Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 1

Game FPS atau singkatan dari First Person Shooter merupakan sebuah bentuk genre video games yang memusatkan (field of view) dari perspektif orang pertama. FPS juga memiliki pengertian lain sebagai frame rate per-second yang dapat diartikan sebagai visual atau gambar yang akan ditampilkan dalam display selama satu detik.

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 3

Biasanya orang-orang yang memainkan game ini akan melihat dan mengalami sebuah bentuk aksi dari sudut pandang atau perspektif tokoh protagonis. Game FPS sendiri sekarang terbagi menjadi dua sub-genre yang terdiri dari PvP yaitu Player vs Player dan genre looter-shooter, yaitu bentuk genre yang memadukan elemen RPG didalamnya kemudian dikemas dalam bentuk tembak-tembakan.

Genre dari video games ini berpusat pada aksi berupa tembak-tembakan untuk bekerjasama menyelesaikan sebuah misi atau pertarungan antara player satu dengan player lainnya. Mereka ditempatkan di tim berbeda dan memiliki misi yang berbeda tujuan. 

Bomb Mission Mode

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 4

Contoh paling sederhana yaitu Bomb Mission. Tim di sisi A harus mencegah tim B meletakan dan mengaktifkan bom untuk menghancurkan suatu tempat/lokasi yang menjadi target dalam misi tim B. Ketika tim B berhasil mencapai lokasi dan memasang bom, maka tim A harus segera menjinakkan bom tersebut dalam beberapa menit agar bom tidak meledak. Saat itu tim B akan dalam posisi defense dan memastikan tim A gagal menjinakkan bom. Dalam misi ini masing-masing player biasanya tidak diberi kesempatan untuk respawn atau hidup kembali di markas masing-masing tim ketika mereka mati karena tertembak oleh player musuh.

Capture Point Mode

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 5

Kemudian ada bentuk misi lain seperti Capture Point dimana tim pertama yang berhasil menempati point dan menjaga progres capture point sampai 100% maka tim mereka yang menang. Saat misi berlangsung setiap player akan saling menembak menjatuhkan player lainnya agar tim bisa mengambil alih point dan memenangkan permainan. Jumlah match untuk satu kali bermain biasanya berjumlah 3 poin, dimana tim yang berhasil merebut 2 poin diawal maka tim itu yang akan menang. 

Escort Payload Mode

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 6

Misi unik lainnya tersedia dalam mode menjaga atau mengawal payload sampai ketitik tujuan. Tim A harus pergi ke titik lokasi dimana payload itu berada sedangkan tim B akan dalam mode defense di lokasi tersebut agar payload tidak diambil alih oleh tim A. Jika tim B gagal di misi pertama, maka akan muncul misi kedua yaitu mencegah tim A untuk mengantarkan payload ke lokasi terakhir. Bentuk payload atau bisa disebut sebagai muatan dalam setiap game berbeda-beda. Ada dalam bentuk mobil, pesawat atau gerobak kayu yang didalamnya terdapat benda emas atau penumpang VIP yang dicurigai sebagai tokoh antagonis dalam misi.

Elimination Mode

Kupas Habis Apa Itu Games FPS Beserta Misi-Misinya 7

Dan ada bentuk paling klasik dari sebuah game FPS ini yaitu Elimination, tim yang paling banyak mendapatkan score ketika berhasil menembak jatuh player yang berada di tim lain maka tim player tersebut yang akan memenangkan permainan. Mode PvP ini yang paling disenangi oleh rata-rata gamers FPS karena misinya yang terbilang simpel tanpa harus melakukan suatu misi khusus. Dalam mode ini player harus bisa membuat gambaran dimana posisi musuh dan segala kemungkinan yang akan terjadi ketika mereka berusaha menyerang. Tidak sedikit player yang memberanikan diri untuk pergi kebagian belakang tim musuh dan menembak mereka dari belakang agar player musuh mati. Taktik ini juga biasanya disebut sebagai flanking. Tim akan dibagi menjadi 2 bagian dimana tim 1 akan menembak tim musuh dari depan sedangkan tim 2 akan menembak dari bagian belakang tim musuh.

Itulah bahasan singkat apa itu game FPS dan beberapa mode yang disuguhkan dalam gamenya. Game FPS juga punya daya tariknya sendiri didunia video games karena cukup memacu adrenalin ketika memainkannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ai