Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Dalam kondisi seperti ini, ada banyak aspek di masyarakat yang terkena dampaknya. Salah satu yang paling terasa adalah ekonomi. Ogut rasa sih bukan hanya ekonomi makro atau skala besar negara , tapi juga ekonomi personal. Ogut sih yakin, hampir kebanyakan orang sekarang sedang kesulitan ekonomi karena kebanyakan mereka akhirnya nggak bisa kerja, ataupun ketika punya bisnis, omset mereka menurun. Lalu dengan kondisi macam ini, apa yang harus dilakukan? Terutama bagi yang bertahan pada . Apa yang harus dilakukan? Nih, ogut kasih tahu cara atau kalian biar tetep bisa bertahan di tengah ini.

Baca juga  Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona?

Atur Lagi Anggaran Penting

Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengatur ulang anggaran. Kalau sebelum , mungkin ada pengeluaran yang tidak penting, sekarang pengeluaran yang tidak penting itu dihilangkan. Pastikan kalian punya prioritas anggaran di tengah ini. Prioritaskan pertama tentu pada pangan dan kebutuhan sehari-hari, maksudnya kebutuhan pokok kalian. Setelah itu baru ke kebutuhan yang lain. Ingat, kita nggak tahu kapan ini akan berakhir.

Banyakin yang Ditabung

Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Nah, ini yang ogut maksud dengan mengatur anggaran lagi. Kalau biasanya tabungan hanya dua puluh persen saja, sekarang coba naikin jadi tiga puluh persen. Lagi-lagi, kita nggak tahu kapan ini bisa berhenti. Jadi, lebih baik punya cadangan kan? Jaga-jaga kalau ternyata masih lama dan yang terburuk baru berakhir akhir tahun ini.  Nabung yang banyak sob! Kalian bisa nabung dimana aja. Bisa deposito, bisa nyimpen uangnya sendiri, atau nabung saham untuk jangka panjang. Tapi, nabunglah ya!

Baca juga  Mau Corona Beres! Lakuin 2 Kunci Utama Hadapi Corona Ini!

Kurangi Uang Transport

Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Di tengah coron aini kita kan disuruh untuk lebih sering ada di rumah. Jadi secara nggak langsung kita nggak pernah makek anggaran transportasi kan? Nah, sekarang, kurangi anggaran transportasi kalian, dan alokasikan dana transportasi itu ke hal yang lebih penting. Entah itu untuk menabung, untuk makan, atau untuk yang lain.

Baca juga  Gaji Cepat Habis? Baca Tips Keuangan Ini!

Prioritaskan Bayar Hutang Dulu

Lagi Corona Gini, Kalian Harus Pintar Atur Gaji! Nih Caranya!

Kalau Kalian punya hutang, pastikan kalian membayar hutang kalian terlebih dahulu. Itu akan bikin kalian lebih tenang. Selain itu orang yangkalian hutangi juga nggakakan ngejar kalian kan? Kalau mereka ngejar kalian, dan karena memang mereka butuh, kalian malah akan tambah stres. Jadi, lunasi dulu hutangmu ya!

Itu tadi beberapa cara mengatur atau di tengah pandemi ini. Atur baik-baik, biar bisa bertahan di tengah ini ya sob! Semoga ini cepat berakhir!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.