Lagi Nunggu Wisuda? Lakukan 5 Hal Berikut Agar Waktumu Tidak Terbuang Percuma

Lagi Nunggu Wisuda? Lakukan 5 Hal Berikut Agar Waktumu Tidak Terbuang Percuma 1

Setelah kamu melaksanakan sidang skripsi, biasanya kamu perlu menunggu beberapa waktu lagi untuk dapat melaksanakan wisuda. Rentang waktunya pun berbeda-beda di tiap-tiap kampus karena hal ini berkaitan dengan kebijakan kampus.

Dalam kurun waktu setelah sidang skripsi hingga tiba waktu kamu wisuda, kamu akan disibukkan dengan rangkaian revisi skripsi dan proses kelulusan kamu. Jika jadwal dari sidang skripsi hingga jadwal wisuda kamu pendek, kamu harus fokus untuk menyelesaikan revisi skripsi dan proses kelulusan. Namun, apabila kamu harus menunggu jadwal wisuda yang lebih lama, kamu akan memiliki banyak waktu luang. Waktu luang ini dapat kamu manfaatkan untuk menambah skill kamu sebelum masuk dunia kerja.

Nah, berikut merupakan beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat kamu lakukan sembari menunggu jadwal wisuda.

1. Bekerja paruh waktu

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja, kamu dapat memulainya dengan mencoba bekerja paruh waktu. Biasanya, ada banyak lowongan pekerjaan paruh waktu di sekitar kampus, mulai dari menjaga toko, bekerja di kafe atau kedai, menjadi agen pemasaran, atau kalau kamu memiliki passion di dunia pendidikan, kamu dapat mencoba mengajar bimbel atau les privat.

2. Bekerja freelance

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain mencoba bekerja paruh waktu, kamu juga dapat bekerja secara freelance. Kalau kamu memiliki bakat menulis, mendesain, penyuntingan, hingga penerjemahan, pekerjaan freelance ini sangat cocok untuk kamu mulai sembari menunggu jadwal wisuda. Waktu yang dibutuhkan untuk bekerja freelance ini sangat fleksibel. Jadi, kamu dapat mengatur jadwal bekerja kamu, sehingga tidak mengganggu apabila kamu tiba-tiba harus mengurus berkas-berkas kelulusan kamu. Selain itu, produk hasil kerja freelance ini juga dapat kamu masukkan dalam portofolio kamu yang akan sangat bermanfaat untuk karier kamu ke depannya.

3. Menjadi volunteer

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Apabila kamu memiliki banyak waktu luang selama menunggu jadwal wisuda, kamu dapat mencoba mendaftar untuk mengikuti kegitan volunteer. Dengan mengikuti kegiatan volunteer ini, kamu dapat menambah pengalaman kamu sekaligus menambah relasi yang akan sangat berguna saat kamu nantinya sudah wisuda dan siap memasuki dunia kerja.

4. Mengikuti sertifikasi dan pelatihan softskill

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Pada profesi-profesi tertentu, ada yang membutuhkan sertifikasi profesi. Kamu dapat mengambil sertifikasi profesi ini di masa menunggu jadwal wisuda agar setelah wisuda, kamu dapat langsung bekerja. Selain sertifikasi profesi, kamu juga dapat mengikuti pelatihan softskill untuk menambah skill dan kepercayaan diri kamu untuk memasuki dunia kerja.

5. Mulai menyebar CV

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kamu tentunya ingin langsung mendapat pekerjaan sesaat setelah wisuda, bukan? Salah satu caranya, kamu dapat mulai menyebar CV kamu ke perusahaan-perusahaan yang menjadi incaran kamu sembari kamu menunggu jadwal wisuda. Semakin banyak kamu menyebar CV, semakin besar peluang kamu untuk dapat mengikuti seleksi kerja dan semakin besar pula kamu mendapat pekerjaan di perusahaan impian kamu bahkan sebelum kamu wisuda.

Selain 5 hal di atas, masih ada banyak hal lain yang dapat kamu lakukan sembari menunggu jadwal wisuda agar waktu kamu tidak terbuang sia-sia, seperti pergi liburan, reuni, hingga berburu beasiswa untuk sekolah lagi. Kalau kamu, hal apa yang akan kamu lakukan sembari menunggu jadwal wisuda?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.