Lakukan 6 Hal Sederhana Ini untuk Kamu yang Sedang LDR

Lakukan 6 Hal Sederhana Ini untuk Kamu yang Sedang LDR 1

Salah satu hal yang sering dikhawatirkan oleh banyak pasangan adalah tiba-tiba harus menjalani hubungan jarak jauh. Hubungan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan long distance relationship (LDR) merupakan kondisi yang terpisah jarak yang cukup jauh dengan pasangannya, sehingga intensitas untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung sangat sedikit. Minimnya intensitas atau kesempatan untuk bertemu secara langsung ini akan menimbulkan banyak kekhawatiran yang tiba-tiba muncul dalam diri mereka yang sedang menjalani LDR ini.

Meski demikian, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan kamu tetap langgeng meski sedang menjalani LDR. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat sedang menjalani LDR.

1. Membentuk perspektif

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat kamu sedang menjalani LDR, tanamkan dalam pikiran kamu dan pasangan kamu bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang dapat mengancam hubungan kamu, melainkan sarana bagi kamu dan pasangan kamu untuk “naik kelas” dalam berkomitmen menjalani hubungan. Tanamkan juga dalam pikiran kamu dan pasangan kamu bahwa setelah masa LDR ini selesai akan ada hal indah yang menunggu kamu dan pasangan kamu di depan.

2. Bangun dan jaga komunikasi

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika ditanya apa kunci sukses selama menjalani masa LDR, sebagian besar pasti akan menjawab komunikasi. Komunikasi yang baik akan meminimalisasi kecurigaan hingga kesalahpahaman yang mungkin tiba-tiba muncul saat menjalani LDR. Jika kamu dan pasangan kamu dapat membangun serta menjaga komunikasi kalian dalam keadaan baik, niscaya hubungan kalian pun akan tetap terjaga.

3. Tanamkan rasa percaya

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat menjalani LDR, jangan mudah menaruh curiga kepada pasangan kamu. Tanamkan rasa percaya bahwa kamu dan pasangan kamu ini sama-sama sedang mengusahakan yang terbaik untuk hubungan kalian. Ketika kamu dan pasangan kamu sudah sama-sama saling menanamkan rasa percaya, maka hubungan kalian tidak akan mudah untuk diganggu oleh pihak-pihak luar.

4. Lebih banyak memberi apresiasi

Daripada saling menuntut untuk mendapatkan sesuatu dari pasangan, lebih baik kamu dan pasangan kamu saling memberikan apresiasi. Apresiasi hal-hal kecil yang telah pasangan kamu berikan atau lakukan untuk kamu. Meredam ego untuk menuntut dan lebih banyak memberikan apresiasi akan membuat kamu semakin banyak belajar menghargai sebuah hubungan.

5. Lakukan banyak hal bersama

Meski sedang menjalani hubungan jarak jauh, bukan berarti kamu dan pasangan kamu tidak bisa melakukan banyak hal bersama, loh. Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan bersama pasangan kamu, seperti menonton film bersama, bermain game online bersama, bernyanyi dan bermain musik bersama saat video call, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama pasangan kamu meski sedang LDR.

6. Sesekali, berikan kejutan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika pasangan kamu menyukai kejutan, hal ini dapat kamu terapkan untuk menjaga hubungan kamu dan pasangan kamu tetap romantis meski sedang LDR. Sesekali, kamu dapat memberikan pasangan kamu kejutan, seperti mengirimkan barang-barang yang sedang diinginkannya, memesankan makanan secara daring, atau kalau kamu tiba-tiba memiliki kesempatan menemui pasangan kamu, kamu juga dapat memberikan kejutan dengan kedatanganmu. Tidak perlu menunggu momen spesial, memberikan kejutan secara random akan membuat masa-masa LDR kamu tidak membosankan.

Bagi kamu yang pernah menjalani LDR, apa tips jitu untuk menjaga hubungan kamu dan pasangan kamu tetap langgeng?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.