Lari Siang Hari Ternyata Baik untuk Diet, Asal Dilakukan dengan Cara Berikut Ini


Lari Siang Hari Ternyata Baik untuk Diet, Asal Dilakukan dengan Cara Berikut Ini

untuk menurunkan berat badan harus pula dicoba oleh mereka yang menderita obesitas, disamping menjaga pola makan. Lari siang sangat efektif untuk menurunkan berat badan, karena pada siang hari sinar matahari sangat terik sehingga sisa-sisa karbohidrat di dalam tubuh akan cepat terbakar habis.

Setelah karbohidrat tidak ada lagi yang tersisa, maka giliran lemak dan kolesterol jahat yang akan dibakar dalam proses metabolisme untuk dapat menghasilkan energi bagi tubuh.

Dengan alasan itulah banyak pendapat yang mengatakan bahwa sangat baik untuk menurunkan berat badandan lebih efektif dibandingkan dengan di pagi hari. Sudah barang tentu lari di siang hari lebih berat dibandingkan lari pada pagi hari.

Agar bisa mendapatkan manfaat untuk program , tentunya harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Cara yang benar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakan sepatu khusus untuk berlari serta mengenakan kaos kaki untuk atletik. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari risiko lecet, terkilir, dan cidera kaki lainnya.

2. Sebelum berlari, lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meregangkan otot-otot yang masih kaku dan mengkondisikan jantung agar tidak shock saat berlari di bawah suhu panas akibat terik matahari.

3. Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat, agar disaat berlari tubuh senantiasa terasa nyaman.

4. Pilihlah track atau rute yang datar dan sepi dari lalu lalang kendaraan bagi yang belum terbiasa lari. Untuk mereka yang sudah terbiasa, dapat mencari rute yang sedikit susah, seperti track yang menanjak atau yang dipenuhi bebatuan.

5. Cara untuk program dietjuga harus memperhatikan durasi waktu agar memperoleh hasil yang maksimal. Usahakan waktu berlari sekitar 30 – 45 menit. Tetapi untuk para pemula dapat kurang dari waktu tersebut dengan berpedoman pada kondisi tubuh.

6. Pada waktu akan berhenti, perlambat tempo lari atau menggantinya dengan berjalan kaki sekitar 5 – 10 menit. Setelah itu baru beristirahat.

7. Ganti secepatnya cairan tubuh yang terkuras dengan meminum air putih dalam jumlah yang banyak. Air putih yang diminum tersebut dalam proses metabolism akan membantu mengeluarkan lemak-lemak yang terbakar melalui urine dan keringat.

Demikian beberapacara untuk menurunkan berat badanyang dapat dicoba untuk membantu program agar memberikan hasil dalam waktu yang relatif lebih cepat. (*)

Baca Juga

Exit mobile version