Lima Minuman yang Cocok Dinikmati Saat Hujan, Bikin Yuk!

Lima Minuman yang Cocok Dinikmati Saat Hujan, Bikin Yuk! 1

Sekarang hampir sepanjang hari turun hujan. Musim hujan dengan kondisi cuaca tidak menentu membuat tubuh mudah drop. Agar tubuh tetap fit, kita perlu asupan makanan dan minuman yang berkhasiat. Minuman apa saja yang cocok dinikmati saat hujan? Kita simak yuk!

1. Hot Lemon Tea

Siapa yang tidak suka teh? Di Indonesia teh merupakan minuman harian yang dinikmati hampir semua keluarga. Ada yang suka menikmati teh manis, namun ada juga yang suka menikmati teh tawar. Agar lebih menyegarkan dan menyehatkan kita bisa menikmati teh hangat dengan campuran lemon atau biasa disebut hot lemon tea.

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup seduh teh, bisa teh tubruk atau teh celup. Tambahkan gula pasir secukupnya. Jika menggunakan teh tubruk, saring teh terlebih dulu kemudian tambahkan perasan lemon. Khasiat teh dapat memberi efek menenangkan sedangkan lemon memberi efek menyegarkan badan.

2. Jahe Bakar

Jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang terkenal khasiatnya. Selain untuk bahan minuman, jahe juga digunakan untuk bumbu masakan tradisional.

Untuk dapat menikmati secangkir jahe yang menyegarkan, ambil rimpang yang sudah cukup tua, bersihkan kemudian bakar. Geprek jahe yang sudah dibakar kemudian rebus dengan air dan tambahkan gula jawa atau gula merah. Seduhan jahe terkenal dapat mengusir masuk angin dan menambah daya tahan tubuh.

3. Teh Sereh

Bagi sebagian orang teh sereh mungkin terdengar sedikit aneh. Seperti jahe, sereh juga dapat menghangatkan tubuh. Bagian sereh yang banyak mengandung zat bermanfaat adalah rimpangnya. Geprek rimpang sereh, kemudian rebus bersama gula jawa atau gula merah. Gunakan air rebusan sereh untuk menyeduh teh. Secangkir teh sereh siap dinikmati.

Rebusan sereh sangat berkhasiat untuk menyembuhkan flu, menambah daya tahan tubuh, anti penuaan dini karena mengandung anti oksidan dan dapat memperlancar menstruasi .

4. Wedang Ronde

Wedang ronde sebenarnya bukan minuman tradisional Indonesia, namun berasal dari China.  Selain dibuat dari rebusan aneka rempah seperti jahe, sereh, gula jawa atau gula merah dan daun pandan sebagai pewangi juga ditambahkan santan kelapa.

Untuk bahan pelengkap, semangkok wedang ronde biasanya juga ditambahi kacang tanah yang digoreng sangrai dan ditumbuk kasar, serta kue dari bahan tepung ketan yang dibuat beraneka warna.

5. Bandrek

Sunda yang dibuat dari jahe, sereh, gula jawa atau gula merah, daun pandan, lada putih dan cengkeh serta susu. Cara membuatnya sangat mudah. Geprek jahe dan sereh kemudian rebus dengan menambahkan daun pandan sebagai pewangi, lada putih dan cengkeh serta sedikit garam. Setelah mendidih segera saring dan tuang ke gelas kemudia tambahkan dengan susu putih.

Selain mencegah masuk angin, radang dan  perut kembung bandrek juga dapat melawan kanker.

Lima resep minuman di atas sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat. Selain berkhasiat minuman tersebut juga tidak mengandung efek samping karena dibuat dengan bahan alami. Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.