiring berjalannya jaman. Beberapa puluh tahun silam kita masih belum mengenal macam-macam teknologi, contoh beberapa diantaranya bahkan belum lahir dan merasakan bagaimana tradisionalnya sebuah lingkungan dibeberapa wilayah. Dari segi komunikasi dan interaksi, sosial dan budaya, gaya hidup, teknologi, dan lain-lain.

Banyak sekali orang diantara kita khususnya para orang tua yang mengalami jaman dulu yang sangat berbeda dengan jaman saat ini. Salah satunya dengan perkembangan teknologi yang membuat mereka seakan mau tidak mau harus mengikutinya, bisa tidak bisa mereka juga akan bisa atau bahkan hanya sekedar mengetahuinya saja.

Namun hebatnya, banyak yang merasa senang mengikuti dan bisa merasakan perkembangan dan kemajuan jaman sehingga banyak hal baru yang bisa dipelajari, akhirnya mereka berlomba-lomba untuk selalu mengetahui apa saja yang sedang trend di masa kini. Walau tidak sedikit pula yang acuh tak acuh bahkan bodo amat terhadap teknologi dan gaya hidup apa yang sedang dihadapi saat ini.

Berbicara mengenai teknologi yang semakin gila di tahun ke tahunnya sekarang ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang baru untuk bisa dipergunakan atau memudahkan banyak orang. Disisi lain ada juga perusahaan yang menjadi konsumen dalam menggunakan sistem-sistem baru yang diciptakan oleh negara-negara maju diluar sana.

Sehingga baik perusahaan yang lingkupnya kecil atau juga besar dituntut untuk memiliki budaya adaptif atau bisa menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini dengan mengelola atau mengatur sistem organisasi yang lebih efektif dan juga efisien.

Kunci Sukses dengan Berbudaya Adaptif 3

Budaya adaptif adalah budaya sebuah organisasi atau perusahaan (corporate culture) yang mana karyawan didalamnya mampu menerima dan mengikuti perubahan jaman yang ada, baik secara internal atau eksternal yang berkelanjutan. Budaya adaptif akan merubah perusahaan lebih efektif dan efisien ketika karyawan bisa menerima perubahan dengan open minded atau dengan pemikiran terbuka.

Ketersediaan yang memiliki kemampuan baik berbudaya adaptif akan mendorong perusahaan atau organisasi ke arah yang lebih baik, tidak ketinggalan jaman, dan berkembang dengan seiring gaya dan sosial budaya yang seharusnya.

Karyawan atau sumber daya manusia yang menjadi kunci sukses berkembangnya sebuah perusahaan atau organisasi menjadi tolak ukur kemajuan perusahaan, sehingga didalamnya akan terdapat seorang pemimpin yang mampu mengatur arah kemana perusahaan akan berjalan. Seorang pemimpin yang berbudaya adaptif akan memiliki tingkat komunikasi yang optimal.

Hal itu yang akan menjadi kesimpulan para sumber daya manusia untuk menularkan rasa optimis dalam meraih tujuan perusahaan, untuk lebih baik dari hari ke hari. Seorang pemimpin dikatakan berhasil saat tim-nya mampu memiliki kinerja efektif dan efisien dalam mencapai sasaran.

Peran seorang pemimpin yang berbudaya adaptif sangat diutamakan untuk perusahaan yang semakin berkembang, selain memiliki output yang baik untuk eksternal namun internalnya sendiri harus bisa menjaga agar tetap kuat dan mampu menghadapi perubahan diluar dengan optimal.

Tidak mudah memang untuk berbudaya adaptif, namun dengan teknologi yang ada saat ini kita bisa belajar hal yang akan membuat perusahaan atau organisasi semakin lebih baik setiap harinya dan bisa menciptakan efektivitas yang meningkat. Berubah sedikit demi sedikit itu lebih baik, dibanding tidak memiliki perubahan sama sekali.

Terkadang itulah yang menjadi syarat perusahaan dalam me-recruit calon karyawan yang akan dipilih, mereka yang mau mencoba untuk sesuatu yang baru dan mampu menghadapi resiko dengan tujuan yang baik bagi perusahaan.

Jadi budaya adaptif ini adalah kunci sukses kita untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang bisa membawa perusahaan atau organisasi ke arah yang lebih baik atau bahkan membuat perubahan untuk dunia semakin maju.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap