Laptop Bisa Berdampak Bagi kesehatan?

Laptop Bisa Berdampak Bagi kesehatan? 1

Di zaman modern saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat dari berbagai aspek. Salah satunya yaitu gadget. Gadget itu bukan hanya ponsel, tapi masih ada banyak seperti laptop, TV, dan alat-alat elektronik lainnya. Tapi untuk kali ini, kita akan membahas gadget yang berhubungan dengan komunikasi, yaitu laptop.

Nah, karena zaman sekarang semuanya serba canggih maka perubahan alat komunikasi juga semakin berkembang. Apalagi semenjak adanya pandemi Covid-19, kita jadi semakin sering menghabiskan waktu untuk belajar atau bekerja di rumah menggunakan laptop. Kira-kira apa aja ya dampak dari penggunaan laptop ini?

Dampak Positif

Laptop Bisa Berdampak Bagi kesehatan? 3

Kita bahas dulu yuk dampak positifnya. Dampak positif penggunaan laptop yaitu alat untuk berkomunikasi, media rekreasi, lebih mudah menyelesaikan pekerjaan di media yang lebih besar, tidak ketinggalan perkembangan teknologi, lebih terbuka dengan teknologi dan tidak lagi melihat objek-objek yang kecil. Tapi dibalik semua dampak positif, pasti terdapat dampak negatifnya juga bagi kesehatan fisik dan mental kita. Yuk, kita bahasa satu-satu!

Dampak Negatif Bagi Kesehatan Fisik

Laptop Bisa Berdampak Bagi kesehatan? 4

Pernah nggak sih kalian lagi mengerjakan tugas di laptop terus punggung atau leher kalian sakit? Atau mata kalian perih menatap layar laptop terlalu lama? Berdasarkan hasil penelitian kuesioner Politeknik Negeri Sriwijaya menyurvei 100 mahasiswa jurusan Manajemen Informatika, 97% dari hasil responden mengalami keluhan kesehatan dan banyak yang mengalami keluhan di bagian leher, mata, bahu, punggung, bagian atas dan pergelangan tangan.

Berikut kebiasaan-kebiasaan pengguna laptop yang dapat mengganggu kesehatan fisik kita:

1. Memangku laptop

Laptop juga mengeluarkan udara yang hangat dari mesinnya, maka kita harus membuat celah atau tempat untuk sirkulasi udara laptop agar udara hangatnya keluar. Memangku laptop bisa menyebabkan gangguan kulit, membunuh sperma, radiasi dan menyebabkan masalah di bagian punggung, pundak dan leher.

2. Terlalu Lama Memandang Laptop

Kebiasaan ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja untuk memandang laptop terlalu lama, apalagi buat yang suka nunda-nunda deadline kerjaan sampai numpuk dan akhirnya mesti ngebut. Berdasarkan jurnal karya Semseddin Gunduz, ia menyebutkan bahwa layar komputer dapat menyebabkan radiasi yang menyebabkan kita sering pusing.

Nah, kebiasaan ini nggak bagus buat kesehatan kita lho, Guys! Efeknya cuma segitu? Selain pusing, tentu ada mata lelah, mata kering, mata minus, pembuluh darah mata pecah bahkan kebutaan.

Dampak Negatif Bagi Kesehatan Mental

Ternyata laptop juga bisa berdampak bagi kesehatan mental kita lho! Khususnya untuk yang sering berlama-lama di depan laptop. Ada juga nih dampak-dampak yang lain seperti sering lupa waktu saat menggunakan laptop, sulit berkonsentrasi, depresi, malas melakukan kegiatan yang lain, insomnia, cemas, gangguan psikotik dengan gejala delusi atau halusinasi, kecanduan sehingga menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.

Tips Menggunakan Laptop

Untuk mencegah dampak-dampak negatif seperti yang di atas, ada nih beberapa tips buat kalian dalam menggunakan laptop!

  •  Jangan memangku laptop di paha.
  • Letakkan laptop sejajar dengan pandangan mata. Jika tidak ada tempat meletakkan laptop dengan baik, kita boleh banget meletakkannya di tumpukkan buku besar dan tebal, atau bisa juga di kursi.
  • Gunakan mouse yang dihubungkan ke laptop.
  •   Atur waktu. Setiap satu jam sekali selama kita bekerja dengan laptop, sisihkan 5-10 menit untuk beristirahat dan melakukan stretching agar badan kita tidak cepat lelah.
  • Biarkan mata istirahat sejenak dengan melihat objek yang jauh selama 20-30 detik.
  • Postur punggung harus tegak. Kalau punggung kita bungkuk, punggung kita akan cepat lelah dan bisa menyebabkan kifosis pada tulang belakang.
  • Atur jarak laptop sekitar 50-70 cm dari wajah.
  • Gunakan laptop maksimal selama 3 sampai 4 jam agar laptop tidak rusak dan badan kita bisa beristirahat.

Kita boleh banget menggunakan laptop kapan saja dan dimana saja tapi jangan lupa waktu dan siapkan tempat yang memadai ketika menggunakan laptop agar badan kita tidak sakit-sakit lagi. Jika kita tidak mencegah semua dampak negatif ini, kita akan tersiksa di masa depan nanti karena efeknya akan muncul secara perlahan. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

alifa