Lidah Mertua, Tanaman Hias Yang Cantik, Mudah Perawatan Dan Banyak Manfaat


Lidah Mertua, Tanaman Hias Yang Cantik, Mudah Perawatan Dan Banyak Manfaat 1

Siapa yang tidak mengenal tanaman lidah mertua? Tanaman sukulen ini semakin banyak digemari. Terdapat banyak jenis tanaman lidah mertua. Mulai yang berbentuk lonjong bertumpuk sampai yang panjang dengan warna hijau bermotif ditambah warna kuning di pinggirnya. Lidah mertua dapat di tanam di luar rumah maupun di dalam ruangan. Sebagaimana jenis tanaman sukulen yang lain, lidah mertua tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari dan air. Kecantikan tanaman ini membuat harganya semakin tinggi.

Bagi pecinta tanaman, lidah mertua merupakan tanaman yang mudah perawatannya. Jika ditanam di luar rumah usahakan agar tidak banyak terkena sinar matahari langsung. Banyak yang menempatkan lidah mertua dalam pot yang indah dan diletakkan di dalam ruangan karena nilai estetikanya. Untuk yang di tempatkan di dalam ruangan, kita cukup mengeluarkan dua sampai tiga hari sekali agar mendapatkan sinar matahari. Karena kebutuhan air yang tidak terlalu banyak, lidah mertua tidak perlu disiram setiap hari. Yang penting adalah media tanamnya selalu lembab.

Tanaman lidah mertua di sangat baik di temapatkan di dalam ruangan karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

1. Menyerap karbon dioksida dan karbon monoksida

Karbon dioksida adalah zat yang dikeluarkan ketika kita bernapas. Sedang karbon monoksida adalah zat yang dihasilkan dalam proses pembakaran gas, minyak , kayu dan bahan bakar lain. Karbon dioksida dan karbon monoksida merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh. Tanaman lidah mertua dapat menyerap karbon dioksida dan karbon monoksida serta mengolahnya menjadi zat yang berguna. Kemampuannya menyerap karbon dioksida membuat lidah mertua sangat tepat ditempatkan di ruangan.

2. Menghasilkan oksigen

Oksigen adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika bernapas kita menghisap oksigen. Lidah mertua dapat menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak. Dengan tercukupinya kebutuhan oksigen akan membuat tubuh kita menjadi segar. Tanaman lidah mertua sangat cocok ditempatkan di kamar tidur sehingga membuat tidur kita lebih berkualitas karena mendapat oksigen yang cukup.

3. Menyerap racun

Tanpa disadari dalam rumah atau ruangan banyak terdapat racun. Racun ini menempel pada furniture seperti sisa pernis, cat dan sisa deterjen. Racun yang terdapat dalam ruangan dapat diserap oleh tanaman lidah mertua.

4. Anti septik

Lidah mertua mengandung anti septik yang dapat membunuh kuman. Kandungan zatnya yang alami aman bagi lingkungan. Karena manfaatnya tersebut tidak salah jika kita memanfaatkan lidah mertua sebagai hiasan di dalam rumah.

5. Menyerap radiasi

Setiap hari kita menggunakan HP dan laptop yang dapat memancarkan radiasi. Sinar radiasi tersebut berbahaya bagi kesehatan. Tanaman lidah mertua dapat menyerap radiasi sehingga lingkungan rumah menjadi aman. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di ruang kerja atau ruang belajar.

6. Menghindai kanker

Lidah mertua mengandung anti oksidan dan zat yang dapat menigkatkan kekebalan tubuh. Zat tersebut penting agar kita terhindar dari kerusakan sel yang menyebabkan kanker.

7. Memperindah rambut

Ingin mempuyai rambut yang indah dan lebat? Perawatan yang tepat dengan bahan alami dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh dengan lebat. Salah satu cara agar kulit kepala sehat adalah dengan mengoleskan tonik. Kita dapat membuat tonik alamiah dengan bahan lidah mertua. Haluskan lidah mertua dan tambahkan sedikit air. Saring kemudian oleskan pada rambut. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur rambut akan menjadi lebat dan indah.

Lidah mertua begitu indah dan sangat mudah dalam perawatan. Manfaatnya yang tidak diragukan lagi bagi kesehatan membuat tanaman ini semakin banyak peminatnya. Kita dapat menjadikan lidah mertua sebagai alternatif tanaman hias untuk mempercantik ruangan dan halaman rumah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap