Lakukan Hal Ini Agar Bisa Mencintai Diri Sendiri

Lakukan Hal Ini Agar Bisa Mencintai Diri Sendiri 1

Sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah self love? Mencintai diri sendiri itu memiliki makna bahwa kita berbaik hati dengan diri kita sendiri dan Sang Pencipta. Kita tidak bisa menggantungkan kebahagiaan dari benda atau orang lain karena kita tidak akan bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Banyak orang yang merasa bahwa dirinya sudah mencintai diri sendiri, padahal untuk bisa mencintai diri sendiri itu merupakan sebuah proses.

Akan tetapi self love itu bukan berarti meletakkan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama. Self love sendiri merupakan ketika diri sendiri sudah merasa cukup maka kita juga akan dengan tulus memberi pengakuan kepada orang lain seperti memuji tanpa berharap agar dipuji juga. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mulai belajar mencintai diri sendiri.

Menghargai Keunikan, Kebahagian dan Kekuatan yang Telah Kita Dapatkan

Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: yayasanpulih.org
Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: yayasanpulih.org

Langkah pertama adalah kita bisa mencatat apa keunikan yang ada pada diri kita, apa kekuatan yang kita miliki dan apa kebahagiaan yang pernah kita dapatkan. Ketika kita bisa menghargai semua yang pernah kita dapatkan dan kita miliki maka kita akan bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain. Kita tidak akan menyakiti orang lain agar tidak dilukai, kita bisa memberikan pengakuan kepada orang lain dengan tulus tanpa paksaan.

Menerima Semua yang Sudah Diberikan Oleh Tuhan

Sampai sekarang masih banyak orang yang merasa iri dengan kehidupan milik orang lain dan kemungkinan kita juga sering merasakannya. Kita sering membandingkan jalan kehidupan kita dengan orang lain, kita merasa bahwa kurang menarik atau kurang bahagia seperti orang lain. Kita harus bisa menerima apa yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Ini perihal bagaimana diri kita bisa terhubung dengan Tuhan melalui bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Ketika kita sudah bisa menerima semua yang diberikan oleh Tuhan maka kita akan merasa bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Tuhan. Jadi kita tidak akan pernah merasa kekurangan. Semakin kita bisa menerima apa yang Tuha berikan maka semakin mudah juga kita mencintai diri sendiri.

Memaafkan Diri Sendiri yang Telah Melakukan Kesalahan di Masa Lalu

Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: pinterest.com
Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: pinterest.com

Memaafkan diri kita sendiri atas apa yang sudah kita lakukan di masa lalu juga bagian dari proses mencintai diri sendiri. Ketika kita bisa memaafkan diri sendiri maka kita juga akan dengan mudah memaafkan orang lain. Ketika kita melakukan kesalahan, boleh merasa kecewa dan sedih atas apa yang sudah dilakukan akan tetapi jangan sampai berlarut-larut.

Kita harus cepat-cepat memaafkan diri sendiri dengan mengatakan “Tidak apa-apa aku lagi kalah, tidak apa-apa aku lagi gagal dan kecewa. Aku akan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang telah aku perbuat.” Memang kita tidak akan langsung bisa memaafkan diri sendiri setelah mengatakan hal tersebut akan tetapi kita akan lebih mudah menjalani hari-hari berikutnya.

Tetap Cinta Dengan Diri Sendiri Ketika Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Walaupun kita sedang merasa gagal, kecewa, kalah, sedih kita harus bisa tetap mencintai diri sendiri. Kita harus berpikir bahwa itu semua sifatnya hanya sementara, kita akan bisa melalui hari-hari menyedihkan jika kita bisa memberi maaf kepada diri sendiri.

Merubah Sudut Pandang dari Masalah

Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: satupersen
Ilustrasi mencintai diri sendiri. Foto: satupersen

Langkah berikutnya adalah bagaimana kita bisa mengubah sudut pandang tentang masalah atau kesalahan yang kita lakukan. Bagaimana kita bisa mengambil sisi positifnya agar tidak terus menerus menyalahkan diri kita sendiri. Kita tidak boleh terus menyalahkan diri sendiri akan tetapi tidak mengubah apapun. Adapun yang seharusnya kita lakukan adalah memaklumi dan mengakui kesalahan yang pernah diperbuat lalu berusaha agar tidak mengulanginya lagi.

Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Terakhir adalah dengan menerima kekurangan yang ada pada diri kita. Setiap manusia diberi kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ketika kita mengetahui apa kekurangan kita jangan merasa malu dan menyalahkan diri sendiri, kita harus menerima dan mengakui bahwa kita hanyalah manusia yang tidak sempurna. Peluk diri kita sendiri dan katakan hal-hal positif untuk diri sendiri misalnya dengan memberi pujian.

Mencintai diri sendiri memang butuh proses yang panjang, kita harus bisa mengenal diri kita sendiri, menerima semua yang telah Tuhan berikan kepada kita baik kekurangan maupun kelebihan. Ketika kita sudah bisa mencintai diri sendiri maka kita juga akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Gita Welastiningtias