Lauk Pauk Murah yang Wajib Anak Kos Tahu!

Lauk Pauk Murah yang Wajib Anak Kos Tahu! 1

Kalian yang anak kos wajib mampir di bacaan ini wkwk. Sebab ada beberapa rekomendasi lauk pauk murah yang bisa kalian jadikan sebagai pendamping nasi sehari-hari dan juga sebagai bekal untuk menghemat pengeluaran.

Ya karena, mahasiswa emang biasanya butuh banyak pengeluaran selama masa perkuliahan. Mulai dari bayar UKT, biaya kos, beli buku, fotocopy, print tugas-tugas, dan sebagainya. Nah mungkin sedikit tips ini bisa bantu kamu buat hemat bin irit bin pingin makan yang sederhana aja eheheh. Kuy simak.

pixabay.com
pixabay.com

1. Telur Dadar/Telur Ceplok

Ini mah favorit segala usia ya. Selain murah, 1 telur dadar bisa menjadi lauk 2x dalam sehari lho. Eh masak? Iya, nih ada tipsnya. Campur aja satu butir telur dengan tepung bumbu merk apa saja sesuka kalian, lalu aduk-aduk dan dadar di wajan. Bisa kalian cetak kecil-kecil atau ukuran sedang. Dijamin bisa awet tuh. Kecuali kalau porsi makan kalian jumbo, hemm, keknya ini bukan cara yang efektif yah wkwk.

2. Tahu

Selain digoreng ala biasa aja, tahu bisa menjadi lauk yang lumayan enak kalau dicampur dengan bahan lainnya. Misal pakai sambel, atau jadi tahu krispi. Mau tahu resep tahu krispi? Searching aja dah di google atau YouTube, banyak resepnya yang bisa kalian pilih sesuai selera.

Selain itu, ada banyak olahan tahu yang bisa bikin lauk pauk menjadi aneka macam meski dari satu bahan saja. Misal, tahu bulat, tahu krispi, tahu bacem, tahu bali, semur tahu, kari tahu, tahu geprek, dan lain sebagainya. Satu buah tahu hanya dibanderol dengan harga kisaran seribu hingga dua ribu rupiah saja. Atau kalau lebih mungkin paling mahal sampai lima ribuan doang. Yang mentah tapi ya. Kalau beli tahu matang di restoran ya beda lagi huhuhu.

3. Tempe

Sudah menjadi pasangan ideal antara tahu dan tempe. Kalau ada tahu, pasti tak lupa ada tempe. Tempe paling asyik emang disambal bersama tahu. Juga lalapan sayur seperti kubis dan kacang panjang. Tempe pun bisa diolah dengan bahan murah lainnya yakni tepung bumbu dan bumbu dapur lainnya. Contoh olahan murah dari bahan tempe adalah tempe mendoan, tempe goreng, oseng tempe, dan lainnya.

4. Mi instan

Fiks fiks fiks, ini adalah panganan khas yang sudah menjadi tradisi bagi anak-anak kos. Setuju? Hahaha, meskipun begitu, jangan lupa ingat batasan saat mengkonsumsi mi instan ya Sob. Dan, ada beberapa olahan yang tak kalah enak lho dengan bahan mi instan ini. Kayak omelet mi dan lainnya. (Hem, kurang wawasan nih soal per-mi instanan wkwk). Tapi meskipun begitu, mi instan tetap enak dimakan sesuai ala kadarnya. Bumbunya itu lho, udah enak aseli hehehe.

5. Gorengan kaki lima

Tepat sekali. Para pedagang kaki lima biasanya menjual berbagai macam gorengan, hanya saja untuk bisa menjadikannya lauk pauk, kita harus memilih mana gorengan yang bisa dijadikan untuk itu. Jangan sampai pisang goreng kita sandingkan dengan nasi ya, waduh duh deh.

Contoh gorengan yang bisa kita beli dengan harga terjangkau dan pas dijadikan lauk sebagai bahan hemat ialah, sotong, tahu bulat, tempe goreng, tahu isi, tahu fantasi, dan sejenis yang asin-asin gitu. Ini sangat pas buat sistem pengiritan dompet kalangan mahasiswa apalagi semester akhir. Wkwk. Bisa dicoba.

Gimana para pembaca, kalian kalau kepepet masak lauk apa?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore