Kuroshitsuji: Fandom Yang Berhenti Ber-Teori

kuroshitsuji

Kalian para otaku pasti pernah mendengar tentang anime yang satu ini. Kuroshitsuji atau Black Butler ini adalah anime yang viral pada tahun 2008.

Kuroshitsuji menceritakan tentang seorang bocah bangsawan bernama Ciel Phantomhive yang bekerja sebagai anjing penjaga Ratu, seorang bangsawan kegelapan yang mengatur dunia bawah Inggris. Ciel dibantu oleh pelayan berpakaian serba hitam bernama Sebastian Michaelis, koki nya yang bernama Baldroy, pelayan wanita bernama Meyrin, serta tukang kebunnya yang bernama Finnian. 

Anime ini berlatar pada tahun 1889 di Inggris, dimana Victoria masih menjadi Ratu Inggris. Alur dari anime ini pun sangat menarik. Yana Tobosho membuat beberapa cerita yang juga berdasarkan cerita nyata yang terjadi di Inggris pada waktu yang berdekatan, diantaranya adalah Jack The Ripper dan Titanic.

Kuroshitsuji memiliki banyak sekali hal-hal yang cukup aneh dan janggal pada anime dan manga. Hal ini lantas membuat para fans memiliki banyak sekali teori berdasarkan hal-hal janggal tersebut beserta bukti-bukti yang mereka temukan dari anime, maupun manga.

Beberapa teori yang dibuat fans antara lain:

  1. Asal nama tukang kebun, Finnian
  2. Wujud asli Sebastian bukanlah burung gagak
  3. Ciel memiliki kembaran

Teori-teori ini begitu terkenal, terutama teori nomor 3.

Panel Manga Kuroshitsuji
Panel Manga Kuroshitsuji
Screenshot anime Kuroshitsuji
Screenshot anime Kuroshitsuji

Anime Kuroshitsuji dibuka dengan seorang anak kecil yang sedang menjalin kontrak pada entah siapa, karena hanya terdengar suaranya saja. Terdapat beberapa potongan scene bahwa Ciel diseret paksa keluar dari dalam kurungannya, Ciel terbaring diatas altar, namun Ciel juga berteriak “Aku akan membalas siapapun yang melakukan ini pada kami.”

Jujurlah, kalian yang sudah menonton animenya pasti heran maksudnya apa. Dia mati di atas altar, tapi dia juga akan membalas dendam?

Pada gambar kedua pun dapat kita lihat bahwa pertama Ciel ada di sebelah kiri, dan kedua dia ada di sebelan kanan. Pertama dia begitu malu, dan kedua dia begitu percaya diri.

Bagaimanapun….

Pada tahun 2017, Yana Tobosho mengkonfirmasi bahwa Ciel memang memiliki kembaran!

Ciel dan Kembarannya
Ciel dan Kembarannya

Munculnya kembaran Ciel ini tentu saja membuat para fans heboh bukan main. Terutama karena tokoh baru yang muncul (kanan) ini yang mengaku sebagai Ciel Phantomhive yang asli. Ciel asli ini segera merebut semua hasil jerih payah Ciel kita (kiri) tanpa basa-basi, bahkan berusaha menjebloskannya ke dalam penjara.

Setelah kemunculan Ciel asli ini, fans hanya fokus pada 1 teori yang berharap akan dikonfirmasi secepatnya oleh Yana-sensei, yaitu adalah nama asli dari Ciel (kiri).

Nama ‘Ciel’ berarti langit biru. Berdasarkan hal tersebut, para fans membuat daftar nama yang dibuat para fans dan dianggap cocok:

  1. Elic, yang merupakan anagram dari nama Ciel yang memiliki arti proteksi.
  2. Astre, merupakan nama sebuah bintang. Fans berteori bahwa dengan berbagai macam nama-nama bintang yang digunakan Yana-sensei sampai saat ini, nama dari ‘Ciel’ kita adalah sesuatu yang berhubungan dengan bintang
  3. Lune, yang berarti bulan
  4. Noel, yang berarti Natal
  5. Finnian
Kuroshitsuji Cover chapter 132
Kuroshitsuji Cover chapter 132

Finnian atau Fenian (sesuai dengan buku yang dipegang ayah si kembar ini) berisi kisah tentang seorang Fionn dan Fianna warriors yang selalu melarikan diri karena Fionn merupakan anak dari seorang anak yang membunuh ayahnya sendiri.

Pendukung dari teori ini dapat kalian tonton pada Kuroshitsuji: Book of Circus, dimana ‘Ciel’ kita memperkenalkan dirinya sebagai Finnian pada Joker daripada jutaan nama lain yang bisa ia gunakan. Selain dari itu, masih banyak lagi bukti-bukti yang menunjukkan bahwa nama ‘Ciel’ kita ini mungkin adalah Fenian atau Finnian. Ayahnya mengatakan bahwa ‘Ciel’ memiliki nama yang sangat jarang digunakan, dan merupakan nama yang sebenarnya (kurang lebih) dilarang penggunaannya di Inggris. Dari sekian banyak nama yang menjadi teori, nama Finnian atau Fenian ini masuk ke dalam kategori ini. Meskipun begitu, sampai saat ini fans hanya percaya bahwa kemungkinan nama dari ‘Ciel’ adalah Astre.

Pada 2020 lalu, Yana-sensei memberikan clue bahwa nama dari ‘Ciel’ kita ini terdiri dari 4 huruf (sepertinya huruf Katakana). Astre dalam katakana menjadi A-su-tu-re. Dan Finnian atau Fenian menjadi Bi-ni-a-n, yang juga 4 huruf.

Tak kunjung ada konfirmasi selama lebih dari 3 tahun, fans Kuroshitsuji pun menjadi sepi bagai kuburan. Tidak ada lagi adu teori beserta panel-panel manga pendukung. Tidak ada lagi adu argumen tentang kelanjutan dari manga di chapter selanjutnya. Yang dilakukan para fans hanya sekedar berbagi fanart dan spoiler dari chapter selanjutnya. Itu pun sangat jarang dilakukan karena manga Kuroshitsuji hanya terbit satu bulan sekali setiap tanggal 18.

Buat kalian yang sudah membaca manga chapter 173, ada teori yang ingin disampaikan? Silahkan tulis di kolom komentar! Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat !

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent