Lakukan 3 Kebiasaan Produktif Ini Untuk Lawan Godaan Mager Saat Puasa Ramadhan


Lakukan 3 Kebiasaan Produktif Ini Untuk Lawan Godaan Mager Saat Puasa Ramadhan

Anak muda merupakan generasi emas penerus bangsa yang ditunggu karyanya untuk dipersembahkan untuk bangsa sudah sepatutnya bisa menggunakan waktunya dengan baik.

Namun, pada kenyataannya tidak sedikit kita temui teman-teman kita yang menjalankan ibadah puasa hanya sekedar menjalankan kewajiban yaitu menahan lapar dan haus.

Mereka cenderung mengurangi aktivitas normal mereka di Bulan Ramadhan dengan harapan akan menghemat energi.

Namun, pada kenyataanya itu malah membuat mereka malas dan susah untuk menggerakkan tubuh mereka terutama setelah sahur.

Setelah sahur dengan kondisi kenyang, kita akan merasakan ngantuk karena makan dalam jumlah besar sehingga darah dialihkan ke sistem pencernaan dan otak kekurangan oksigen.

Selain itu, pola tidur yang tidak teratur juga membuat kita merasa ngantuk setelah sahur.

Hal ini dikarenakan saat setelah sahur, tubuh akan merasa bisa istirahat setelah bekerja terus menerus hingga membuat kita nyaman untuk tidur.

Menanggapi masalah tersebut, saya sendiri sebagai bagian dari generasi Z tidak akan membiarkan kebiasaan seperti itu  dilestarikan bahkan tidak terkecuali untuk saya sendiri.

Oleh karena itu, saya rela menguras energi jari saya untuk menulis artikel ini untuk anda yang merasa masih muda agar bisa terhindar ataupun yang sudah terlanjur punya kebiasaan mager.

Saya ingin membagi pengalaman saya dalam berjuang melawan godaan mager yang selalu membisiki telinga saya agar betah bersemedi di kasur seharian sambil scrool Instagram dan Tik-tok.

Saya telah membuktikan bahwa Ada 3 kebiasaan positif untuk meningkatkan produktivitas di bulan Ramadhan yang bisa mencegah mager dan ngantuk setelah sahur.

Berikut 3 kebiasaan produktif yang telah saya lakukan dirumah.

1. Olahraga Ringan

Source: Pinterest.com

Kebanyakan anak muda berpikir bahwa dengan tidak melakukan olahraga saat puasa bisa menghemat energi tubuh mereka.

Namun, pada kenyataanya tubuh kita tetap membutuhkan olahraga meski bukan olahraga berat. Olahraga bisa mengatur jalannya metabolisme tubuh.

Seorang dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Bapak Kunjung Ashadi mengatakan bahwa olahraga bisa mengeluarkan hormon endorfin atau hormon pemicu kegembiraan sehingga tubuh menjadi fresh dan rileks serta nyaman.

Dengan begitu, otak akan tetap menjaga stabilitas emosi sehingga bisa mencegah ngantuk.

nah, temen-temen bisa mencoba dulu nih olahraga ringan yang sering saya lakukan dirumah setiap saya bangun pagi.

Olahraga tersebut ialah push up, spot jump, jumping jack dan stretching. Saya selalu melakukan 4 olahraga ringan ini setiap setelah Sholat Shubuh sehingga tubuh saya lebih segar dan tidak lesu.

Dr. Nailah Abdulbaaqee, M.D. dalam laman bustle.com mengungkapkan bahwa stretching bisa memperlancar sirkulasi darah ke otak Sehingga pikiran bisa rileks serta meningkatkan energi tubuh.

Ketika pikiran sudah tenang, akan lebih mudah untuk berpikir jernih dalam menjalankan aktivitas lainnya.

2. Menulis

Source: Pinterest.com

Ketika pikiran anda sudah rileks dan tubuh segar setelah berolahraga, sama halnya dengan otak yang sudah siap untuk bekerja.

Kebiasaan selanjutnya  yang bisa anda lakukan adalah menulis. Saya biasa meluangkan waktu untuk menulis sebuah tulisan seperti cerpen, puisi, artikel dan esay.

Melalui tulisan ini, saya bisa menuangkan ide pikiran dan hal yang sudah saya pelajari dari kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “sebaik-baik manusia diantara kamu adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.”

Rasul mengajarkan untuk melakukan hal untuk orang lain agar dapat berkahnya.

Oleh karena itu, saya menulis dan terus menulis sampai sekarang agar saya bisa mentransfer ilmu yang saya miliki kepada orang lain.

Kebiasaan produktif yang satu ini mesti diimbangi dengan literasi yang baik ya teman-teman sebagai sumber referensi dalam menulis.

Temen-temen bisa memulai menulis hanya sekedar membuat cerita khayalan atau mungkin bisa menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan yang mungkin ada pesan bermakna dibalik cerita itu. 

3. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Source: Pinterest.com

Menjaga kebersihan merupakan sebuah keharusan bagi umat islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Aktivitas membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai, mengelap kaca jendela, menyikat lantai kamar mandi dan sebagainya merupakan aktivitas yang membutuhkan hampir semua anggota badan bergerak sehingga sebaiknya kita mengatur porsinya agar tidak terlalu lelah.

Selain itu, jika sudah terbiasa melakukan aktivitas sederhana ini dengan rutin, maka rasa ngantuk akan menghilang perlahan-lahan dan godaan magerpun berhasil dikalahkan.

Namun, saya menyarankan melakukan ini setiap hari karena lingkungan yang bersih memiliki pengaruh terhadap mood.

Oke, cukup sampai disini sharing pengalaman saya. Teman-teman bisa memulai 3 kebiasaan di atas secara perlahan-lahan.

Mungkin untuk awal mencoba, cobalah kebiasaan pertama dengan olahraga setelah sholat shubuh di pagi hari minimal 10 menit.

Jika temen-temen bisa konsisten, tidak ada kata mustahil untuk melawan godaan mager.  Semoga bermanfaat dan jaga produktivitas.