Kutub Utara Dan Kutub Selatan, Apa Bedanya?

Kutub Utara Dan Kutub Selatan, Apa Bedanya?

Tahukah Anda perbedaan antara utara dan selatan? Mengapa bisa ada terbentuk utara dan selatan? Mari kita lihat ulasan singkatnya di bawah ini!

Dua Bumi, yaitu Utara dan Selatan merupakan daerah yang paling dingin. Mengapa bisa dingin? Untuk menjawabnya kita harus melihat lebih jauh lagi karena jawabannya berhubungan dengan benda angkasa yaitu Matahari.

Seperti yang kita tahu, Bumi mendapat cahaya dan udara panas dari sinar matahari. Dan Bumi bagian utara dan selatan rupanya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sudut penyinaran matahari pada bagian tidak sefokus seperti yang diterima oleh garis katulistiwa. Akibatnya, energi panas yang diterima akan menyebar dan semakin sedikit penerimaannya pada daerah .

Baca juga  Suka Berwisata di Alam? Kunjungi Saja 10 Destinasi Ini

Ada dua istilah untuk menyebut dua Bumi, yaitu Artik dan Antartika. Artik adalah sebutan untuk utara dan sementara Antartika adalah sebutan untuk selatan. Meski sama-sama berada di ujung Bumi dua ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. utara adalah murni lautan beku yang dikelilingi oleh daratan, sementara pada selatan sebaliknya, yaitu daratan beku yang dikelilingi oleh lautan. utara adalah lingkungan bagi beruang dan sementara pada bagian selatan adalah lingkungan yang banyak terdapat pinguin.

Baca juga  5 Rumah Terindah dalam Film Terkenal yang Nyata Adanya

Perlu diketahui bahwa Kutub utara sebenarnya merupakan lautan yang dikelilingi daratan. Permukaan airnya membeku karena kurang mendapat cahaya matahari. Suhu rata-rata di kutub utara bisa mencapai minus 40 derajat celcius. Bahkan rekornya pernah menyentuh minus 68 derajat celcius. Tapi jangan salah! Ternyata suhu di kutub selatan jauh lebih dingin dibanding kutub utara. Rataannya adalah minus 89 derajat celcius. Karena terlalu dingin dan ternyata sulit dijangkau maka tidak ada hunian tetap di kutub selatan. Di sana hanya ada pusat penelitian yang diisi oleh para ilmuwan.

Baca juga  Unik dan Menakjubkan! Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi

Karena kondisinya yang luar biasa ekstrim, kutub selatan hanya dihuni oleh makhluk hidup yang mampu beradaptasi. Misalnya Alga, Pinguin dan beberapa mikro organisme.

Itulah tadi ulasan singkat tentang perbedaan antara kutub utara dan selatan. Ingatlah betapa begitu luas meninggalkan banyak misteri yang harus kita kagumi akan keberadaannya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia