Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Membina Hubungan Sehat


Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Membina Hubungan Sehat 1

Hubungan antara lawan jenis yang sehat akan membawa kamu kepada kebahagiaan, untuk itu cari tahu bagaimana cara membangun hubungan yang sehat.


Banyak orang menginginkan mendapatkan hubungan yang sehat bersama pasangannya, baik bagi yang sudah berumah tangga maupun yang masih dalam taraf pendekatan atau pacaran, tidak ada yang ingin mendapatkan hubungan yang tidak sehat dengan pasangannya.

Masalahnya belum tentu semua orang memahami bagaimana caranya membina sebuah hubungan yang sehat dengan pasangannya, bahkan bagi yang sudah berumah tangga sekalipun.

Untuk itu setidaknya kamu perlu mengetahui bagaimana cara membangun sebuah hubungan yang sehat, mulai dari niat sampai dengan menyikapi hubungan yang sudah ada.

Berikut ini tahapan atau langkah-langkah yang dapat kamu jadikan sebagai usaha dalam membangun hubungan yang sehat.

1. Awali Dengan Niat

Sebagian besar hubungan yang tidak sehat yang berjalan dengan penuh perselingkuhan maupun putus nyambung atau penuh pertengkaran dan tidak sedikit yang berakhir dengan perpisahan, diawali dengan niat bukan untuk mencari pasangan dan membina rumah tangga, namun diawali dengan iseng atau coba-coba, pelarian, dan lain sebagainya.

Sebelum mulai mencari gebetan untuk memulai suatu hubungan, tanyakan pada dirimu sendiri apa tujuan kamu mencari pasangan ? sudah siapkah kamu untuk melanjutkannya sampai dengan jenjang pernikahan ?

Kalau jawaban kamu dari kedua pertanyaan di atas di luar untuk membina rumah tangga dengan adanya kesiapan untuk menikah, sebaiknya pikirkan lagi niat kamu sebelum hubunganmu berlanjut. Atau setidaknya sampaikan pada calon gebetan yang kamu incar kalau niat kamu hanya untuk main-main saja bukan untuk suatu hubungan serius.

Tidak ada hubungan yang tidak memiliki konsekuensi, sekalipun itu hanya sebatas hubungan pertemanan dengan benefit, sehingga bila kamu tidak mau bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul, mungkin menjomblo adalah pilihan yang dapat membuat kamu nyaman.

Bahas Tiap Masalah Secara Terbuka Dengan Jujur
Bahas Tiap Masalah Secara Terbuka Dengan Jujur

2. Lanjutkan Dengan Keterbukaan

Sampaikan dengan jujur apa niat kamu melakukan pendekatan pada lawan jenis, apakah sekedar mengisi kekosongan atau memang ingin berlanjut sampai dengan hubungan yang lebih serius.

Sekalipun itu hanya sekedar hubungan sementara atau friend with benefit, tidak akan didapat sebuah hubungan yang sehat tanpa adanya kejujuran ataupun keterbukaan, yang ada kamu akan membuka peluang orang lain tersakiti oleh apa yang akan kamu lakukan.

Kecuali kamu suka hidup dalam keohongan belaka, maka jujur kepada diri sendiri maupun calon pasanganmu merupakan hal yang perlu dilakukan sejak awal sebelum hubungan dimulai.

3. Saling Menerima

No body perfect ! Dalam pandangan nafsu atau keinginan manusia tidak ada sesuatu yang sempurna, selalu akan muncul hal-hal lain yang lebih menarik dan memikat dari yang sudah-sudah.

Demikian juga dalam memandang seseorang yang akan kamu jadikan pasangan hidup, jangan memandang atau menilainya dengan ego atau keinginanmu sendiri, lihat kembali apa tujuan kamu dan pasangan menjalin hubungan, serta gunakan pedoman yang kamu yakini dapat membawakan kebaikan untuk dirimu dan pasangan.

Sebuah ketertarikan bisa dimulai dari lahiriah, fisik atau rupa seseorang, namun sebelum dapat berlanjut menjadi sebuah hubungan, tanyakan pada dirimu apakah kamu siap untuk menerima si doi dalam kehidupanmu, demikian juga dengan calon pasanganmu.

Tanpa adanya komunikasi terbuka yang dilakukan dengan jujur, sulit akan timbulnya proses saling menerima, yang ada kalian akan saling menilai sesuatu yang dianggap buruk menurut kamu dan calon pasanganmu.

Tolok ukurnya, jika tidak ada suatu hal yang bertentangan dengan pedoman hidup ataupun tujuan hidup kamu, bisa jadi apa yang menurut perasaan atau penilaian ego buruk merupakan sesuatu yang manusiawi.

Apabila sesuatu pada diri calon pasangan yang kamu anggap buruk tadi sudah pernah disampaikan secara terbuka dan dibicarakan bersama, maka hal tersebut sangat wajar untuk diterima dengan ikhlas sebagai lika-liku kehidupan.

Saling Memberi dan Menjaga Kepercayaan
Saling Memberi dan Menjaga Kepercayaan

4. Saling Mempercayai

Kepercayaan dengan saling menerima saling berkaitan erat satu sama lain, kamu akan sulit mempercayai pasanganmu bila belum dapat menerimanya, demikian juga sebaliknya.

Kunci sebuah hubungan yang sehat adalah saling menjaga kepercayaan antara kamu dengan pasangan. Jika salah satu saja di antara kamu dengan pasangan yang memberikan kepercayaan sebaiknya pertimbangkan kembali hubungan tersebut.

Tanpa adanya saling memberi dan menjaga kepercayaan, hubungan yang kamu jalani akan berakhir dengan hubungan yang tidak harmonis dan berpeluang menimbulkan perselingkuhan dari salah satu pihak maupun kedua-duanya.

Memang diperlukan proses untuk dapat sampai pada tahap saling percaya seutuhnya, namun kalau tidak dimulai dengan memberikan kepercayaan dari hal-hal kecil dan ringan, kepercayaan antara kamu dan pasangan tidak akan terjalin.

5. Saling Menyayangi

Tandanya kamu saya seseorang adalah saat seseorang tadi jauh kamu akan merasa kehilangan, demikian juga sebaliknya saat dirinya dekat kamu akan merasa senang.

Suatu hubungan tanpa rasa kasih dan sayang dapat saja berlanjut sampai berumah tangga dan beranak cucu, namun jangan harap dalam perjalanannya akan muncul kedamaian, karena semuanya dilakukan tanpa kesiapan maupun keikhlasan.

Untuk itu sebelum membina suatu hubungan yang mengarah ke pernikahan, usahakan kamu dan pasangan telah saling menyayangi, bedakan antara perasaan suka dengan rasa sayang, caranya bisa melakukan ke 4 tahapan sebelumnya di atas.

Rasa sayang akan terlihat dari adanya saling menjaga yang tulus antara kamu dengan pasangan, biasanya bentuk pelaksanaannya sangat dipengaruhi dengan pedoman hidup maupun prinsip yang kamu miliki, sehingga jangan terkecoh dengan nafsu yang akan berujung pada sex untuk memenuhi hasrat belaka.

Bagi yang belum berumah tangga, jika hubungan kamu dengan pasangan sudah sampai pada tahap saling menyayangi hal ini merupakan indikator kalian sudah siap untuk membina rumah tangga, sehingga apapun kendalanya kemungkinan besarnya akan dapat kalian atasi bersama.

Hubungan Sehat yang Berakarkan Kasih-Sayang
Hubungan Sehat yang Berakarkan Kasih-Sayang

Penutup

5 tips di atas merupakan urutan langkah-langkah yang dapat kamu gunakan sebelum memulai suatu hubungan atau komitmen dengan lawan jenis yang kamu sukai, pelaksanaannya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Demikian juga buat kamu yang sudah memiliki hubungan dengan pasanganmu, ke 5 hal tersebut di atas bisa kamu jadikan tolok ukur hubungan kamu dengan pasanganmu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hening S

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap