Lalove, Alat Musik Tradisonal Suku Kaili Dari Sulawesi Tengah !

Lalove, Alat Musik Tradisonal Suku Kaili Dari Sulawesi Tengah !

Belum banyak tentang musik tradisional satu ini. Lalove merupakan yang menetap didaerah . Lalove merupakan alat musik tiup yang sekilas seperti suling namun lebih dan terbuat dari bilah bambu atau rotan pilihan yang tumbuh dibukit atau puncak gunung tinggi. 

web : tambahpinter.com
web : tambahpinter.com

Alat musik ini dianggap sakral dan dimainkan pada tertentu seperti upacara adat (balia). Lalove dipercaya dapat memanggil roh guna membantu penyembuhan.

Baca juga  Cara Bermain Kendang Sederhana

Sangking dianggap sakral bahkan proses pemilihan bambu sebagai dasar nya, pengrajin akan melakukan upacara adat kemudian mengucapkan “tabe” yang berarti permisi dalam daerah setempat. Kemudian barulah si pengrajin boleh menebang tiga batang bambu yang paling tinggi, lurus, tua serta baik nya. Kemudian ketiga batang bambu tadi di hanyutkan kesungai. Bambu yang hanyut lebih dulu akan menjadi bambu pembuatan Lalove. Pembuatan Lalove yang sakral membutuhkan waktu hingga berhari-hari dalam setiap tahapan si pengrajin wajib melakukan beberapa adat.

Baca juga  Cara Bermain Kendang Sederhana

sekarang, beberapa pengrajin membuat alat musik Lalove sebagai hiasan atau sekedar dimainkan dalam sehingga tidak memeperlukan upacara adat dalam proses pembuatan nya. Namun tentu saja Lalove yang autentik dan sakral terus di lestarikan dan digunakan dalam ritual-ritual adat kaili. Pada tahun 2019, Lalove ditetapkan sebagai Budaya Tak Benda dari Sulawesi Tengah. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakan sulawesi Tengah dan suku Kaili.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lingga Kaori