Lakukan Hal Berikut Saat Kamu Mulai Bosan Belajar

Lakukan Hal Berikut Saat Kamu Mulai Bosan Belajar 1

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa belajar merupakan aktivitas yang membosankan. Pasalnya, belajar mengharuskan kita fokus kepada satu hal dan hal tersebut dapat menjadi sangat menjenuhkan. Daripada belajar, menonton televisi atau bermain ponsel menjadi kegiatan yang paling banyak dipilih saat kita memiliki waktu luang. Kegiatan belajar biasa kita lakukan saat kita sedang membutuhkannya saja. Seperti saat hendak ujian, misalnya.

Padahal, belajar merupakan hal yang memberikan banyak manfaat dan harus dilakukan, terutama bagi siswa atau mahasiswa. Belajar dapat membuat kita lebih paham terhadap materi yang dipelajari di kelas, membuat wawasan kita bertambah, dan masih banyak lagi manfaat belajar untuk kemajuan diri kita sendiri.

Untuk mengatasi rasa bosan saat belajar agar manfaat-manfaat dari belajar tersebut dapat kita peroleh dengan maksimal, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Tetapkan tujuan kita belajar

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Bosan, bisa jadi menghampiri kita saat belajar karena kita tidak memiliki tujuan untuk apa kita belajar. Saat kita sudah menetapkan tujuan apa yang akan atau harus kita capai selama proses dan setelah kegiatan belajar yang kita lakukan selesai, akan membantu mendorong kita untuk terus belajar sampai tujuan yang kita tetapkan tersebut tercapai. Menetapkan tujuan ini dapat kita mulai dengan menetapkan hal apa yang akan atau harus kita pelajari, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, dan hasil apa yang akan atau harus kita peroleh setelah kita melewati proses belajar ini.

2. Buat tempat yang nyaman untuk belajar

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tempat di mana kita belajar dapat memengaruhi kesuksesan belajar kita. Untuk itu, temukan tempat atau buat tempat belajar yang dapat membantu kesuksesan belajar kita. Buat tempat belajar menjadi nyaman tetapi juga jangan terlalu nyaman. Tempat belajar yang terlalu nyaman justru dapat membuat kita cepat merasa lelah dan bosan, sehingga ingin cepat-cepat berhenti belajar untuk menikmati kenyamanan tempat belajar kita. Untuk mencari atau membuat tempat yang nyaman untuk belajar agar kita tidak mudah bosan ini, kita dapat membuat tempat belajar kita memiliki cahaya yang cukup terang dan memiliki suhu yang nyaman. Buat tempat belajar kita menjadi rapi agar saat kita sedang belajar tidak terganggu dengan barang-barang berserakan yang tidak dibutuhkan dalam proses belajar kita.

3. Kenali waktu belajar kita

Waktu yang nyaman untuk belajar bagi tiap-tiap orang itu berbeda. Ada yang lebih fokus belajar saat pagi, siang, malam, atau bahkan tengah malam. Dengan mengenali waktu belajar kita, proses belajar akan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari rasa bosan karena tubuh dan otak kita menjadi terbiasa bahwa waktu tersebut adalah waktu untuk belajar.

4. Selipkan jadwal istirahat di tengah belajar

Memberi jeda sejenak pada hal yang sedang kita lakukan dapat menjadi salah satu obat agar kita tidak cepat bosan terhadap hal yang kita lakukan tersebut. Saat belajar dalam waktu yang cukup lama, coba ambil istirahat setiap beberapa jam sekali. Pada waktu istirahat tersebut, kita dapat melakukan peregangan, memakan kudapan sehat, hingga berjalan sebentar untuk menghirup udara segar.

Selain hal-hal di atas, hal apa yang dapat membuat kamu tidak cepat bosan saat belajar?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.