Ledakan Bom di Katedral Makassar Wajib Diusut Tuntas


Ledakan Bom di Katedral Makassar Wajib Diusut Tuntas 1

Ledakan bom di gereja Katedral Makassar yang terjadi pada Minggu, 28 Maret 2021 sekitar pukul 10.28 WITA wajib diusut tuntas. Polisi mencatat ada sebanyak 20 korban luka akibat ledakan tersebut. Ada sekitar 7 korban mengalami luka bakar dan dirawat di Rumah Sakit.

Dengan kondisi ini, sudah selayaknya peristiwa pengeboman itu diusut tuntas oleh pemerintah terutama pihak kepolisian kita. Jaringan terorisme yang terafiliasi dengan pelaku teror bom bunuh diri harus ditangkap dan diproses hukum. Sel-sel terorisme harus diputus agar tidak semakin banyak kejadian teror bom terjadi di Indonesia.

Aksi terorisme tidak bisa dibiarkan begitu saja mengancam keselamatan dan keamanan kita. Harus ada upaya perlawanan untuk menjamin terciptanya rasa aman di masyarakat. Ledakan bom bunuh diri di Katedral Makassar adalah bukti jaringan terorisme masih mengancam dan mengakar di Indonesia.

Sekarang, penting untuk mencari siapa bos dari aksi teror dan para anggotanya, selanjutnya dilakukan upaya edukasi antiradikalisme di Indonesia. Sudah saatnya kita untuk melakukan upaya-upaya represif dalam melawan aksi terorisme di Indonesia.                       

Sumber: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Sumber: ANTARA FOTO/Arnas Padda

Tidak bisa kita hanya berdiam diri saja dengan kondisi ini. Semoga saja pihak kepolisian kita bisa mengusut tuntas kasus ini sebagaimana Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri untuk itu.

Kejadian pengeboman gereja Katedral bukan lagi yang pertama tapi sudah terjadi berkali-kali di beberapa daerah di Indonesia. Oknum pelaku teror tentu punya motif untuk menakut-nakuti masyarakat agar hidupnya tidak tenang dan merusak nilai-nilai keagamaan yang sudah terjalin lama.

Dengan adanya korban jiwa dan luka akibat ledakan bom telah menimbulkan rasa terauma pula kepada masyarakat. Akan ada ketakutan yang berlebihan sehingga enggan untuk beribadah dalam waktu yang dekat.

Sebab itulah, keamanan dan kenyamanan harus dijaga apalagi menjelang Hari Raya Paskah tahun ini. Jangan pernah lengah karena itulah cara terbaik buat pelaku teror bom untuk melangsungkan aksinya kembali.

Nilai-nilai kemanusiaan telah dirusak dengan adanya teror bom di gereja. Rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama sangat mungkin tercoreng oleh tindakan para teroris. Maka, kita harus menghindari konflik atas nama agama karena perilaku oknum teroris. Kita harus tetap bersabar dan menunggu proses penangkapan para anggota jaringan teroris di Indonesia.

Sudah sewajibnya bila pemerintah dan penegak hukum melakukan upaya terbaik dalam proses pengusutan jaringan terorisme yang melakukan teror bom di Katedral Makassar.

Kita sangat berharap agar kasus teror bom cukup sampai disini saja. Jangan ada lagi kasus teror bom baru yang mengancam nyawa umat beragama atau masyarakat. Pemerintah harus bisa menjamin setiap keselamatan dan keamanan rakyatnya. Semoga saja hal tersebut bisa diwujudkan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap